Sumber gambar: PT AP II

Wow.. 6 Bandara di Indonesia Dinilai Paling Higienis di Asia Pasifik

10 March 2022   |   17:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahukah Genhype kalau di Indonesia terdapat bandara-bandara yang dinilai sangat higienispaling higienis di dunia. Di Indonesia terdapat 6 dari 10 bandara yang dinilai paling higienis di kawasan Asia Pasifik atau mendapatkan penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021.

Airport Council Internasional (ACI) pada Kamis (10/3/2022) mengumumkan nama-nama bandara paling higienis di dunia yang berhasil meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021 yang merupakan bagian dari Airport Service Quality (ASQ) Awards yang digelar ACI, melibatkan 400 bandara di 95 negara.
 
Penghargaan tersebut diberikan ACI kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi COVID-19.

Dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id, bandara-bandara yang dinilai paling bersih di dunia tersebut antara lain Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru).

Kemudian, terdapat juga Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ariport Council International (ACI) kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi Covid-19 sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka, dan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bersyukur 6 bandara di bawah perusahaan itu mendapatkan penghargaan tersebut. Kondisi ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mewujudkan bandara yang aman dan nyaman bagi penumpang pesawat di tengah pandemi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh traveller yang telah mendukung dan bersama-sama kami dapat menjalani protokol kesehatan di tengah pandemi,” katanya.  
 

Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Perusahaan, lanjutnya melakukan berbagai inovasi guna memperkuat protokol kesehatan dan menjadikan bandara tetap higienis. Inovasi-inovasi tersebut pada awalnya diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah itu, inovasi-inovasi tersebut diterapkan di bandara-bandara lainnya dengan penyesuaian sesuai kondisi setempat. Adapun inovasi yang dilakukan untuk memperkuat protokol kesehatan adalah penerapan biosecurity management dan biosafety management.

Selain bandara di Indonesia, bandara-bandara yang mendapatkan penghargaan tersebut berada di China, yakni sebanyak 3 bandara dan 1 bandara di India.

PT Angkasa Pura II merupakan salah satu anak usaha Aviasi Pariwisata Indonesia yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat.

Angkasa Pura II telah mengelola 16 Bandara, antara lain yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Selain itu juga Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati dan Banyuwangi.

Editor: MR Purboyo

SEBELUMNYA

Ingin Ikut Bea Siswa LPDP? Ini Kiat Bikin Esai yang Menarik

BERIKUTNYA

Belum Cukup Uang Untuk Isi Rumah? Yuk Desain Satu Sudut Saja Terlebih Dahulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: