Contoh makanan untuk penderita jantung koroner. (Sumber gambar : Freepik)

6 Makanan Sehat untuk Mencegah & Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

15 January 2023   |   07:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Jantung bisa mengalami penurunan kualitas seiring bertambahnya usia. Namun demikian, kondisi itu dipercepat apabila gaya hidup yang dijalankan terbilang tidak sehat seperti terlalu banyak makan makanan dengan kandungan garam, gula, dan lemak tinggi, serta kurangnya aktivitas. Alhasil jantung koroner pun mengintai. 

Jantung koroner merupakan kondisi ketika arteri atau pembuluh darah yang mengalirkan darah kaya oksigen ke jantung tersumbat oleh timbunan lemak. Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru Sanny March Silaban menerangkan penyakit ini diketahui sebagai salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di Indonesia. 

Menurut data Kementerian Kesehatan pada 2020, kematian akibat penyakit jantung koroner mencapai 1,25 juta jiwa dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Oleh karena itu, Sanny mengatakan penderita penyakit jantung koroner atau bagi kamu yang ingin meminimalkan risiko, sebaiknya menjaga pola makan. 

Baca jugaBeberapa Hal yang Kalian Perlu Tahu Seputar Jantung Koroner

“Pola makan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah, yang merupakan awal mula dari penyakit jantung koroner,” tegasnya, dikutip Hypeabis.id dari pesan singkat, Minggu (15/1/2023). 

Sanny menyebut ada beberapa makanan penyebab jantung koroner yang mungkin dikonsumsi masyarakat setiap harinya. Jika dikonsumsi terlalu sering, makanan ini dapat menyebabkan plak pada pembuluh darah dan akan menebal dalam seiring waktu, lalu menyebabkan penyempitan.

Makanan dengan kandungan garam, gula, dan lemak yang tinggi diketahui merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner ini. Beberapa makanan tersebut diantaranya daging merah, daging olahan seperti sosis dan nugget, mentega, mi instan, nasi putih, es krim, makanan cepat saji, gorengan, serta minuman beralkohol. “Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi atau membatasi konsumsinya,” sebutnya. 

Sementara itu, Sanny menjabarkan ada sejumlah makanan sehat untuk penyakit jantung koroner. Selain untuk penderita jantung koroner, makanan ini juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit mematikan tersebut, beriku diantaranya :


1. Ikan tuna dan salmon

Salah satu kandungan makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner adalah omega-3, yang bisa ditemukan pada ikan tuna dan ikan salmon. Omega-3 merupakan lemak baik atau lemak tak jenuh yang dapat melancarkan aliran darah sehingga menurunkan risiko untuk terkena penyakit jantung koroner.


2. Sayur-sayuran

Sanny menerangkan beberapa sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli memiliki kadar serat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mengurangi risiko dalam penyakit jantung koroner.


3. Buah-buahan

Buah-buahan juga memiliki kadar serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung yaitu apel, anggur, tomat, dan jeruk.


4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang hitam, kedelai, dan hazelnut merupakan sumber lemak baik atau lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 


5. Gandum

Alternatif dari beras putih sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk jantung yaitu gandum. Sanny menyampaikan bahwa olahan makanan dari gandum seperti roti gandum bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner karena memiliki serat serta vitamin E yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


6. Protein rendah lemak

Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk proses produksi enzim dan memperbaiki sel. Namun beberapa protein diketahui memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti daging merah. Oleh karena itu, protein dengan lemak seperti daging ayam, produk susu, hingga putih telur bisa jadi pilihan alternatif dalam memenuhi asupan protein harian kamu.

Baca jugaPenelitian Ini Sebut Hormon Cinta Bisa Mengatasi Efek Serangan Jantung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Ide Staycation di PIK, Cocok untuk Healing Bareng Keluarga

BERIKUTNYA

Sindir Gerard Piqué Lewat Lagu, Shakira Trending Nomor 1 di YouTube

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: