Ilustrasi kampung Arab (Sumber gambar: Unsplash/Levi Meir Clancy)

6 Kampung Arab Paling Populer di Indonesia, Cocok Jadi Destinasi Wisata Religi

07 April 2024   |   09:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Keberadaan Kampung Arab di Indonesia telah membawa warna dan keberagaman menarik di Indonesia. Kawasan kampung Arab yang dihuni oleh etnis dari Timur Tengah memiliki keunikan tersendiri, apalagi mereka dikenal kental dengan budaya bernuansa Islam. 

Mengunjungi kampung ini saat bulan Ramadan akan memberi sensasi seperti sedang berada di daerah Timur Tengah, karena banyaknya orang Arab yang tinggal di sini. Kawasan ini juga menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan.

Selain bisa menjadi wisata religi, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner khas Arab dan aneka aksesoris maupun produk jadi lain khas Timur Tengah. Oleh karena itu, berwisata ke tempat ini bisa menjadi opsi menarik. Berikut adalah beberapa Kampung Arab yang populer di Indonesia:

Baca juga: 7 Masjid yang Jadi Destinasi Wisata Religi Favorit di Indonesia
 

1. Kampung Arab Surabaya

Kampung Arab Surabaya berada di Jalan Ampel Kejeron I Nomor 4, Semampir, Jawa Timur. Kawasan yang juga dikenal Kampung Arab Surabaya Ampel ini sudah sangat populer di Indonesia dan kerap jadi tujuan wisata religi.

Umumnya, kunjungan ke kawasan ini akan makin tinggi ketika bulan Ramadan. Pengunjung di sini bisa menikmati suasana kampung Arab yang khas, dari kulinernya hingga budaya tato hena. Selain itu, terdapat makam Sunan Ampel yang juga bisa diziarahi.

Pada momen tertentu, di sini juga diadakan Festival Kampung Arab. Festival ini akan menampilkan ragam budaya Arab, misalnya pertunjukan musik gambus yang dipadukan dengan marching band yang dimainkan langsung oleh warga keturunan Arab.


2. Kampung Arab Pekojan

Kampung Arab Pekojan berada di Jalan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kawasan ini memiliki sejarah yang kaya dan pernah menjadi pelabuhan tersibuk pada masa lampau. Diketahui, sudah sejak abad ke-18 ada banyak warga Arab dari Yaman Selatan menetap di kawasan ini.

Hal tersebut membuat kawasan ini memiliki beberapa bangunan yang khas. Ada beberapa bangunan bersejarah di Pekojan. Tiga di antaranya yang cukup populer adalah masjid tua telah berdiri sejak zaman kolonial dan kini telah menjadi cagar budaya, yakni Masjid Langgar Tinggi, Masjid Annawier, dan Masjid Al-Anshor. 


3. Embong Arab Malang

Embong Arab adalah salah satu kampung Arab yang khas di Malang. Terletak di Jalan Syarif Al-Qodri, Klojen, Malang, kawasan ini punya suasana khas yang menyuguhkan nuansa berbeda. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan sensasi berada di perkampungan Arab secara lebih dekat.

Selain tentu saja berjalan-jalan, pengunjung juga bisa berbelanja aneka perlengkapan ibadah, suvenir, hingga minyak wangi. Bagi yang suka kulineran, ada banyak makanan khas Timur Tengah yang dijual di sini. Bahkan, ada Rumah Makan Cairo yang hidangannya dimasak oleh chef asal Arab.


4. Kampung Al-Munawar

Kampung Arab Al-Munawar terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Seperti namanya, sebagian besar warga di sini adalah keturunan Arab. Mereka pada mulanya datang ke Palembang untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam.

Pengunjung yang datang ke kawasan ini bisa melihat beragam rumah bersejarah yang masih terawat. Kemudian, ada juga Musala dan masjid unik yang berada di pinggir sungai Musi. Namun, perlu diperhatikan pengunjung yang datang ke sini mesti memakai pakaian yang sesuai dengan syariat Islam.


5. Kampung Arab Kalimantan

Di Kalimantan juga ada kampung Arab. Letaknya ada di Jalan Tanjung Raya I, Pontianak, Kalimantan Barat. Di kawasan ini, pengunjung bisa melihat suasana perkampungan keturunan Arab yang syahdu. Pengunjung juga bisa melihat Keraton Kadariah yang tidak jauh dari perkampungan tersebut. Ini adalah keraton Kesultanan Pontianak yang dibangun pada dekade 1771-an.


6. Kampung Arab Pekalongan

Seperti namanya, kampung Arab ini berada di Pekalongan, Jawa Tengah. Saat Ramadan, biasanya akan banyak kegiatan menarik yang digelar oleh masyarakat kampung Arab di sana. Pengunjung pun bisa ikut dan menikmati acara tersebut sembari menunggu momen berbuka puasa.

Salah satu ciri khas yang menarik dari kampung Arab di sini adalah bangunan-bangunnanya yang masih berarsitektur khas. Kawasan ini cocok bagi Genhype yang ingin berwisata sejarah dan religi. 

Baca juga: 7 Etika yang Wajib Dilakukan Saat Berwisata Religi, Jaga Sikap & Ucapan!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Brand Fesyen Buka Gerai di Mal, Bikin Untung atau Buntung?

BERIKUTNYA

Rekomendasi Headphone Bluetooth Best Value 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: