Masjid Raya Baiturrahman (Sumber: Julianto Saputra on Unsplash)

5 Masjid Cantik Ini Bisa Jadi Destinasi Wisata Religi yang Asyik

12 May 2021   |   07:38 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Wisata religi bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan pada saat merayakan libur Lebaran, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ya GenHype.

Nah, di Indonesia sendiri sebagai salah satu negara dengan muslim terbanyak di dunia, tentu ada banyak pilihan lokasi wisata religi, terutama masjid bersejarah, yang bisa kalian kunjungi.

Tempat-tempat tersebut pun memiliki daya tarik wisata tersendiri di setiap daerahnya. Jika GenHype merupakan salah satu peminat wisata religi, berikut beberapa rekomendasi masjid cantik di Indonesia yang wajib dikunjungi, sekaligus bisa staycation juga di sekitar areanya loh.

1. Masjid Raya Baiturrahman
 

Masjid Raya Baiturrahman (Sumber: Julianto Saputra on Unsplash)

Masjid Raya Baiturrahman (Julianto Saputra on Unsplash)



Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon masjid dari kota Banda Aceh, juga  ikon monumental pasca Tsunami Aceh pada 2004. Dengan gaya arsitektur Islam dengan corak Mughal India, membuat masjid ini tampak megah dan indah. Tentu hal tersebut menarik untuk dikunjungi. Namun tentu tak boleh mengabaikan kegunaan utama masjid sebagai tempat ibadah. 

Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada 1612 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi, seperti perluasan dan penambahan kubah. 

2. Masjid Agung, Semarang
 

Sumber: Febrian Zakaria on Unsplash

Sumber: Febrian Zakaria on Unsplash


Tidak seperti masjid agung lainnya, Masjid Agung Semarang memiliki keunikannya tersendiri, yaitu keberadaan payung hidroliknya. Elemen bangunan ini menyerupai payung hidrolik raksasa di Masjid Nabawi, Mekkah, Arab Saudi. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi objek wisata terpadu, pusat pendidikan, dan pusat syiar agama Islam.

Masjid Agung Semarang dilengkapi dengan beragam fasilitas, diantaranya perpustakaan, auditorium, ruang akad nikah, serta museum perkembangan Islam. 

3. Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin
 

Sumber: Banjarmasin Tourism

Sumber: Banjarmasin Tourism



Masjid ini merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan yang mempunyai bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Masjid Sultan Suriansyah merupakan simbol dimulainya pergerakan Islam di Kalimantan Selatan. 

Meskipun sudah mengalami beberapa kali pemugaran, struktur dasar masjid ini masih tetap dipertahankan karena termasuk dalam cagar budaya peninggalan Kesultanan Banjar. Sebagai salah satu ikon bersejarah di Banjarmasin yang bersebelahan dengan Sungai Kuin.

4. Masjid Jami, Malang
 

Sumber: 30513688@N04 on Flickr

Sumber: 30513688@N04 on Flickr



Masjid Jami Malang ini mempunyai dua gaya arsitektur, yaitu Jawa dan Arab. Masjid yang sering dikenal dengan nama Masjid Agung Jami Kota malang ini dibangun pada 1890 dan selesai pada 1903. Selain sering didatangi oleh para jamaah untuk melakukan ibadah, Masjid Jami juga kerap dikunjungi wisatawan dan pecinta fotografi yang mengagumi keindahan bentuk bangunannya. 

Masjid Jami Malang ini memiliki sejumlah fasilitas penunjang, seperti stasiun radio Madina FM, pabrik air minum kemasan Q-Jami, serta perpustakaan. Berlokasi strategis di tengah kota dan masih satu kawasan dengan alun - alun kota Malang, membuat masjid ini mudah untuk kamu kunjungi. 

5. Masjid 99 Kubah, Makassar
 

Sumber: Adaduitokla on Flickr

Sumber: Adaduitokla on Flickr



Masjid yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini merupakan tempat baru bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, masjid ini dihiasi dengan puluhan kubah dari berbagai ukuran yang ditata bertingkat dengan warna-warna terang. 

Menjadi ikon terbaru di Kota Makassar, Masjid 99 Kubah akan menyajikan nuansa religi unik di kawasan elit Center Point of Indonesia (CPI Makassar). 

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Pandemi dan Film Hari yang Dijanjikan

BERIKUTNYA

Cincin Berlian ini Dirilis untuk Pria Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: