Istilah gong xi fa cai secara harfiah artinya adalah 'semoga lebih banyak mendapat kekayaan. (Sumber gambar: Unsplash/Eka P. Amdela)

Makna Gong Xi Fa Cai saat Imlek, Ucapan untuk Merayakannya & Sejarah Tahun Baru China 

17 January 2023   |   18:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tahun baru Imlek yang menjadi perayaan tahunan warga Tionghoa sudah semakin dekat. Hari raya Imlek tahun ini jatuh pada 22 Januari 2023. Momen pergantian tahun dalam kalender China itu biasanya akan dirayakan masyarakat dengan berbagai tradisi yang meriah.

Setiap tahun, Imlek dirayakan secara besar-besaran di seluruh dunia. Beberapa daerah akan menyalakan kembang api, melakukan parade, menata lampion, dan gelaran barongsai dengan mudah bisa ditemui di pusat-pusat perbelanjaan di sejumlah kota-kota besar.

Pada perayaan tahun baru China atau Imlek, sederet tradisi unik juga terus dilakukan oleh etnis Tionghoa, mulai dari berkumpul bersama keluarga, hingga makan bersama. Anak-anak akan mendapatkan hadiah angpao berwarna merah, dan akan ada banyak ritual untuk menghormati roh para leluhur.

Baca juga5 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Jelang Perayaan Imlek, dari Beberes Rumah hingga Kembang Api

Selain itu, Imlek biasanya juga identik dengan ucapan gong xi fa cai  yang selalu dikirimkan pada mereka yang merayakan tahun baru China. Karena sering diucapkan saat Imlek, orang awam mungkin menyangka arti gong xi fa cai adalah selamat tahun baru, padahal bukan loh Genhype.

Istilah gong xi fa cai secara harfiah artinya adalah 'semoga lebih banyak mendapat kekayaan'. Hal ini dapat disimak dari frasa gong xi berarti 'selamat' dan juga cara untuk mengucapkan sukacita. Sementara itu, fa cai artinya menjadi kaya atau menghasilkan uang. Jadi, saat seseorang mengucapkan gong xi fa cai berarti berharap kemakmuran di tahun baru.

Namun, selain gong xi fa cai, terdapat juga beberapa ucapan lain untuk merayakan tahun baru China. Beberapa di antaranya adalah xin nian kuai le yang secara harfiah berarti semoga berbahagia di tahun baru. Ucapan ini biasanya dilontaran ke sesama teman tanpa merujuk uang ataupun finasial.

Selain itu, ada juga xin nian jin pu yang berarti semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini, dan wan shi ru yi, yang bermakna semoga semua harapanmu terpenuhi. Kemudian  ada juga ungkapan sui sui ping an yang berarti berharap kamu terhindar dari semua celaka, dan shen ti jian kang, yang bermakna semoga Anda sehat selalu.
 

Sejarah Tahun Baru China

Tahun baru Imlek atau tahun baru China adalah festival tahunan yang dilakukan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Peringatan ini dimulai dengan bulan batu yang terjadi antara 21 januari sampai 20 Februari dalam kalender Gregorian. 

Menurut beberapa catatan, tahun baru Imlek sudah ada sejak 4.000 tahun silam. Salah satu legenda atau asal-usul Imlek yang paling terkenal adalah pada ribuan tahun lalu monster bernama Nian (tahun) akan menyerang penduduk desa di setiap awal tahun baru. 

Dari sinilah penduduk desa kemudian membuat kembang api dan menyalakannya agar dapat mengusir monster tersebut dengan cahaya yang terang dan suaranya yang menggelegar, tulis laman Britannica. Selain kembang api, Imlek juga identik warna merah, karena monster tersebut disebut takut dengan warna-warna cerah. 

Adapun istilah Imlek sendiri hanya digunakan di Indonesia. Sedangkan di China istilah untuk pergantian tahun ini dikenal dengan nama Guo Nian atau Xin Jia yang berarti lewat bulan atau bulan baru. Kata Imlek berasal dari frasa im dan lek yang diambil dari bahasa suku Hokkian yang berarti penanggalan bulan.

Baca juga4 Sajian Khas Tahun Baru Imlek yang Penuh Filosofi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Ada Cuti Bersama 23 Januari, Simak Sejarah Libur Imlek di Indonesia

BERIKUTNYA

Imbas Jajanan Cikbul, Pengawasan Bahan Makanan Perlu Diperketat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: