Ilustrasi komik (Sumber gambar: Jonathan Cooper/Unsplash)

Jadi Wadah Monetisasi Konten, Yuk Ikutan Kompetisi Komik Digital Ini!

13 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lebih dari sekadar menjadi saluran untuk membangun relasi dan berkreasi, media sosial juga turut berperan dalam melahirkan para kreator konten. Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi kreator konten kini semakin bertumbuh, dan menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.

Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni pekerjaan yang satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet. Untuk memberikan wadah berkreasi bagi para kreator konten, platform kreator konten TipTip menggelar Komikin di TipTip, sebuah kompetisi komik digital yang bertujuan untuk membantu para kretor konten lebih mudah memonetisasi karya mereka.

Kompetisi komik digital ini berlangsung mulai dari 6 Januari hingga 6 Februari 2023 dan menawarkan total hadiah sejumlah Rp35 juta. Adapun, juara 1 akan mendapatkan Rp20 juta, juara 2 Rp10 juta, dan juara 3 sebesar Rp5 juta. 

Baca jugaPengin Jadi Komikus? Ada Mata Kuliah Komik di Vokasi Universitas Indonesia Lho!
 

Chief Marketing Officer TipTip, Paulina Purnomowati, mengatakan pihaknya melihat masih banyak talenta di Indonesia yang dapat memproduksi konten berkualitas tapi terbentur dengan berbagai kendala.

Dengan misi membangun ekosistem ekonomi kreatif di Tanah Air, salah satunya melalui kompetisi ini, pihaknya juga ingin memotivasi sekaligus mengedukasi para kreator serta ekosistemnya bahwa karya digital tidak melulu hanya berupa video, tetapi banyak hal yang dapat dikreasikan dan salah satunya adalah karya visual berupa komik ini.

"Kami ingin semua ekosistem kreator menjadi lebih giat dan produktif dalam hal berkarya dan monetisasi," katanya.

Kompetisi ini pun diharapkan dapat menjadi kesempatan agar para kreator komik di Indonesia makin semangat untuk selalu berkarya. Paulina menambahkan, tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi, momen ini juga menjadi wadah bagi kreator untuk mempublikasikan serta menjual karyanya. 

Dalam menggelar kompetisi ini, TipTip bekerja sama dengan salah satu komunitas komik Indonesia, Komikin Ajah. Ketua Umum Komikin, Aruga Perbawa, menuturkan kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu ruang berkarya dan monetisasi tidak hanya bagi para kreator komik kenamaan Indonesia, tetapi terbuka untuk mereka yang baru memulai di industri komik ini. 

Dia pun melihat bahwa kompetisi ini dapat menjadi kesempatan untuk memajukan komunitas dan ekosistem komik secara digital. "Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang terhubung dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi," ucapnya.
 


Cara Berpartisipasi

Bagi Genhype yang ingin mengikuti kompetisi ini, kalian bisa membuat akun terlebih dahulu di platform TipTip. Kompetisi ini mengusung tiga tema menarik yang menjadi inspirasi kreativitas para komikus, yaitu Kehidupan sehari-hari, Harapan, dan Cinta. 

Salah satu syarat mengikuti kompetisi ini adalah karya komik yang dikompetisikan harus merupakan karya komik yang pertama kali dipublikasikan dan pertama kali diperjualbelikan. Selama kompetisi ini berlangsung, diberlakukan syarat dan ketentuan baik bagi para kreator komik maupun karya yang dikompetisikan, hal ini bertujuan agar kompetisi ini berjalan dengan baik bagi semua pihak yang terlibat. 

Adapun, para juri dari kompetisi ini adalah para komikus berpengalaman yakni kartunis ternama Indonesia, Mice Cartoon, Sheila Roswitha Putri, seorang komikus yang mengambil inspirasi dari kehidupan keluarganya sehari-hari untuk dijadikan tema komiknya dan Aruga Perbawa selaku Ketua Umum Komikin.

Kompetisi ini terbuka bagi kreator komik atau siapa saja yang dapat membuat karya komik, dimana semua karya yang dikompetisikan adalah merupakan karya sendiri yang orisinil serta karya mereka ini juga belum pernah dijual dan dimonetisasi melalui platform digital manapun. 

Baca jugaMengenal RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia dan Pencipta Karakter Sri Asih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Jadwal M4 Mobile Legends 13 Januari 2023, RRQ & ONIC Berjuang di Bracket yang Berbeda

BERIKUTNYA

Cara Vote Musisi Favoritmu di iHeartRadio Music Awards 2023 Lewat Twitter & Web

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: