Beberapa karya yang dipajang di gelaran Art Jakarta Gardens 2023. (Sumber gambar: Suselo Jati/ Hypeabis.id)

Intip Profil 5 Galeri yang Gelar Karya di Art Jakarta Gardens 2023

08 February 2023   |   19:12 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pameran seni Art Jakarta Gardens kembali digelar pada di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Mengusung pameran dengan konsep ruang terbuka, Art Jakarta Gardens 2023 memamerkan sejumlah karya yang didominasi oleh patung dan seni instalasi koleksi dari 21 galeri lokal dan 1 galeri dari Malaysia.

Berlangsung pada 7-12 Februari 2023, selama pameran digelar pengunjung Art Jakarta Gardens 2023 dapat menjelajahi kombinasi presentasi karya seni rupa yang dihadirkan di dalam dan luar ruang terbuka hijau (RTH). 

Direktur Artistik Art Jakarta Gardens 2023, Enin Supriyanto berharap pengalaman unik menikmati karya seni di ruang publik dapat menjadi inspirasi untuk memajukan ekosistem seni rupa di Indonesia. Sebab, pameran seni di luar ruangan dapat memberikan suasana yang berbeda bagi pengunjung.

Baca juga: Art Jakarta Gardens 2023 Resmi Dibuka, Pacu Geliat Pasar Seni Rupa Indonesia

"Penempatan karya seni di lingkungan taman justru dapat menonjolkan kekuatan karya-karya tersebut. Harapan kami, Art Jakarta Gardens dapat menjadi inspirasi agar banyak karya seni rupa bisa tampil di ruang publik Jakarta di masa mendatang," papar Enin saat konferensi pers pembukaan Art Jakarta Gardens 2023, Selasa (7/2/23).

Tak hanya itu, Enin juga menjelaskan seluruh galeri yang terlibat dalam perhelatan tahun ini dipilih langsung oleh tim penyelenggara Art Jakarta Gardens. Galeri yang terpilih adalah mereka yang dianggap konsisten mendukung proses kreatif para seniman untuk terus berkarya.

"Buat kami penting juga menilai seniman yang mereka representasikan. Saya tidak mungkin mengajak galeri yang tidak memiliki representative artist, artinya mereka hanya menjual karya seni," jelas Enin.

Dirangkum Hypeabis.id dari sumber resmi, berikut profil 5 galeri seni yang turut memeriahkan gelaran Art Jakarta Gardens 2023 dengan menampilkan koleksi-koleksi terbaiknya untuk dipamerkan ke publik dalam ulasan berikut.
 

1. Nadi Gallery

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nadi Gallery (@nadi.gallery)


Nadi Gallery adalah galeri seni yang dibuka pada tahun 2000 di Jakarta Barat dengan perdana menampilkan karya-karya lukisan Heri Dono. Sesuai namanya, Nadi, galeri tersebut memang bertujuan untuk membangkitkan gagasan denyut nadi seni rupa kontemporer Indonesia.

Selain mengambil pendekatan strategis untuk meningkatkan apresiasi seni terhadap publik, pameran di Nadi Gallery mempertimbangkan aspek komersial dari karya yang disajikan. 

Tak hanya itu, selain  mempromosikan pengembangan artistik dan menawarkan ruang pada seniman untuk menunjukkan karya-karya berkualitas, galeri ini juga sering mengundang kolektor untuk menikmati sekaligus membeli karya-karya tersebut.

Adapun, dalam pameran di Art Jakarta Gardens 2023 mereka menampilkan berbagai karya seni lukis dan patung dari perupa Indonesia mulai dari  Abdi Setiawan, Agung Santoso, Yusra Martunus, Agus Suwage hingga Goenawan Mohamad.


2. Andi's Gallery

 
 

Andi's Gallery adalah salah satu pendiri Asosiasi Galeri Seni rupa di Indonesia (AGSI). Galeri seni yang didirikan pada 1990 di Jakarta ini merupakan salah satu galeri yang banyak memiliki koleksi seni rupa modern dan kontemporer.

Dikutip dari laman mereka, Andi's Gallery merupakan representasi bagi dunia seni rupa di Indonesia. Berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat galeri ini bertujuan untuk menjadi tempat inspirasi publik melalui koleksi, program, dan pameran yang mereka selenggarakan.

Pada 2010-2014, bersama dengan perwakilan AGSI lainnya, mereka telah membuat pusat seni yang berlokasi di Grand Indonesia, yaitu Jakarta Art District. Kegiatan tersebut termasuk pameran dua mingguan di aula utama serta pertemuan sesekali untuk seniman, kolektor dan pemilik berbagai galeri.


3. Gajah Gallery

 
 

Berdiri pada 1996, Gajah Gallery telah menjadi salah satu galeri seni perintis di kancah seni Asia Tenggara. Mereka mewakili portofolio seniman terkemuka di kawasan Asia. Tak hanya itu, galeri ini juga melibatkan bakat-bakat baru dalam khasanah seni kontemporer dengan menghadirkan karya-karya seniman berbakat.

Bermula dari galeri seni sederhana di Monk's Hill, Singapura, saat ini Gajah Gallery telah berkembang menjadi gudang seni yang dirancang dengan indah di Tanjong Pagar. Mereka juga membuka ruang pameran kedua di Jakarta dan Yogyakarta.

Adapun, dalam pameran Art Jakarta Gardens 2023 kali ini Gajah Gallery menampilkan karya-karya seniman seperti Yunizar, Rudi Mantofani, Erizal As, Rosit Mulyadi, Herru Yoga, dan Ridho Rizki.

Baca juga: Intip 5 Profil Seniman Muda yang Karyanya Hadir di Art Jakarta Gardens 2023
1
2


SEBELUMNYA

Sutradara Upie Bicara Teknologi dalam Mendukung Realisasi Imajinasi Para Sinematografer

BERIKUTNYA

Kiat Bicara di Depan Umum Tanpa Kaku & Grogi dari Presenter Rahma Alia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: