Cheongsam (Sumber gambar: East Meets Dress/Unsplash)

Berikut 5 Rekomendasi Dress Cheongsam untuk Percantik Tampilanmu di Imlek 2023

19 January 2023   |   16:54 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Imlek sudah semakin dekat. Perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa ini jatuh pada 22 Januari 2023. Saat Hari Raya Imlek, nuansa serba merah akan menghiasi rumah-rumah, termasuk juga penggunaan baju cheongsam yang sudah terkenal digunakan masyarakat Tionghoa sejak dahulu.

Dilansir dari situs Singapore Government Agency, cheongsam adalah gaun yang populer pada akhir 1920-an hingga 1960-an. Pakaian ini menjadi standar pakaian banyak wanita Tionghoa di kota-kota besar berpenduduk China seperti Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.  Bentuk gaunnya unik dan sederhana dengan kerah tinggi berbentuk silinder dihiasi kancing dan loop yang mengait dan biasanya berbentuk bunga.

Pada era modern, Cheongsam sudah berkembang jauh dengan banyak variasi tampilan. Meski Hari Raya Imlek memang tidak lepas dari warna merah, cheongsam masa kini hadir dengan ragam warna dan variasi. Nah biar tidak bingung memilih cheongsam untuk Imlek nanti, yuk simak rekomendasi dress yang bisa dijadikan inspirasi outfit!
 

1. Cheongsam merah dengan corak penuh 

Cheongsam(Sumber gambar: East Meets Dress/Unsplash)

Cheongsam(Sumber gambar: East Meets Dress/Unsplash)


Bentuk cheongsam bisa dibilang klasik dan simpel, celah bajunya dibuat sedikit asimetris di bagian depan hingga arah ketiak. Merah masih menjadi ciri khas cheongsam yang paling populer sebagai penanda keberuntungan dan kemakmuran.

Tidak ada salahnya untuk memilih cheongsam merah dengan motif dan corak penuh di sisi depan dengan warna yang menonjol, misalnya broken white atau silver. Dengan corak yang penuh di dress ini, kamu tidak perlu menambahkan aksesoris tambahan seperti kalung atau gelang. Cukup menata kuku dan bagian rambut saja dengan hairpiece tusuk.
 

2. Cheongsam merah bergaya klasik

Cheongsam(Sumber gambar: East Meets Dress/Unsplash)

Cheongsam(Sumber gambar: East Meets Dress/Unsplash)


Untuk tampil lebih nyantai, menggunakan cheongsam panjang berwarna merah bisa menjadi pilihan. Jika ingin lebih nyaman, kamu bisa memilih bahan satin, sutera, atau katun. Desain cheongsam yang lebih sederhana ini direkomendasikan untuk acara-acara siang hari, bahkan tidak apa jika tidak memperlihatkan hua niu atau kancing asimetris.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Jelang Perayaan Imlek

Pilihlah desain yang tampak fresh seperti burung phoenix atau naga ala tradisi China. Selain tampak sederhana, desain ini juga cocok digunakan oleh pria atau wanita.
 

3. Cheongsam hitam untuk tampilan bold

Cheongsam(Sumber gambar: Bimo Agmi/Unsplash)

Cheongsam(Sumber gambar: Bimo Agmi/Unsplash)


Tidak semua orang suka dan percaya diri menggunakan busana mencolok berwarna merah. Tidak perlu khawatir, kamu bisa memilih warna hitam untuk tampil lebih bold. Terpenting, bentuk hua niu atau ikatan kancing asimestris.tetap terlihat sebagai ornamen yang mencolok di busanamu.

Karena menggunakan dress hitam, pemilihan desain cheongsam menjadi hal penting di sini. Kamu bisa tampil sempurna dengan menggunakan desain burung phoenix berwanra emas, cokelat, dan sedikit warna merah serta biru. Tinggal percantik bagian rambutmu dengan hairpiece deh!
 
1
2


SEBELUMNYA

Pendapatan Avatar 2 Salip Spider-Man: No Way Home

BERIKUTNYA

Gim Returnal untuk PC Siap Rilis Pada Februari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: