Potongan film Jung_E yang rilis di Netflix, Jumat 20 Januari 2023. (Sumber gambar : Netflix)

Jung_E, Film Tentara Kloning di Tengah Bencana Iklim yang Lagi Tayang di Netflix

21 January 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, ada garapan baru nih dari sutradara Train to Busan, Yeon Sang-ho. Kali ini, pria yang menyutradarai film The King of Pigs dan The Fake ini kembali dengan film bergenre sci-fi berjudul Jung_E. Film berlatar masa depan itu baru saja dirilis di Netflix hari ini loh.

Film ini dibintangi Kim Hyun-joo sebagai Jung_E atau Yun Jung-yi. Hyun-joo terkenal dengan serial TV Hellbound yang juga disutradarai Sang-ho pada 2021 lalu. Selain itu, dia pernah memainkan serial Boys Over Flower yang menjadi tayangan favorit para pencinta drakor. Dia berperan sebagai kakak Gu Jun-pyo yang diperankan Lee Min-ho pda 2009 lalu.

Selain Hyun-joo, lakon lainnya yakni mendiang Kang Soo-yeon sebagai Yun Seo-hyun. Jung_E menjadi film terakhir aktris veteran itu. Diketahui, Soo-yeon meninggal dunia setelah mengalami henti jantung pda Mei 2022. Jung_E juga melibatkan Ryu Kyung-soo sebagai Sang-hun dan Park So-yi sebagai Yun Seo-hyun muda.

Baca juga5 Rekomendasi Tayangan Film & Serial Viu Januari 2023

 
 

Sinopsis Jung_E

Jung_E berlatar masa depan, tepatnya tahun 2194. Saat itu, manusia diungsikan ke tempat penampungan di Bulan karena bencana iklim yang terjadi begitu cepat. 

Di tengah krisis iklim yang melanda, manusia juga dihadapkan dengan perang saudara yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Sementara itu, perusahaan pengembangan artificial intelegence (AI) militer, Kronoid, menciptakan prajurit tempur AI pamungkas yang diberinama Jung_E. 

Jung_E dibuat dengan mengkloning otak Yun Jung-yi. Dia dahulu merupakan tentara legendaris yang selalu menang pada setiap pertempuran. Namun saat menjalankan misi terakhir 35 tahun lalu, dia gagal dan terluka parah hingga koma. 

Kronoid bertujuan menjadikannya pahlawan abadi Pasukan Sekutu dengan menciptakan pasukan Jung_E untuk mengakhiri perang. Namun, tidak peduli berapa banyak tes simulasi yang mereka lakukan, proyek ini selalu gagal di titik yang sama dan tidak dapat menyelesaikan misinya.

Proyek kloning tentara ini ternyata tidak lepas dari tangan kepala peneliti Kronoid Yun Seo-hyun (Kang Soo-youn), yang tidak lain anak dari Yun Jung-yi. adapun Jung-yi kala itu menjadi tentara bayaran demi mendapatkan uang untuk membiayai pengobatan kanker paru-paru Seo-hyun. 

Proyek kloning dihentikan ketika perang saudara berakhir dengan kesepakatan antara Republik Adrian dan Allied Force. Seo-hyun pun diminta untuk mematikan program AI tempur itu dan beralih ke pembantu rumah tangga atau AI layanan. 

Namun sesuatu tidak terduga terjadi. Seo-hyun membangunkan model uji Jung_E terbaru dan menemukan zona baru di otaknya adalah ingatan Jung-yi. Dia mengetahui bahwa alasan Jung_E terus gagal adalah karena otak Jung-yi sedang memikirkan operasi putrinya dan perhatiannya teralihkan.

Ternyata proyek itu pun diam-diam berhasil dikerjakan. Seo-hyun menghapus data otak Jung-yi dan membantu Jung_E melarikan diri dengan mengambil otaknya dan memasukkannya ke AI tempur kosong. 

Lantas seperti apa kisah pelarian tentara robotik kloning ini? Bagaimana gambaran dunia yang dilanda krisis iklim? Apakah dunia bisa kembali pulih? Jangan lupa tonton filmnya langsung di Netflix ya Genhype. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Korea Bertema Pencurian setelah Menonton Seoul Vibe

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daniel Kho, Kemarahan yang Manis dan Virus Berbagi Kebahagiaan Lewat Karya Seni

BERIKUTNYA

TWICE Rilis Single Moonlight Sunrise, Tampilkan Musik Riang Tentang Momen Jatuh Cinta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: