Ilustrasi (dok. Pexels)

Waspadai Warna di Kulit, Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

28 July 2021   |   20:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, umum diketahui bahwa serangan jantung berisiko tinggi kematian. Gejalanya bisa berupa nyeri dada yang menjalar ke lengan, dan tiba-tiba merasa sangat pusing, hingga kesulitan bernapas. Namun serangan jantung sendiri juga menjadi gejala penyakit jantung koroner.

Penyakit ini disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di arteri dan akhirnya membatasi aliran darah ke jantung. Terkadang, kondisi ini tidak disadari penderitanya. Oleh karena itu, penting kita mengenali tanda-tanda penyakit jantung koroner, beberapa diantaranya muncul di kulit.

Menurut Florida Dermatology and Skin Cancer Centers (FLDSCC), gejala jantung koroner yang khas yakni terjadinya pembengkakan pada kaki. Seiring pembengkakan, terkadang timbul pola biru atau ungu di kaki mereka. Ini disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena kolesterol tinggi.

Pertumbuhan kulit seperti lilin dan lesi berwarna coklat atau merah dengan sensasi nyeri juga bisa menjadi tanda penyakit jantung. Tanda lain yang bisa kamu lihat yakni munculnya garis merah atau ungu di kuku.

Setelah mengenali tanda-tanda ini, penting juga untuk kita menerapkan pola hidup sehat untuk menurunkan risiko serangan jantung. Makan makanan yang sehat dan seimbang agar timbunan lemak di arteri kamu bisa diminimalisir.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Breakdance Diumumkan Jadi Cabang Olahraga Olimpiade di Paris 2024

BERIKUTNYA

MediaTek Kenalkan Kompanio 1300T, Chipset Tablet Kelas Premium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: