Ilustrasi wisata religi (Sumber: Unsplash/Ibrahim Rifath)

7 Etika yang Wajib Dilakukan Saat Berwisata Religi, Jaga Sikap & Ucapan!

04 February 2023   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Wisata religi menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat merayakan akhir pekan. Pasalnya, selain akan melepas penat, wisata religi juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang kepercayaan sendiri atau kelompok lain. 

Kehidupan plural di Indonesia juga tercermin dar banyaknya destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya termasuk masjid bersejarah, pura, candi, hingga kelenteng yang banyak tersebar di berbagai daerah.

Kendati begitu, meski berlabel tempat wisata bukan berarti kamu bisa bebas melakukan apa yang dikehendaki. Sebab ada batasan dan aturan tertentu yang wajib dilakukan saat kamu mengunjungi berbagai destinasi wisata religi agar tidak dianggap menghina.

Nah, buat Genhype yang memiliki rencana dalam waktu dekat ini untuk berwisata religi, yuk simak etika-etika yang harus diperhatikan saat pergi ke sana dalam ulasan berikut. 

Baca juga: 10 Destinasi Situs Peninggalan Kerajaan Islam, Pas untuk Wisata Religi


1. Berpakaian Sopan

Ketika mengunjungi tempat wisata bertema religi, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah mengenai busana yang kamu kenakan. Jangan sampai abai dan menggunakan baju yang tidak sopan atau terbuka, karena hal ini bisa dianggap tidak menghormati tempat tersebut.

Tidak peduli jenis tempat wisata religi dari keyakinan apa pun yang kalian didatangi, pastikan terlebih dulu untuk memilih busana yang  sopan, rapi, dan tertutup. Sebab melakukan hal tersebut juga menjadi simbol penghormatan terhadap umat yang sedang berada di sana dan tempat itu. 
 

2. Menjaga Sikap & Ucapan

Meski telah menjadi tempat wisata, pada dasarnya destinasi wisata religi adalah tempat untuk beribadah. Oleh karena itu bisa dikatakan situs tersebut adalah tempat suci. Hal ini berarti, para pengunjung yang datang tetap harus menjaga sikap dan ucapannya. 

Jadi, saat berwisata religi jagalah sikap dan ucapan kalian dengan tidak melontarkan kata-kata kotor baik secara sengaja maupun tidak. Sebab tindakan tersebut harus dihindari agar tidak menyinggung perasaan umat yang sedang berada di sana. Terlebih saat berlangsung ritual dan ibadah.
 

3. Taati Setiap Peraturan yang Ada

Di setiap tempat wisata religi biasanya terdapat berbagai aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengunjungi destinasi tersebut. Bacalah dengan saksama mengenai aturan apa saja yang diterapkan agar kalian tahu mengenai batas-batas tindakan saat berkunjung.

Misalnya, beberapa tempat wisata religi, terutama masjid pasti meminta pengunjung untuk melepas sandal atau sepatu saat berada di dalamnya. Ada juga beberapa candi yang meminta pengunjung untuk memakai kain kampuh dengan motif seperti catur untuk menjaga kesakralan serta menghormati situs tersebut. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata Religi di Yerusalem
1
2


SEBELUMNYA

Perang Tiket Konser NCT Dream, Warganet Kaget Lihat Waktu Antrean

BERIKUTNYA

SM Entertainment hingga HYBE Label Klarifikasi Informasi Konser Fest World Tour

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: