Terletak di kawasan Timur Tengah, setiap tahunnya Yerusalem selalu ramai didatangi para peziarah dari berbagai belahan dunia. (Sumber gambar: Unsplash/Toa Heftiba)

Rekomendasi  Wisata Religi di Yerusalem untuk Merayakan Nataru

24 December 2022   |   17:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Wisata religi bisa menjadi kegiatan yang dapat dilakukan saat merayakan libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu destinasi wisata populer untuk merayakan kegiatan tersebut adalah Yerusalem, kota suci bagi tiga agama Samawi, terutama Yahudi, Kristen, dan Islam.

Terletak di kawasan Timur Tengah, setiap tahunnya Yerusalem memang selalu ramai didatangi para peziarah dari berbagai belahan dunia. Sebab, di sini terdapat banyak situs suci yang layak dikunjungi dengan keunikannya masing-masing.

Baca juga: Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia, dari Sumatra hingga Papua

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut adalah rekomendasi wisata religi yang dapat dikunjungi saat Genhype melancong ke Yerusalem. 


1. Tembok Ratapan

 

Ilustrasi Tembok Ratapan (sumber gambar Unsplash/Dylan Shaw)

Ilustrasi Tembok Ratapan (sumber gambar Unsplash/Dylan Shaw)

Wisata religi pertama yang patut dikunjungi adalah Tembok Ratapan. Tempat ini dipercaya sebagai sisa dari bangunan bait suci pertama di Yerusalem. Pada awalnya, tembok ini memiliki panjang 485 meter, tapi setelah pemberontakan Romawi, tembok tersebut hanya tersisa 60 meter  dengan ketinggian 18,9 meter.

Tembok Ratapan merupakan tempat suci bagi pemeluk agama Yahudi.  Pada saat beribadah di sini, mereka akan menyentuhkan satu tangan ke dinding seperti orang meratap untuk berdoa baik secara berkelompok atau sendirian. Ada juga yang menuliskan doa di selembar kertas dan menyelipkannya di tembok.


2. Masjid Al-Aqsa

 

Ilustrasi Masjid Al-Aqsa (sumber gambar Unsplash/Rohith Goura)

Ilustrasi Masjid Al-Aqsa (sumber gambar Unsplash/Rohith Goura)

Bagi umat Muslim di seluruh dunia tentunya sudah tidak asing dengan masjid bersejarah ini. Ya, Masjid Masjid Al-Aqsa merupakan arah kiblat sebelum Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Miraj hingga akhirnya arah kiblat diubah ke arah Makkah.

Keunikan kompleks masjid ini adalah terdapat kubah batu yang diyakini sebagai tempat berpijaknya Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan Isra Miraj. Adapun, bagi umat Yahudi, kompleks ini juga disebut sebagai Temple Mount, yang juga menjadi salah satu situs suci bagi agama mereka.


3. Gereja Makam Kudus

 

 Ilustrasi Gereja Makam Kudus (sumber gambar Unsplash/Adam Kring)

Ilustrasi Gereja Makam Kudus (sumber gambar Unsplash/Adam Kring)

The Holy Sepulchre Church atau Gereja Makam Kudus merupakan salah satu situs yang disucikan bagi umat Kristiani. Sebab, tempat ini diyakini sebagai Golgota, yaitu tempat di mana Yesus disalibkan dan dikubur serta akan dibangkitkan kembali. Oleh karena itu tempat ini selalu ramai didatangi peziarah tiap tahunnya.

Keunikan dari gereja ini adalah hingga sekarang juru kuncinya merupakan seorang muslim dari keturunan  keluarga Al Husseini dan  Nuseibeh. Mereka diperintahkan Sultan Saladin untuk menjaga gereja tersebut pasca berhasil merebut Yerusalem dari tentara Salib pada tahun 1187.


4. Via Dolorosa

 

Ilustrasi jalanan di Yerusalem (sumber gambar Unsplash/Levi Meir Clancy)

Ilustrasi jalanan di Yerusalem (sumber gambar Unsplash/Levi Meir Clancy)

Via Dolorosa atau Jalan Kesengsaraan merupakan nama sebuah jalan di Kota Yerusalem yang diyakini dilalui Yesus saat memanggul salib menuju Kalvari. Adapun, jalan ini ditandai dengan 14 stasi atau perhentian, dengan lima stasi terakhir berada di dalam Gereja Makam Kudus atau Holy Sepulchre.

Wisata religi di Via Dolorosa sendiri sudah populer sejak abad keempat dimana para peziarah akan memanggul salib dari awal hingga akhir jalan, sambil mengenang penderitaan Yesus yang rela mati di kayu salib serta menebus dosa umat manusia.


5. Kapel Kenaikan Tuhan

 

Ilustrasi Kapel Kenaikan Tuhan  (sumber gambar wikimedia/Fallaner)

Ilustrasi Kapel Kenaikan Tuhan (sumber gambar wikimedia/Fallaner)

Kapel Kenaikan merupakan tempat suci yang di terletak di Bukit Zaitun yang terletak di timur Kota Yerusalem. Bagi umat Kristiani, kapel ini diyakini menjadi tempat di mana Yesus naik ke surga empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya. di sini juga terdapat batu bergambar telapak kaki yang menurut legenda diinjak Yesus sebelum naik ke surga.

Bangunan Kapel ini  telah mengalami beberapa kali renovasi sejak dibangun oleh Ratu Helena sekitar 326-328 Masehi. Kini, bangunaan Kapel Kenaikan Tuhan terdiri dari rotunda atau bangunan berkubah yang menjadi salah satu tujuan ziarah pengunjung dari agama Kristiani.

Baca juga: Langit Penuh Lentera, Intip 7 Perayaan Unik Natal di Argentina

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia, dari Sumatra hingga Papua

BERIKUTNYA

9 Drakor Siap Tayang Januari 2023, Intip Sinopsis & Pemainnya Kuy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: