Amelia Rachim (Sumber gambar: Instagram.com/ameliarachim)

Amelia Rachim, Desainer Indonesia Juarai HRD Antwerp Design Award 2023 di Italia

31 January 2023   |   10:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

HRD Antwerp Design Award menjadi salah satu ajang bergengsi yang sudah berlangsung selama 20 tahun untuk mewadahi para desainer yang ingin mempertontonkan desain karyanya. Tahun ini, kompetisi desain terkenal di dunia itu diselenggarakan di Italia, tepatnya dalam sebuah pameran Vicenzaoro di Vicenza. Tak heran, ribuan peserta datang memadati pameran ini untuk mempertunjukan karya terbaiknya.

Kompetisi ini mendatangkan lebih dari 100 negara peserta yang terbagi menjadi kategori accessories, gemstone, dan diamonds. Gelaran yang ke-18 ini menjadi wadah bagi desainer perhiasaan yang ingin menunjukan eksistensi dan kreativitasnya kepada dunia. Indonesia pun ikut serta di antara daftar 100 negara yang hadir tersebut.

Baca juga: Fashion Silih Berganti dengan Cepat, Desainer Banyak Fokus ke Micro Trend

Kabar gembiranya, kompetisi desain yang diadakan pada 22 Januari 2023 itu berbuah manis untuk negeri kita tercinta. Salah satu desainer Indonesia, Amelia Rachim berhasil menjuarai HRD Antwerp Design Award 2023 dalam kategori gemstone. Amelia menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang sukses menyingkirkan sekitar 1.600 peserta di ajang ini.

Amelia merupakan desainer jurusan Desain Industri pada 2008 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia memang dikenal beprestasi semasa kuliahnya. Salah satu buktinya adalah Amelia menerima beasiswa dari Djarum Foundation 2006 lalu.

“Sebagai desainer perhiasaan, tentunya saya bangga karena dapat membawa nama Indonesia di kancah Internasional,” kata Amelia.

Harapan Amelia pun panjang. Dia tidak hanya ingin sekadar menginspirasi desainer perhiasaan lain dalam mengasah kemampuan, tetapi juga memperkuat estetika baik dari segi orisinalitas, ide, daya guna, teknik, hingga kreativitas dalam menggunakan perhiasaan atau batu-batuan berharga.

Saat menciptakan karyanya, Amelia mengaku selalu menggunakan perasaannya ke dalam sebuah gambar yang detail. Rasa rindunya akan Indonesia juga turut menjadi pendorong nyatanya untuk menggambar, menggunakan kombinasi teknik dan rasa.

Hasilnya, jadilah karya desain bertema Peace, It Starts with You! Sesuai dengan yang diusung oleh HRD Antwerp Design Award.

Wanita berusia 38 tahun itu mencoba menyatukan keberagaman Indonesia dengan hewan semut. Jadilah kreativitas Amelia tertuang dalam desain gambar anting yang dinamainya Piece by Piece into Peace.

Bentuknya menyerupai anting yang saling mengait antara satu yang lainnya, tampak seperti rangkaian semut yang bekerja sama membawa batu pertama berwarna menjuntai di telinga.

Piece by Piece Into Peace, karya Amelia Rachim (Sumber gambar: Djarum Foundation)

Piece by Piece Into Peace, karya Amelia Rachim (Sumber gambar: Djarum Foundation)


Tentu saja terdapat filosofi menarik dan pesan tersembunyi dibalik tema yang dipilihnya itu. Sebagaimana ide yang diambilnya dari keragaman Indonesia, harmoni menjadi pesan paling utama dalam anting itu.

Dia memperlihatkan desain dengan bentuk semut yang berbeda bentuk dan warna, tetapi bergotong royong untuk membawa permata.

Karateristik semut yang kerap saling membantu, dinilai Amelia sebagai salah satu ciri khas bangsa Indonesia di tengah ragamnya ras, suku, agama, hingga kultur.

Baca juga: Tren Sustainable Fashion, Zero Waste Kian Jadi Perhatian Para Desainer

Lewat desainnya itu, Amelia menyakini bahwa perbedaan yang hadir di tengah masyarakat Indonesia justru memperindah kehidupan, begitu pun yang dikreasikannya dalam desain perhiasaan anting tersebut.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ini Strategi Biar Investasi Cuan pada Tahun Kelinci Air

BERIKUTNYA

Intip Profil Katy Louise Saunders Istri Song Joong Ki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: