Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan. (Sumber gambar: Kemenparekraf)

7 Masjid yang Jadi Destinasi Wisata Religi Favorit di Indonesia

11 December 2023   |   18:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kondisi ini membuat negara yang terletak di garis khatulistiwa itu memiliki banyak bangunan masjid. Selain menjadi tempat untuk beribadah, bangunan ini juga dapat menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Bangunan masjid yang terdapat di sejumlah daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasannya tersendiri. Arsitektur yang indah, desain masjid yang memesona, ornamen-ornamen yang unik menjadi sedikit dari banyak alasan yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan.

Baca juga: 7 Etika yang Wajib Dilakukan Saat Berwisata Religi, Jaga Sikap & Ucapan!

Tidak hanya itu, kemegahan dan keindahan bangunan itu juga akan memberikan sensasi yang berbeda ketika beribadah di dalamnya. Saat ini, ada sejumlah masjid yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata.

Dikutip dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut sejumlah bangunan ibadah yang dapat dijadikan tujuan wisata selain untuku beribadah.


1. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid pertama yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype ketika hendak berwisata ke bangunan ibadah itu adalah Masjid 99 Kubah yang berada di Makassar. Dengan gaya arsitektur modern futuristik yang unik, bangunan untuk ibadah ini memiliki banyak kubah.

Kubah-kubah itu merupakan simbol dari Asmaul Husna atau nama-nama mulia dan indah dari Allah SWT. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, kubah di tempat ibadah itu juga terdiri dari banyak warna, seperti merah, kuning, dan oranye. Genhype juga dapat menikmati pemandangan alam lembayung senja dan matahari terbenam yang indah ketika berada di masjid ini mengingat keberadaannya di tepi pantai Losari.


2. Masjid Al Jabar, Bandung

Dari Makassar, Genhype bisa napak tilas ke Bandung, Jawa Barat, guna melakukan perjalanan wisata untuk menuju Masjid Al Jabar. Bangunan ibadah dengan kapasitas 30.000 orang itu terinpirasi dari rumus Aljabar, sehingga memiliki ornamen yang simetris dan geometris di setiap sisinya.

Selain itu, masjid yang memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti museum dan galeri edukasi tentang islam itu juga memunyai 27 pintu dengan ukirannya yang khas sebagai simbol jumlah kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. Di sisi atap atau kubah, bangunan ini juga memiliki desain kerucut bertumpuk yang indah.


3. Masjid Al Safar, Rest Area Tol Purbaleunyi

 

Masjid Al Safar (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Masjid Al Safar (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Bangunan ibadah lainnya yang dapat menjadi destinasi wisata religi di dalam negeri adalah Masjid Al Safar yang berada di area istirahat tol Purbaleunyi. Bangunan untuk menjalankan ibadah salat ini memiliki konsep teknik melipat kertas atau folding architecture.

Bentuk masjid yang asimetris dan kubah yang mirip ikat kepala khas kebudayaan Sunda menjadi salah satu keunikan yang dapat ditemui Genhype di tempat ini. Keunikan lain dari tempat salat umat Islam itu adalah bentuknya yang diagonal menghadap ke depan.


4. Masjid Agung Tubaba, Lampung

Masjid lainnya yang tidak boleh luput dalam daftar untuk menikmati wisata religi ini adalah Masjid Agung Tubaba yang berada di kawasan Tulang Bawang Barat, Lampung. Bangunan ibadah yang juga kerap disebut dengan Masjid Agung Baitul Shobur itu tampak mengapung di atas air.

Dengan ukuran 34 meter x 34 meter, bangunan itu memiliki 114 pilar dari beton. Sementara di bagian kubahnya, Genhype dapat menemukan bentuk persegi lima sebagai simbol salat lima waktu. Tidak cukup sampai di situ, menara setinggi 30 meter yang melambangkan 30 juz dalam Al-Qur’an juga terdapat di masjid.


5. Masjid Babah Alun Desari, Jakarta

Masjid lainnya yang dapat menjadi tujuan wisata adalah Masjid Babah Alun Desari yang dapat terlihat ketika memasuki gerbang tol Depok – Antasari. Bangunan ini terlihat seperti klenteng. Namun, di bagian tengahnya terdapat kubah yang menunjukkan sebuah tempat salat umat Islam.

Saat mengunjungi masjid ini, Genhype akan merasakan akulturasi budaya yang kental dan indah. Warna merah, hijau, dan kuning emas yang terdapat di bangunan itu memberikan nuansa China. Di sisi lain, unsur Betawi juga dapat ditemukan ketika mengunjunginya.


6. Masjid Permata Qolbu, Jakarta

Tempat salat umat Islam lainnya yang dapat menjadi pilihan sebagai destinasi wisata adalah Masjid Permata Qolbu yang berada di Jakarta. saat berkunjung dan salat di dalamnya, Genhype akan menemukan warna putih yang mendominasi bangunan ini.

Tidak hanya itu, kolom-kolom besar sampai ke atas dan bersekat juga menjadi pemandangan yang tidak akan luput dari pandangan. Sang perancang mendapatkan inspirasi dari jari-jari manusia yang beroda dan membentuk lafaz Allah SWT di bagian kubah ketika membuat desain interior kolom itu.


7. Masjid Sheikh Zayed, Solo

Masjid lainnya yang wajib masuk dalam daftar wisata religi adalah Masjid Sheikh Zayed yang berada di Solo. Bangunan ini merupakan simbol persahabatan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Dengan begitu, tidak heran jika desain arsitektur masjid mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi karya dari arsitek bernama Yusef Abdelki.

Tempat ibadah umat muslim ini memiliki dominasi warna putih dengan beberapa ornamen emas. Kubah yang terpasang juga akan mengingatkan siapa saja terhadap gaya arsitektur khas Timur Tengah. Meskipun begitu, pengunjung juga dapat menjumpai desain batik ketika masuk ke dalam masjid yang merupakan khas Indonesia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar, Siap Tayang 2024

BERIKUTNYA

Bumilangit Cinematic Universe Rilis Trailer Serial Tira, Tayang 16 Desember 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: