Paspor terdiri dari beberapa jenis (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Porapak Apichodilok)

Simpel, Begini Cara Mengajukan Perubahan Data Paspor

11 March 2023   |   18:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Paspor adalah identitas valid seseorang yang wajib dibawa ketika bepergian ke luar negeri. Untuk itu, data-data yang tercantum di dalamnya haruslah sesuai. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan data pada saat proses pembuatan sehingga perlu melakukan perubahan data karena beragam alasan.

Ketika terjadi kesalahan atas data yang tedapat di dalamnya dan ingin melakukan perubahan, kalian tidak perlu mengajukan pembuatan ulang. Kalian cukup melakukan pengajuan untuk mengubah data.

Baca juga: Simak Tiga Paspor dengan Desain Paling Unik di Dunia

Dikutip dari laman imigrasi.go.id, perubahan data pemegang paspor dapat diajukan kepada kepala kantor imigrasi atau pejabat imigrasi. “Perubahan berupa penambahan nama, seperti untuk menunaikan ibadah haji atau umrah akan ditambakan pada halaman catatan-pengesahan,” demikian tertulis.

Ketika mengajukan perubahan data, kalian perlu memenuhi sejumlah persyaratan, yakni paspor, Kartu Tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan dokumen lain yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah.

Dokumen lain itu sebagai dasar perubahan data paspor, seperti surat penetapan pengadilan, akta kelahiran, surat nikah, atau dokumen sejenis. Saat persyaratan sudah lengkap, prosedur perubahan pertam-tama adalah melakukan pengajuan permohonan. Kemudian, kalian memperoleh persetujuan dari kepala kantor imigrasi atau pejabat imigrasi. Setelah itu, data paspor diubah di halaman pengesahan.

Adapun mekanisme pengesahan pertama adalah menyerahkan berkas persyaratan asli dan fotokopi serta Perdim 11 (terdapat di kantor imigrasi) yang telah diisi lengkap kepada petugas loket.

Kemudian, petugas akan memproses perubahan data paspor. Setelah itu, pejabat Imigrasi akan menyetujui perubahan data. Petugas akan mencetak perubahan data paspor pada halaman pengesahan sebagai proses lanjutan. Petugas akan memberikan paspor yang telah selesai diubah data-datanya kepada pemohon pada hari yang sama.

Perubahan data paspor tidak menutup kemungkinan dapat mengalami penolakan. Ada beberapa alasan yang membuat permohonan tidak dipenuhi. Pertama adalah persyaratan yang dilampirkan tidak lengkap sesuai dengan aturan.

Kedua, nama pemohon terdapat dalam daftar pencegahan ke luar negeri. Terakhir, alasan keimigrasian lainnya. Laman ini menuliskan jika pelayanan perubahan data paspor tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, paspor adalah dokumen perjalanan yang memuat identitas diri pemegang, seperti nama, tempat & tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor, dan masa berlaku.

UU N0. 6/2011 tentang Keimigrasian mendefiniskan paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia kepada warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antarnegara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.

Paspor Indonesia memiliki beberapa jenis, yakni paspor diplomatik, paspor dinas, dan paspor biasa. Paspor diplomatik adalah dokumen yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan keluar wilayah Indonesia dalam rangka penempatan atau perjalanan yang bersifat diplomatik.

Sementara paspor dinas diberikan kepada warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke luar wilayah Indonesia dalam rangka penempatan atau perjalanan untuk tugas yang tidak bersifat diplomatik. Paspor biasa adalah dokumen yang diterbitkan oleh menteri atau pejabat imigrasi yang ditunjuk untuk warga negara Indonesia.

Baca juga: Begini Cara Perpanjang Paspor 2023 Lewat Aplikasi M-Paspor

Selain itu, terdapat juga Surat Perjalanan Laksana Paspor Republik Indonesia (SPLP RI) sebagai dokumen pengganti paspor yang diberikan dalam keadaan tertentu yang berlaku selama jangka waktu tertentu. SPLP RI ini juga terdiri dari berbagai jenis, yakni untuk warga negara Indonesia, orang asing, dan surat perjalanan lintas batas atau pas lintas batas.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Review Suzume no Tojimari, Romansa Berbalut Bencana Gempa dari Makoto Shinkai

BERIKUTNYA

Bunda, Simak Cara Efektif Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: