Geoffrey Arnold Beck atau yang dikenal dengan nama panggung, Jeff Beck. (Sumber gambar : Instagram Jeff Beck)

5 Fakta Jeff Beck, Legenda Pejuang 6 Senar & Pelopor Jazz Rock

12 January 2023   |   15:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Pelopor Jazz Rock Hingga Heavy Metal

Putus dari Yardbirds, tidak mengurungkan niatnya untuk bermusik. Pada 1968, Beck membentuk Jeff Beck Group dan merilis Truth, album solo debutnya yang menggunakan nuansa blues dan hard rock untuk membentuk versi prototipikal dari heavy metal. 

Lagu Truth mencapai No. 15 di tangga lagu Billboard, dipicu oleh perpaduan segar antara rock yang menggelegar dan jiwa yang emosional.

Satu tahun kemudian, dia merilis  Beck-Ola dengan pergantian personel. Album ini pun meledak dipasaran. Namun, di puncak karier itu dia kecelakaan mobil dan mengalami patah tulang tengkorak.

Menjalani proses pemulihan yang cukup lama, pada 1970, Beck membentuk inkarnasi baru dari Jeff Beck Group. Dia merilis Rough and Ready pada 1971 dengan penyanyi soul Bobby Tench, yang menampilkan upaya awal Beck ke dalam suara jazz fusion yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Pada pertengahan 70-an, Beck mendukung grup jazz-rock John McLaughlin Mahavishnu Orchestra dalam tur, sebuah pengalaman yang secara radikal mengubah cara dia melihat musik. “Menonton [McLaughlin] dan pemain saksofon bermain solo, saya berpikir, 'Ini saya',” katanya pada 2016.

 

 
 

4. Meraih Grammy 8 Kali

Total dia mendapatkan delapan album emas selama lebih dari enam dekade berkarier. Dia mengumpulkan tujuh Grammy, enam untuk kategori penampilan instrumental rock terbaik dan satu untuk kolaborasi pop dengan vokal terbaik. 

Beck juga mendapat Rock 'n' Roll Hall of Fame dua kali, sebagai bagian dari Yardbirds pada 1992 dan sebagai bintang solo pada 2009.


5. Asuransi Ibu Jari Senilai 7 Juta Euro


Sering digambarkan sebagai pejuang enam senar karena keterampilannya bermain gitar yang luar biasa, Beck diketahui pada 2012 lalu mengasuransikan jarinya senilai 7 juta euro, setara Rp115,6 miliar  dengan kurs saat ini. 

Seorang sumber dekat dengan mantan bintang Yardbirds itu mengatakan, Beck sempat mengalami luka sobek di telunjuk jari kirinya. Untungnya ahli bedah mampu menjahit luka tersebut. Atas kejadian ini, Beck pun mengasuransikan jarinya tersebut.


Editor: Indyah Sutriningrum
1
2


SEBELUMNYA

Film Virgo & The Sparklings Segera Tayang, Kisah Seru Pahlawan Super Remaja

BERIKUTNYA

Alasan Personal Sutradara Fajar Nugros Garap Film Balada Si Roy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: