ilustrasi (sumber gambar : kal visual/unsplash)

4 Bisnis Jasa yang Moncer Tahun Ini Menurut Coach Tom

08 February 2023   |   20:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini makin banyak anak muda Indonesia yang memilih jalur menjadi pengusaha dengan berbagai modal yang mereka miliki. Namun untuk memulai bisnis, enggak cuma butuh modal berupa dana saja, tetapi ada beberapa hal penting lainnya yang harus dimiliki mulai dari ide, kreativitas, hingga inovasi.

Pengusaha sekaligus konsultan bisnis Tom Martin Charles Ifle mengatakan kesuksesan sebuah bisnis sebetulnya bukan hanya tergantung pada prospek bisnis tersebut, tetapi bagaimana keseriusan si pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Sebab, bisa jadi bisnis yang dijalankan sama-sama bergerak di bidang jasa konsultan tetapi hasilnya bisa berbeda.

Baca juga: Marak Bisnis Produk Herbal dengan Modal Terjangkau, Cek Dulu Syaratnya!

“Seperti bisnis coaching yang sempat menjamur beberapa tahun lalu, tapi saat ini yang tersisa tinggal sedikit. Hanya bisnis yang dijalankan secara serius dengan manajemen yang baiklah yang akan bertahan,” ucapnya dikutip dari channel Youtube Tom Mc Ifle.

Nah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan modal besar bisa mencoba bisnis di bidang jasa. Apalagi pada 2023 ini bisnis di bidang jasa masih sangat menjanjikan. Lantas, bisnis di bidang jasa apa saja yang masih moncer dijalankan pada 2023 ini?


1. Desain grafis

Tom mengatakan bahwa banyak bisnis yang membutuhkan desain menarik untuk produk atau kemasannya, termasuk desain untuk iklan, maupun postingan di sosial media. Namun tidak banyak pelaku usaha yang bisa mendesain atau memiliki karyawan yang khusus memegang desain sehingga mereka membutuhkan jasa desain.

Bagi yang ingin memulai bisnis sebagai desain grafis, maka kalian bisa mencoba mempromosikan jasa kalian melalui beberapa situs atau platform freelancer seperti sribu.com, projects.co.id, freelancer.com dan lain sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa menjadi bagian dari agency yang membantu menawarkan jasa desain.

“Kalau kamu jago mendesain dan pintar mengajar maka bisa menjual kursus desain grafis secara digital dan itu pun bisnis yang menarik dengan profit yang besar,” jelasnya.


2. Fotografi dan videografi

Memang saat ini makin banyak smartphone yang bisa menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Namun tetap saja pelaku usaha membutuhkan foto dan video yang lebih professional apalagi di era visual saat ini tak dipungkiri bisnis ini makin menarik.
“Jasa fotografi dan videografi ini akan makin booming pada 2023 sehingga bisa menjadi prospek yang menggiurkan,” ujarnya.

Apalagi saat ini sudah banyak platform yang dapat digunakan oleh para fotografer dan videographer yang ingin menawarkan bisnis jasanya seperti Shutterstock, Photoshelter, Etsy, dan Alamy.


3. Web desainer

Sejak pandemi banyak pelaku usaha yang mengembangkan bisnisnya ke arah digital. Selain sebagai tempat untuk memasarkan produk, web juga bisa digunakan untuk branding sekaligus untuk memperkenalkannya kepada masyarakat. Dalam hal ini maka bisnis di bidang web desainer makin dibutuhkan.


4. Penulis

Kelebihan bisnis jasa dibandingkan dengan bisnis pada umumnya adalah kadang kala bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali yang terpenting memiliki keahlian. Nah, bagi kalian yang mempunyai kemampuan menulis bisa mengembangkan usaha sebagai seorang penulis.

Caranya macam-macam bisa sebagai ghost writer, menulis di blog pribadi yang pada akhirnya juga bisa menjadi influencer dan content writer. Sebab, ketika seseorang membaca tulisan tersebut maka mereka bisa terpengaruh dan akan tertarik membeli produk tertentu.

Baca juga: Cerita Kezia Nevi: Sukses Berbisnis Cerutu Indonesia hingga Pasar Global

Selain itu, bisa juga menjual tulisan dalam bentuk white paper kepada perusahaan-perusahaan. White paper adalah artikel lengkap yang berisi riset dan strategi-strategi yang ditulis berdasarkan riset atau kumpulan informasi spesifik yang diperuntukkan bagi industri tertentu seperti fesyen, kuliner, otomotif atau bisnis umum lainnya.

Bagaimana Genhype tertarik mengembangkan bisnis di bidang jasa?

(Ikuti terus konten Hypeabis.id lewat Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gamers CODM Merapat, Garena Bakal Bagi Senjata Legendary Gratis Bulan Ini

BERIKUTNYA

Aplikasi Ini Bisa Ajukan KPR Langsung ke Tiga Bank

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: