Beberapa pemenang Seoul Music Awards 2023 (Sumber gambar : Twitter BTS, NCT Dream, IVE, KARA)

Ada Generasi 1 Sampai 4 K-Pop, Cek Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards ke-32

20 January 2023   |   16:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Malam puncak Seoul Music Awards 2023 berlangsung semalam, 19 Januari 2023. Diadakan di KSPO Dome, Seoul, Korea Selatan, acara penghargaan untuk para idola Korea Selatan itu berlangsung cukup meriah dan bertabur bintang.

Dipandu member boygroup Shinee Minho, Mijoo dari Lovelyz, dan Kim Il-jong, pemenang Seoul Music Awards edisi ke-32 ini cukup bervariasi. Bukan hanya bintang K-Pop generasi keempat saja, tetapi beberapa idola generasi kedua juga membawa pulang piala bergengsi ini lho, Genhype.

Adapun lebih dari 30 bintang K-drama menghadiri acara tersebut dan menjadi pembaca nominasi serta pemenang. Sebut saja Kim Bum, Yoo Seon-ho, Ahn Bo-hyun, Byeon Woo-seok, Moon Sang-min, Hwang Bo-ra, Hwang In-yeop, dan masih banyak lainnya.

Baca jugaSeoul Music Awards 2023 Umumkan Line Up Presenter, Ada Park Se Wan hingga Seol In Ah

Sementara itu, beberapa idol K-Pop datang langsung untuk menerima penghargaan. Tidak terkecuali deretan artis dari SM Entertainment. Selain Minho Shinee, ada pula NCT Dream, GOT the beat (Taeyeon, Hyoyeon, BoA, Winter, Karina, Wendy dan Seulgi), dan aespa.

Buat kamu yang penasaran, berikut daftar lengkap pemenang Seoul Music Awards 2023


1. Rookie of the Year

Penghargaan pendatang baru Seoul Music Awards 2023 dimenangkan penyanyi Hype Boy New Jeans dan seniornya di HYBE Label, Le Sserafim. Piala ini juga dibawa pulang TNX, boy grup bentukan P Nation.


2. New Wave Star Award

Grup K-pop Rookie Kep1er, TAN, dan Lapillus meraih trofi untuk New Wave Star di SMA ke-32 ini. 


3. Best Performance Award

Grup K-pop (G)I-DLE dari Cube Entertainment memenangkan penghargaan ini


4. Discovery of the Year

Penghargaan ini dimenangkan Lee Seung-yoon yang menyanyikan OST The Giving Tree untuk K-drama Our Beloved Summer.


5. Popularity Award (Korea)

Lim Young-woong atau dikenal dengan Lim Hero memenangkan Popularity Award. Penyanyi trot ini favorit emak-emak di Korsel lho, Genhype.


6. Best OST Award

Soundtrack asli Love, Maybe yang dibawakan duo MeloMance untuk Netflix K-drama Business Proposal membawa mereka memenangkan Best OST di SMA 2023.


7. Trot Award

Sudah jelas, penyanyi trot yang sangat populer di Korea, Young Tak yang membawa pulang penghargaan ini. 


8. Ballad Award

Younha tidak tertandingi dalam setiap lagu sedih yang dibawakannya. Oleh karena itu, dia memenangkan Ballad Award di SMA 2023.


9. Band Award

Band indie yang debut pada 2014, Jannabi memenangkan penghargaan ini. Mereka dikenal sebagai band rock dan lagu-lagunya cukup populer.  


10. R&B/Hip Hop Award:

Korea R&B dan Hip Hop mengambil alih dunia. SMA 2023 mengumumkan BE'O dan Big Naughty sebagai pemenang penghargaan kategori R&B dan Hip Hop.


11. Idol Plus New Star Award

Boygroup asuhan Yuehua Entertainment, Tempest, yang debut pada awal 2022 lalu ini cukup bersinar. Mereka berhasil membawa pulang penghargaan Idol Plus New Star.


12. Idol Plus Best Artist Award

Grup K-pop yang dinominasikan Grammy, BTS berhasil merebut penghargaan Idol Plus Best Artist Award.


13. K-pop Special Award

KARA memenangkan penghargaan khusus K-pop di Seoul Music Awards 2023. Setelah lama absen, grup K-Pop generasi kedua ini merilis album mereka, Move Again dengan judul lagu terbaru When I Move pada 2022 untuk merayakan ulang tahun ke-15.


14. Legend Artist Award

Penyanyi legendaris Korea Selatan dan SM Entertainment, BoA, dianugerahi penghargaan Artis Legenda di Seoul Music Awards 2023.


15. Hallyu Daesang

Leader EXO Suho mengambil trofi untuk penghargaan Hallyu Daesang SMA 2023.


16. Bonsang (Main Award)

Pemenang untuk kategori ini sangat bervariasi, tidak hanya generasi K-Pop terbaru saja. Mereka yang membawa pulang Bonsang diantaranya Stray Kids, Red Velvet, Got The Beat, Taeyeon, Aespa, Zico, Lim Young Woong. 

Kemudian BTS, Seventeen, IVE, NCT Dream, Blackpink, dan penyanyi Tomboy (G)-IDLE. Ada pula solois seperti PSY, Kim Ho Joong, Kang Daniel, dan Lim Young-woong yang memenangkan hadiah utama Seoul Music Awards 2023 ini.


17. World Best Artist Award

Eksistensi artis K-Pop generasi, 1 Psy, memang cukup diakui para penikmat musik hingga saat ini. Kolaborasinya dengan Suga menjadi viral di seluruh dunia dan dia layak memenangkan penghargaan Artis Terbaik Dunia di SMA 2023.


18. Best Song Award

IVE memenangkan penghargaan ini dengan lagu hit yang viral, Love Dive.


19. Best Album Award

Peraih beberapa kali puncak lagu Billboard Hot 100 dan artis K-pop pembuat sejarah BTS mendapatkan salah satu penghargaan terbesar malam itu. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook memenangkan Album Terbaik Seoul Music Awards 2023 untuk album Proof yang dirilis 2022 lalu.


20. Daesang (Grand Prize)

Penghargaan terbesar malam itu alias Daesang dibawa pulang NCT Dream.

Baca jugaSusul RM BTS, Jimin Siap Rilis Album Solo Bulan Depan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Nano Riantiarno dan Lakon yang Tak akan Henti

BERIKUTNYA

ARMY Merapat! J-Hope Bakal RIlis FIlm Dokumenter, Intip Bocorannya Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: