Pakaian menambah kemeriahan Tahun Baru Imlek (Sumber gambar: pexel/ Trần Long)

Selain Cheongsam, Ini Pakaian yang Dikenakan saat Tahun Baru Imlek

22 January 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pakaian menjadi salah satu hal yang utama dalam perayaan Tahun Baru Imlek, dan congsam atau cheongsam adalah busana yang paling umum dikenakan orang-orang yang merayakannya. Namun, cheongsam bukanlah satu-satunya jenis pakaian yang dapat digunakan dalam perayaan hari baik itu.

Dikutip dari chinesenewyear.net, China yang merupakan negara agraris hanya memiliki 1 panen per tahun di wilayah Utara dan 2–3 panen di wilayah Selatan. Mereka berhemat dan menabung sepanjang tahun. Namun, mereka akan memanjakan diri selama Tahun Baru Imlek.

Salah satu langkah yang diterapkan untuk hal itu adalah dengan membeli dan menggunakan pakaian baru. Selain menambah kemeriahan, pakaian baru juga diyakini membawa keberuntungan dan melindungi para pemakainya dari roh yang jahat.

Tidak ada persyaratan khusus terkait pakaian yang digunakan dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Namun, pada masa China kuno, orang akan mengikuti tren mode pada saat itu. Meskipun begitu, tidak ada salahnya menggunakan pakaian tradisional yang masih populer. Selain menghargai sejarah, tentu saja pakaian ini menambah kemeriahan dalam perayaan Tahun Baru Imlek.

Apa saja pakaian yang dipakai saat Imlek selain congsam? Yuk simak dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: Berikut 5 Rekomendasi Dress Cheongsam untuk Percantik Tampilanmu di Imlek 2023


Hanfu

Hanfu dalam bahasa China (hàn fú) memiliki arti pakaian etnis han secara harfiah. Ini merupakan pakaian tradisional sampai dinasti Qing, yang membuatnya memiliki banyak variasi dan jenis. Meskipun begitu, pakaian hanfu pada umumnya terdiri dari kemeja dan rok.

Kemeja dalam pakaian hanfu menggunakan kerah menyilang dan lengan yang panjang dan lebar. Kemudian rok yang digunakan adalah rok panjang dan tidak jarang menyatu dengan pakaiannya. Hanfu dinasti Tang disebut memengaruhi kimono Jepang, sedangkan hanfu dinasti Ming mempengaruhi hanbok Korea.

Pada saat ini, terdapat sejumlah versi hanfu modern. Salah satunya adalah menggunakan rok yang lebih pendek dari versi tradisional. Tidak hanya itu, terdapat juga banyak elemen barat pada pakaian hanfu versi modern.


Baju Tang

Pakaian ini merujuk pada jenis baju yang digunakan dari Dinasti Tang. Pakaian ini memiliki kerah terbalik dan kerah lurus serta menampilkan simpul China tradisional. Baju ini biasanya menggunakan bahan brokat yang merupakan kain mahal pada zaman dahulu. Pada awalnya, baju tang memiliki bentuk yang longgar antara badan dan lengan sehingga memungkinkan penggunanya memiliki rasa nyaman saat bergerak.

Namun, bentuk longgar itu kadang tidak sesuai dengan estetika modern. Kondisi ini pun membuat sebagian besar baju tang mengalami modifikasi dan penyesuaian pada saat ini. Mereka kerap mencantumkan simbol dan kata-kata yang diyakini membawa keberuntungan.


Qipao

Qipao menjadi pakaian budaya arus utama China selama Dinasti Qing. Qipao yang kalian kenal dengan gaya modern saat ini jauh berbeda dengan yang asli. Qipao bermula sebagai gaun konservatif dengan potongan lurus dan longgar. Tidak hanya itu, pakaian ini juga memiliki desain sulam yang tidak sederhana.

Baju Qipao mengalami perubahan menjadi kebarat-baratan pada saat terjadi penjajahan. Meskipun begitu, gaya modern tetap mempertahankan kerah kaku dan kancing kodok. Kemudian, desain bordir yang populer dari pakaian ini adalah bunga, burung, dan burung phoenix.

Baca juga: Makna Filosofis Burung Phoenix dalam Tradisi China, Kerap Hadir di Busana Imlek

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Intaian Gula dalam Gaya Hidup, Makanan & Minuman Viral 

BERIKUTNYA

Resep Es Goyang, Jajanan Tradisional yang Manis & Menyegarkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: