Art Jakarta 2019 (Sumber gambar: artjakarta.com)

Art Jakarta Akan Ada di Segmen AJX, Ini Maksudnya

04 August 2022   |   22:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

AJX adalah salah satu segmen yang akan tersedia di ajang art fair internasional Art Jakarta 2022. Segmen ini adalah prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik luas di Art Jakarta.

Direktur Artistik Enin Supriyanto menuturkan bahwa AJX akan menjadi kesempatan bagi khalayak untuk menyaksikan banyak karya seni untuk pertama kalinya.

Karya seni yang dapat disaksikan dalam segmen ini salah satunya adalah karya seni para pemenang ajang UOB Painting of The Year. Tidak hanya pemenang dari Indonesia, pameran ini juga akan memamerkan karya para pemenang karya UOB Painting of The Year regional Asia Tenggara.

“Seniman yang pernah jadi pemenang di indonesia atau pemenang level Asia Tenggara, karyanya akan tampil di bagian khusus ini,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam segmen ini juga akan terdapat pameran karya-karya Tumurun Museum. Para penikmat seni dapat menyaksikan karya koleksi Tumurun Museum di VIP Lounge Art Jakarta. Koleksi yang dapat disaksikan berkisar dari karya maestro hingga karya-karya seniman muda.

Dia menuturkan, koleksi-koleksi pribadi biasanya akan sulit untuk dinikmati oleh masyarakat umum. Pada kesempatan kali ini, lanjutnya, masyarakat dapat menyaksikan koleksi pribadi Tumurun Museum yang ditampilkan di museum yang terletak di Surakarta itu.

Di segmen ini juga, paparnya, masyarakat dapat menyaksikan karya Marco Cassani yang merupakan bagian dari seri Fountain. Karya ini merupakan suatu eksplorasi atas nilai-nilai transformatif koin yang dilempar ke dalam air mancur pura di Bali oleh pengunjung saat mengirimkan doa.
 

Artistic Director Art Jakarta Enin Supriyanto di sela-sela kick off Art Jakarta 2022, Kamis (4/8/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Roni Yunianto)

Artistic Director Art Jakarta Enin Supriyanto di sela-sela kick off Art Jakarta 2022, Kamis (4/8/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Roni Yunianto)


Kemudian, di segmen ini juga terdapat karya proyek NFT berjudul The Art Yearbook. Proyek ini, paparnya, terinspirasi dari sosok-sosok di dunia nyata yang telah dan akan meninggalkan jejak di dunia seni untuk memberi penghargaan bagi komunitas seni dari masa lampau, kini, dan yang akan datang.

Untuk diketahui, segmen AJX adalah salah satu dari sembilan segmen yang ada dalam ajang Art Jakarta 2022 yang akan terselenggara pada 26-28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Ajang ini akan menampilkan karya-karya dari total 62 galeri baik dari dalam maupun luar negeri dalam segmen Art Jakarta Galleries. Selain segmen Art Jakarta Galleries dan AJX, segmen yang ada di ajang ini antara lain Art Jakarta Spot, AJ1, Bali Art Scene, Art Jakarta NFT, Scene, Art Jakarta Play, dan Art Jakarta Talks.

Enin mengatakan bahwa pihak Art Jakarta dapat diselenggarakan mengingat sambutan ajang art fair yang sebelumnya dibuat oleh Art Jakarta dengan konsep yang berbeda, yakni Art Jakarta Gardens, mendapatkan sambutan yang sangat baik dari galeri, seniman, kolektor, dan komunitas seni rupa.

“Kami percaya diri Art Jakarta yang formatnya art fair internasional bisa diselenggarakan lagi pada tahun ini,” katanya.

Dia menuturkan, sejumlah galeri dari dalam negeri akan menampilkan karya seniman establish Indonesia, dengan harga yang cukup tinggi. Salah satunya, lanjutnya, adalah Linda Gallery yang akan membawa karya Nyoman Nuarta. 

Galeri-galeri dari luar negeri yang akan ikut serta dalam ajang ini antara lain, lanjutnya, berasal dari sejumlah negara Asia Pasifik, yakni dari Singapura, Malaysia, Filipina, China, Jepang, Vietnam, Thailand, dan Korea Selatan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Begini Cara Tepat Memilih Investasi Properti

BERIKUTNYA

Review Pengabdi Setan 2: Communion, Horor Mencekam dengan Sinematik Ciamik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: