Paspor penting untuk bepergian ke luar negeri (Sumber gambar ilustrasi: unsplash/convertKit)

Simak Tiga Paspor dengan Desain Paling Unik di Dunia

17 January 2023   |   09:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kamu yang sering bepergian ke sejumlah destinasi wisata ke luar negeri pasti tidak asing lagi dengan paspor. Dokumen yang satu ini merupakan dokumen penting yang dikeluarkan oleh negara kepada warganya yang mau melakukan perjalanan ke luar negeri.

Berdasarkan laman Kementerian Luar Negeri, paspor merupakan dokumen perjalanan yang memuat identitas diri pemegangnya, antara lain nama pemegang, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor, dan masa berlaku paspor.

Baca juga: Begini Cara Perpanjang Paspor 2023 Lewat Aplikasi M-Paspor

Sementara itu, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian mendefinisikan paspor sebagai dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antarnegara yang berlaku selama jangka waktu tertentu,

Kemudian, dalam PP 31/2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, paspor Kebangsaan adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara asing kepada warga negaranya untuk melakukan perjalanan antar negara yang berlaku selama jangka waktu tertentu. Dalam keadaan tertentu, atas dasar kebijakan nasional, paspor dapat mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh pemegang paspor.

Selain sebagai identitas internasional, beberapa negara mendesain paspor mereka dengan unik. Mereka menyematkan apa yang menjadi ciri dari negara. Berikut sejumlah negara dengan desain paspor yang unik berdasarkan laman tripzilla.


Norwegia

 

(Sumber gambar: Neue Design Studio)

(Sumber gambar: Neue Design Studio)

Paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah Norwegia adalah paspor yang memiliki desain unik di dunia. Paspor ini memiliki sampul minimalis dengan desain visual yang memberikan efek teduh.

Lambang dan nama negara yang diembos dengan dengan warna emas terletak di bagian samping kiri dengan masingimasing berada di pojok atas dan bawah, membuatnya berkesan seperi sebuah buku catatan yang kerap dibawa oleh para pelancong.

Di bagian dalam paspor, kalian bisa menikmati halaman yang hidup dengan holografik dari langit malam dan cahaya utara. Tidak hanya itu, Genhype juga dapat menikmati ilustrasi yang menggambarkan gunung, danau, hutan, dan sungai.


Kanada

 

Paspor Kanada (Sumber gambar: Unsplash/Jaimie Harmsen)

Paspor Kanada (Sumber gambar: Unsplash/Jaimie Harmsen)


Kanada adalah negara lain yang memiliki desain paspor unik di dunia. Keunikan paspor ini berada pada gambar yang tersembunyi dan baru akan dapat terlihat ketika di bawah sinar lampu ultraviolet.

Kalian dapat menemukan beragam hal tentang Kanada ketika paspor mendapatkan sinar lampu ultraviolet, seperti tokoh sejarah, air terjun Niagara, daun maple, dan sebagainya. Desain yang kompleks dan rumit ini membuat paspor Kanada kian sulit ditiru selain memberikan keindahan secara estetika.


Belgia


Belgia berada di daftar lainnya sebagai negara yang mengeluarkan paspor paling unik. Paspor Belgia menjadi paspor yang unik lantaran menampilkan ilustrasi karakter komik Tintin dan Smurf yang merupakan komik terkenal dari negara ini.

Tidak hanya itu, tampilan halaman paspor akan mengalami perubahan dan detail ketika berada di bawah sinar ultraviolet, yang pastinya akan membuat kalian kagum. Halaman paspor akan berubah menjadi halaman holografik ketika terkena sinar UV.

Baca juga: Perusahaan Swedia Ciptakan Microchip Berisi Paspor Covid-19 yang Ditanam di Bawah Kulit

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Catat, Drakor Island Part 2 akan Tayang Februari 2023 di Platform Ini

BERIKUTNYA

Fenomena Kidult dari Kacamata Psikologi, Saat Membeli Barang Masa Kecil Terasa Menyenangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: