Sheila Dara X The Palace (sumber gambar : The Palace)

Tip Memilih Anting Sesuai Bentuk Wajah

08 August 2023   |   18:01 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Anting menjadi salah satu item perhiasan yang memiliki peran penting untuk menunjang penampilan seorang wanita. Sebab, anting dikenakan pada bagian telinga yang merupakan bagian dari area wajah, sehingga model anting yang digunakan akan berpengaruh pada penampilan seseorang.

GM The Palace Jeweler Jelita Setifa mengatakan bahwa penggunaan aksesori anting bagi wanita sering dijadikan sebagai sentuhan terakhir yang biasanya akan disesuaikan dengan model dan warna busana serta konsep riasan wajah.

Baca juga: 6 Kiat Memilih Produk Micellar Water sebagai Pembersih Makeup

Ada beberapa model anting yang digunakan dalam suasana berbeda. Namun ada pula model anting yang cocok dikenakan untuk berbagai suasana. Misalnya, anting dengan desain stud atau tusuk, baik yang bermodel berlian tunggal (solitaire) maupun kumpulan berlian (illusion).

Selain itu, anting dengan desain hoop earring atau yang berbentuk lingkaran juga bisa menjadi alternatif anting minimalis yang bisa dikenakan dalam berbagai aktivitas dan suasana.

Menurut Jelita, model anting yang dipilih tidak hanya disesuaikan dengan suasana, tetapi juga dapat disesuaikan dengan bentuk wajah sehingga akan membuat penampilan lebih menarik dan sempurna.

Bagi pemilik wajah oval, tentu cukup beruntung karena bisa menggunakan berbagai jenis dan model anting yang tinggal diselaraskan dengan tampilan yang ingin ditonjolkan. Salah satu model anting yang dapat dipilih adalah model anting dengan desain menjuntai ke bawah (earring dangling).

“Selain bagi yang berwajah oval, anting jenis ini juga cocok digunakan untuk hampir semua bentuk wajah baik bulat, kotak, maupun wajah almond,” ujarnya.

Sementara itu, bagi pemilik wajah lonjong atau rectangle, tidak tepat menggunakan anting yang menjuntai. Tapi pilihlah anting dengan model stud atau tusuk seperti earring hala gold. Bisa juga anting dengan model  hoop dengan desain bulat sehingga memberi kesan yang manis di wajah.

Menurutnya, wanita yang memiliki wajah bulat sebaiknya menghindari anting dengan bentuk bulat karena bisa memberikan kesan yang semakin penuh. Sedangkan pemilik wajah kotak, sebaiknya menghindari anting yang berbentuk persegi, maupun yang memiliki siku karena akan menambah kesan tegas.

Brand Manager Amero Jewellery, Winli mengatakan di antara beragam perhiasan, anting menjadi salah satu yang cukup penting bagi seorang wanita sebab sebagai perhiasan kecil, anting membingkai langsung wajah seorang wanita.

Menurutnya, pemilihan anting perlu disesuaikan dengan bentuk wajah dan suasana, karena detail kecil dari bentuk anting tersebut dapat membuat ilusi yang menguatkan kesan cantik dan kepribadian wanita itu sendiri.

Salah satu model anting yang dapat dipakai untuk semua bentuk wajah adalah stud earrings atau model anting tusuk. Meskipun cocok untuk semua bentuk wajah, tetapi bagi pemilik wajah bulat lebih disarankan memilih model stud earrings yang kecil.

Pasalnya, anting dengan ukuran besar akan membuat kesan wajah lebih bulat dan besar. “Jika memiliki bentuk wajah lainnya, maka jenis stud earrings yang besar justru membuat gaya penampilan semakin kuat dan menonjol,” tuturnya.

Winli menyarankan wanita dengan wajah bulat agar memilih anting yang memanjang dengan ornamen yang lebih sederhana, seperti drop earrings karena memberikan kesan yang tidak penuh di wajah.

Sementara itu, wanita yang memiliki wajah kotak disarankan menggunakan jenis anting bulat atau oval, karena akan memberikan kesan lebih lembut di wajah yang terlihat tegas. Adapun pemilik wajah lonjong dapat memilih jenis hoop earrings yang membuat kesan wajah lebih proporsional.

“Lebih baik menghindari jenis anting yang memanjang, karena ini akan membuat ilusi wajah semakin panjang,” tuturnya.

Jika memiliki bentuk wajah hati, dapat memilih anting yang menjuntai dan memiliki volume lebih besar di bawah. Disarankan menghindari anting dengan ornamen yang ramai, untuk kamu yang memiliki bentuk wajah ini lebih cocok menggunakan dangle earrings.

Sementara itu, bagi memiliki wajah oval atau v shape akan cocok dengan anting beragam bentuk. Namun, perlu juga memperhatikan bentuk leher. Jika memiliki leher yang pendek lebih baik menghindari anting yang memanjang, karena akan menambah kesan pendek untuk leher.

Baca juga: Berbagai Inovasi Perhiasan Emas untuk Milenial & Gen Z

Jika memiliki leher panjang dapat menggunakan anting yang menjuntai atau memanjang. “Pada umumnya wajah bentuk ini dapat melakukan eksplorasi beragam jenis anting dengan ornamen yang dapat disesuaikan dengan suasana ataupun acara,” jelasnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Tayangan Seru & Hangat di Netflix Agustus 2023, Cocok Ditonton Bareng keluarga

BERIKUTNYA

Awas Water Intoxication, Bahaya Terlalu Banyak Minum Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: