Ilustrasi (sumber gambar : scott graham / unsplash)

Makin Banyak Masyarakat Membeli Asuransi, Ini Jenis yang Paling Diminati

31 January 2023   |   17:36 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama yang mendorong masyarakat memilih perusahaan penyedia layanan asuransi pribadi. Di antaranya, penawaran polis sesuai dengan kebutuhan (83 persen), biaya premi yang terjangkau dan berkualitas (68 persen), klaim yang cepat dan tepat (68 persen), perusahaan memiliki reputasi yang baik (66 peprsen), serta ketersediaan rekanan pusat kesehatan yang berkualitas (54 persen). 


Adapun jenis asuransi yang paling banyak dipilih masyarakat adalah:
 

1. Asuransi Kesehatan Pribadi

Ketika memilih asuransi kesehatan pribadi, manfaat-manfaat yang paling dicari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah manfaat penuh rawat inap dan rawat jalan (89 persen), santunan harian rawat inap (70 persen), manfaat penyakit kritis (65 persen), dan asuransi kesehatan untuk keluarga (53 persen).

Merek asuransi kesehatan pribadi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini adalah Prudential (52 persen), Manulife (21 persen), Allianz (20 persen), AIA (20 persen), AXA Mandiri (18 persen), dan Sinarmas (13 persen). 


2. Asuransi Jiwa

Sebesar 56 persen masyarakat Indonesia memilih tipe asuransi jiwa berjangka, 34 persen memilih asuransi jiwa seumur hidup, dan 10 persen memilih asuransi dwiguna, dengan perusahaan asuransi jiwa pilihan masyarakat Indonesia saat ini yaitu Prudential (37 persen), AIA (36 persen), Allianz (32 persen), Manulife (25 persen), AXA Mandiri (12 persen), Zurich (11 persen), dan Astra Life (10 persen). 


3. Asuransi Jiwa Unit Link

Meskipun belum banyak dimiliki oleh masyarakat, bagi 12 persen masyarakat yang mengaku memiliki asuransi jiwa unit link, investasi (90 persen), banyaknya manfaat tambahan (82 persen), dan sebagai biaya pendidikan anak di masa depan (77 persen) menjadi alasan-alasan utama mereka dalam memilih asuransi jiwa unit link.

Prudential (65 persen), Allianz (32 persen), AIA (21 persen), AXA Mandiri (19 persen), dan Manulife (15 persen) merupakan perusahaan asuransi jiwa unit link yang paling banyak dipilih masyarakat. 

Sementara itu, di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, masih terdapat 33 persen masyarakat Indonesia yang belum memiliki asuransi.

Alasan-alasan utama masyarakat belum memiliki asuransi yaitu belum memiliki anggaran untuk membayar premi (57 persen), biaya premi yang mahal (29 persen), kurang memahami manfaat asuransi (25 persen), dan belum membutuhkan jasa asuransi (22 persen). 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Fitur Unggulan OPPO Reno8 T Series, Segahar Apa Spesifikasinya?

BERIKUTNYA

Aktingnya Keren, Yuk Intip Profil Nick Offerman yang Perankan Bill di The Last of Us Episode 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: