Grup band Led Zeppelin. (Dok. Situs resmi Led Zeppelin ledzeppelin.com)

Film Dokumenter Led Zeppelin Tayang Perdana di Festival Film Venice

04 August 2021   |   06:37 WIB

Genhype ingat dengan band rock Led Zeppelin yang berdiri di akhir tahun 1960-an dan sempat mengguncang dunia sebagai salah satu band heavy metal pertama dalam sejarah? Kali ini film dokumenter Becoming Led Zeppelin yang menggambarkan tentang perjalanan karier band tersebut akan segera hadir di bulan depan, tepatnya saat perhelatan Festival Film Internasional Venice 2021.

NME melaporkan bahwa dokumenter ini akan membawakan berbagai wawancara dan dokumentasi dari beberapa anggota Led Zeppelin seperti gitaris Jimmy Page, pemain bass, keyboard, dan mandolin John Paul, serta  vokalis Robert Plant.

Enggak hanya itu, film ini juga akan menyelipkan arsip wawancara dari mendiang pemain drum John Bonham yang telah meninggal pada tahun 1980.
 
Dalam pernyataan resminya di situs festival film Venice, sutradara Bernard MacMahon mengungkapkan bahwa dia ingin Becoming Led Zeppelin menjadi dokumenter yang terasa dan terlihat seperti sebuah acara musikal.

"Saya ingin menggabungkan keempat cerita beraneka ragam dari para anggota band sebelum dan sesudah mereka membentuk grup tersebut dengan banyak aspek cerita. Hanya dengan musik dan penggambaran serta kontekstualisasi musik dengan lokasi di mana musik tersebut dibuat dan kejadian di dunia yang menginspirasinya," jelasnya.

MacMahon juga bercerita bahwa dia hanya menggunakan cetakan asli dan foto negatif dengan estimasi setidaknya lebih dari 70.000 frame arsip yang direstorasi secara manual, dan penyusunan urutan fantasia yang terinspirasi dari lagu Singin' in the Rain

Dia juga melapisi arsip rekaman penampilan yang belum pernah ditunjukan sebelumnya dengan beberapa poster, tiket, dan rekaman perjalanan untuk menciptakan rasa visual dari hingar bingar perjalanan karier mereka pada masa awal.

Becoming Led Zeppelin menjadi film dokumenter pertama yang diikuti semua anggota Led Zeppelin setelah 50 tahun dan akan ditayangkan untuk kategori Out of Competition pada acara Festival Film Internasional Venice di tanggal 1-11 September 2021. Sementara itu, tanggal rilis publiknya masih belum diumumkan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Kunci Pengendalian Pandemi Covid-19 Menurut Ahli

BERIKUTNYA

Trik Menata Rumah Minimalis Terasa Lega dengan Konsep Open Plan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: