Ilustrasi Twitter (sumber gambar Unsplash/Alexander Shatov)

Mulai Masuk ke Indonesia, Cek Harga, Fitur & Cara Berlangganan Twitter Blue 

09 February 2023   |   14:29 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna media sosial Twitter sepertinya bakal semakin semringah. Pasalnya setelah terlebih dulu tersedia di Amerika Serikat, Kanada, dan wilayah lain, layanan Twitter Blue akhirnya resmi meluncur ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia pada pekan ini.

Adapun, harga berlangganan untuk Twiter Blue di Tanah Air dipatok di angka Rp120.000 per bulan. Tarif tersebut berlaku jika pengguna membelinya melalui Twitter versi web. Sedangkan, harga tersebut akan naik menjadi Rp165.000 saat pengguna membelinya lewat Twitter versi mobile.

Baca juga: Sempat Diblokir, Elon Musk Pastikan Akses Twitter di Turki Segera Normal

Jika mengacu pada harga langganan di Amerika Serikat, banderol tersebut tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Sebab, di negeri Paman Sam harga berlangganan  Twitter Blue dipatok sekitar US$8 untuk versi web atau setara Rp121.000. Sedangkan, untuk versi mobile dipatok dengan harga US$11 atau sekitar Rp166.000.

Kendati begitu, berdasarkan laman Help Center Twitter, mereka tidak menjelaskan mengapa harga Twitter Blue di platform lebih mahal dibandingkan versi web. Namun, kebijakan tersebut ditengarai untuk mengakali biaya pajak dari transaksi di setiap toko aplikasi, termasuk di Play Store maupun App Store.

Twitter Blue merupakan layanan premium dari media sosial berlambang burung biru itu. Dengan membayar biaya bulanan, para pengguna bisa mendapatkan centang biru di akunnya serta berbagai fitur yang hanya bisa oleh mereka yang berlangganan dibanding pengguna reguler.


Fitur-fitur Menarik & Cara Berlangganan Twitter Blue

 
Twitter Blue di gawai iOS. (Sumber foto: Twitter)
Ketika pengguna berlangganan Twitter Blue mereka bisa menikmati beragam fitur-fitur eksklusif seperti pemberian status akun asli berupa centang biru. Pengguna juga dapat melihat daftar balasan atau replies dari akun terverifikasi. 

Tak hanya itu, mereka pun bisa menikmati unggahan video dengan durasi yang lebih lama, serta iklan yang lebih sedikit. Lalu, ada juga fitur untuk mengedit tweet, bookmark folders, readers mode, top article, unggahan video dengan kualitas 1080p, dan masih banyak lagi.

Kendati begitu, fitur-fitur tersebut masih akan dirilis ke Twitter Blue dalam waktu dekat ini. Adapun, khusus untuk akun centang biru status tersebut bakal langsung didapatkan pengguna bila sudah terverifikasi oleh sistem Twitter.

Sementara itu, bagi pengguna di Indonesia yang ingin berlangganan Twitter Blue bisa mengunjungi menu 'Twitter Blue' yang terdapat di panel samping kiri layar dan berurutan dengan markah Beranda. Setelah itu kamu bisa menekan tombol 'Subscribe' untuk langsung berlangganan paket Twitter Blue, baik di versi mobile atau web. Setelahnya, kamu bisa memasukkan email, dan detail kartu kredit untuk pembayaran. 

Namun, pengguna yang bisa berlangganan adalah akun yang berumur lebih dari 90 hari. selain itu, akun tidak aktif, akun yang profilnya diperbarui, serta akun yang tidak terverifikasi dengan nomor ponsel juga tidak bisa berlangganan konten premium tersebut.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Centang Biru & Label pada Akun Twitter

Adapun, di Indonesia sebaran Twitter Blue juga belum merata di semua wilayah. Pasalnya, masih ada beberapa pengguna Twitter yang belum kebagian fitur tersebut.

Jadi bagaimana Genhype, sudah siap untuk berlangganan Twitter Blue biar bisa menikmati fitur-fitur seru lain yang tidak dapat ditemui di akun reguler? Sebelum ke sana, yuk cek dulu apakah fitur tersebut sudah mulai muncul di Twitter kalian atau belum.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Wow, Setelah Gucci, Hanni NewJeans Jadi Brand Ambassador Armani Beauty

BERIKUTNYA

Tren Skin Flooding yang Viral di TikTok, Apa Manfaatnya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: