Timnas Vietnam tidak memiliki pilihan selain harus menang melawan Indonesia agar bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. (sumber gambar PSSI)

Berlaga ke Kandang Lawan, Shin Tae-yong Optimistis Skuad Garuda Mampu Gulung Vietnam

09 January 2023   |   13:04 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Timnas Indonesia akhirnya harus kembali melawan Vietnam pada laga semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1). Sebelumnya pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1) kedua tim bermain dengan skor imbang 0-0 hingga babak kedua berakhir.

Duel lanjutan antara Skuad Garuda dan The Golden Stars Warriors ini diprediksi akan berlangsung sengit, dengan tempo tinggi dan menarik sejak menit pertama. Pasalnya, Timnas Vietnam tidak memiliki pilihan selain harus menang melawan Indonesia agar bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)




Sementara itu, posisi Indonesia lebih beruntung. Pasalnya, jika menilik regulasi Piala AFF 2022 pasal 13 ayat 4.1 poin b, gol tandang yang diberlakukan sejak kompetisi memasuki babak knock out, maka skuad Garuda cukup menahan imbang Vietnam dengan skor 1-1, dengan begitu, mereka bisa melenggang dengan mulus ke babak final karena berhasil mencetak gol tandang lebih banyak dari The Golden Stars.

Baca jugaTimnas Indonesia vs Vietnam, Pengamat: Sekarang atau Tidak Selamanya

Namun, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya dan tim sudah mempersiapkan dengan baik untuk pertandingan kali ini dan optimistis untuk lebih fokus  memenangkan skuad Garuda. Apalagi, dari hasil pertandingan leg pertama dia sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan tim Vietnam.

"Semoga kami meraih hasil terbaik. Kami datang untuk menang. Para pemain dalam kondisi terbaik, serta percaya diri dan siap untuk melawan Vietnam," kata Shin Tae-yong dalam siaran pers sebelum laga tanding dikutip dari PSSI.

Pelatih asal Negeri Ginseng itu juga mengatakan bahwa Vietnam merupakan salah satu tim terbaik di kawasan Asia Tenggara. Tapi dia percaya dengan berbagai latihan ketat yang dijalankan tim Garuda juga sudah berada di level yang sama, bahan mungkin lebih unggul dari mereka.

"Vietnam memang tim yang baik dalam organisasi permainan. Pastinya besok akan menjadi laga yang menarik dan kami akan kerja keras, fokus dan disiplin," imbuhnya.

Sementara itu, striker Dendy Sulistyawan juga mengatakan bahwa dirinya dalam kondisi terbaik untuk ikut berlaga melawan Vietnam dengan kondisi prima. Apalagi, dirinya masih penasaran saat laga leg pertama kemarin skuad Garuda hanya bermain imbang 0-0.

"Alhamdulilah kami datang dengan kondisi terbaik, dan pertandingan ini kami sangat termotivasi serta akan bekerja keras untuk menang. Kami akui itu tidak mudah tetapi kami yakin pasti bisa," kata pemain asal Bhayangkara FC tersebut.

Adapun, data statistik mencatat bahwa pada babak kualifikasi Grup B Piala AFF 2022, Vietnam belum pernah kebobolan. The Golden Stars juga  berhasil menyarangkan 12 gol ke gawang lawan. Mereka menyarangkan enam gol ke gawang laos. Kemudian, tiga gol ke gawang Malaysia,  dan tiga gol ke gawang Myanmar. Kemudian saat menghadapi Singapura, Vietnam bermain imbang 0-0.

Sementara statistik mencatat, tim nasional Indonesia juga memasukkan bola sebanyak 12 gol ke gawang lawan dalam empat kali pertandingan di babak kualifikasi Grup A. Dari total itu, 2 gol ke gawang Kamboja, 7 gol ke gawang Brunei Darussalam, 1 gol ke gawang Thailand, dan 2 gol ke gawang Filipina.

Kini, keduanya pun akan kembali bertemu di di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin 9 januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Baca jugaKiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Apple Ginger Pie, Perpaduan Manis dan Pedas yang Mantap

BERIKUTNYA

Tren Kesehatan 2023: Ancaman Deretan Penyakit pada 2023, HIV/AIDS Bisa Outbreak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: