Avatar 2: The Way of Water (Sumber gambar: Disney)

Tayang Enam Pekan di Bioskop, Pendapatan Film Avatar 2 Tembus 2 Miliar Dolar AS

24 January 2023   |   19:30 WIB

Film Avatar: The Way of Water terus menunjukkan tajinya dalam sinema global dengan menjadi film terlaris di dunia keenam sepanjang sejarah. Terkini, film arahan sutradara James Cameron itu telah menembus US$2,02 miliar atau sekitar Rp30,4 triliun di box office global per Minggu, (22/1/2023).

Popularitas film Avatar: The Way of Water merupakan kemenangan besar bagi James Cameron. Sutradara asal Kanada itu juga menjadi satu-satunya sineas yang menyutradarai tiga film terbaik , yaitu Titanic,  Avatar 1, dan Avatar 2 yang pernah mencapai tonggak sejarah tersebut.

Tak hanya itu, capaian film ini juga hampir menyamai penghasilan film Avatar pertama yang dirilis pada 2009. Pada debut perdananya  film tersebut mampu meraih penghasilan tertinggi dalam sejarah AS dengan penjualan tiket secara global sebesar 2,9 miliar dolar AS atau setara Rp43,5 triliun.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, menurut sutradara James Cameron, Avatar 2 perlu mencapai angka 2 miliar dolar AS hanya untuk mencapai titik impas. Tetapi, hingga saat ini Disney belum mengungkapkan secara rinci anggaran sebenarnya dari film tersebut.

Namun, media tersebut juga melaporkan bahwa biaya produksi Avatar 2 ditaksir setidaknya mencapai 350 juta dolar AS, atau setara Rp5,2 triliun. Hal ini ditambah dengan biaya pemasaran, dan studio juga  membagi hasil penjualan tiket dengan pihak bioskop.

Sementara itu, menurut catatan Box Office Mojo, setelah enam pekan bertahan di bioskop,  Avatar 2 telah berhasil mencatatkan pendapatan kotor sebesar US$2,026 miliar atau sekitar Rp30,3 triliun (US$1: Rp14.974,30). Penjualan tiket sebesar 1,4 miliar dolar AS atau Rp21 triliun disumbang dari pasar internasional di luar Amerika Serikat dan Kanada.
 
 

Film yang dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, dan sebagainya itu mampu mencapai posisi saat ini dalam kurun waktu 42 hari. Film ini pertama kali rilis pada 14 Desember 2022 di sejumlah pasar internasional, dan 16 Desember 2022 di pasar domestik Amerika Serikat.

Masih menurut laman Box Office Mojo, Avatar: The Way of Water juga belum pernah tergoyahkan di posisi pertama terkait dengan pendapatan tiap akhir pekan di pasar domestik Amerika Serikat.  Sebelumnya, Avatar pertama yang dirilis 13 tahun lalu, tetap menjadi film terlaris sepanjang masa dengan penjualan tiket global sebesar U$2,9 miliar, termasuk rilis ulang.  Selain itu, film Titanic juga merupakan bagian dari klub dengan raihan sebesar US$ 2,19 miliar. 

The Way of Water hanya beberapa hari lagi akan menyalip Star Wars: The Force Awakens dengan pendapatan US$2,07 miliar dan Avengers: Infinity War dengan pendapatan US$2,05 miliar ke peringkat No.4 dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Sedangkan, dalam hal pendapatan global teratas lainnya, film Avengers: Endgame berada di peringkat No. 2 di belakang Avatar pertama dengan pendapatan US$2,79 miliar.

Adapun, film Avatar ketiga, yang sedang dibuat, dijadwalkan bakal debut pada Desember 2024. Sedangkan sekuel keempat dijadwalkan tayang Desember 2026 dan sekuel keenam pada Desember 2028. Jadi, mari kita tunggu saja Genhype, kisah perjalanan Jake Sully bersama keluarganya dengan petualangan terbaru mereka.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Tuai Kontroversi, Kylie Jenner Berkostum Replika Kepala Singa di Paris Fashion Week

BERIKUTNYA

Visinema Gelar Special Screening Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: