Ilustrasi wisata religi (Sumber: Unsplash/Ibrahim Rifath)

7 Etika yang Wajib Dilakukan Saat Berwisata Religi, Jaga Sikap & Ucapan!

04 February 2023   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Meminta Izin Sebelum Mengambil Gambar

Berbagai tempat wisata religi kadang kala memang menampilkan visual yang membuat kita tergelitik untuk mengabadikannya dengan kamera. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tempat mengizinkan pengambilan gambar untuk diabadikan demi menjaga ketenangan dan kesucian tempat tersebut.

Jadi, sebelum benar-benar mengambil foto tanyakan terlebih dulu pada pemandu apakah objek yang kalian tuju bisa diabadikan atau tidak. Jika mereka mengiyakan maka kamu bisa mengambil foto tersebut, tapi usahakan tidak menggunakan flash karena dapat mengganggu wisatawan lain atau umat yang sedang beribadah. 
 

5. Tidak Melakukan Vandalisme

Saat mengunjungi destinasi wisata religi usahakan juga untuk tidak jahil menyentuh atau merusak benda-benda peribadatan yang ada di sana. Pasalnya, kegiatan tersebut sangatlah tidak bijaksana dan termasuk perbuatan tidak terpuji.

Jika kamu memang datang ke tempat tersebut untuk berwisata, sudah seharusnya untuk menghormati dan menjaga apapun yang ada di sana, bukan malah membuat kekacauan. Jadi, ikutilah setiap perkataan yang disampaikan pemandu dan nikmati apa yang kamu lihat dengan sopan dan pikiran terbuka.
 

6. Hormati Orang yang Beribadah

Ada banyak tempat wisata religi yang hingga saat ini sebenarnya masih aktif digunakan untuk beribadah para umatnya. Oleh karena itu, kamu pun wajib menghormati mereka yang sedang melaksanakan kewajibannya tersebut dengan tidak berisik atau melakukan perbuatan yang mengganggu.

Tak hanya itu, mengunjungi tempat wisata religi seharusnya juga bakal membuat kamu belajar meningkatkan keimanan sekaligus menghargai perbedaan. Dengan begitu, kamu akan lebih menjadi seorang yang lebih bijaksana dalam memandang segala sesuatu, khususnya mengenai keyakinan agama.
 

7. Buang Sampah pada Tempatnya 

Menciptakan lingkungan yang bersih  tentunya juga wajib dilakukan saat mengunjungi tempat wisata religi. Jadi, buanglah sampah kalian pada tempatnya agar tidak menyinggung orang-orang. Ha ini juga bertujuan agar destinasi tersebut tetap nyaman saat dipandang.

Meski terdengar sepele tapi jika kesadaran tersebut dilakukan semua pihak tentunya lingkungan destinasi wisata tersebut bakal lebih terjaga keasriannya dan membuat para pelancong makin betah. Terlebih destinasi yang kalian tuju adalah tempat sakral bagi penganut keyakinan agama tertentu.

Baca juga: 5 Masjid Cantik Ini Bisa Jadi Destinasi Wisata Religi yang Asyik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 
1
2


SEBELUMNYA

Perang Tiket Konser NCT Dream, Warganet Kaget Lihat Waktu Antrean

BERIKUTNYA

SM Entertainment hingga HYBE Label Klarifikasi Informasi Konser Fest World Tour

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: