Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_

Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

19 January 2024   |   10:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam akan menjadi laga yang krusial di Grup D Piala Asia 2023. Sebab, nasib kedua tim agar tetap memiliki peluang lolos ke babak 16 besar akan ditentukan lewat pertandingan yang akan terselenggara malam ini, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Langkah dua tim Asia Tenggara di Grup D ini memang terbilang berat. Indonesia pada laga perdana kalah melawan Irak dengan skor 3-1. Tak jauh berbeda, Vietnam juga menelan kekalahan di laga pembuka dengan skor 4-2 dari Jepang.

Kini, kedua tim tersebut harus sama-sama saling mengalahkan untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Untuk itu, kedua tim diprediksi akan tetap menurunkan skuad terbaiknya demi meraih tiga poin pertama di turnamen ini.

Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong masih memiliki beberapa pemain kunci yang belum dimainkan pada laga pertama melawan Irak. Di pertandingan ini, ada kemungkinan sang pelatih akan bermain totalitas untuk mengejar kemenangan pertamanya.

Jika Shin Tae-yong ingin melakukan rotasi, ada kemungkinan Nadeo Argawinata dan Shayne Pattynama akan diturunkan sejak awal laga. Kedua nama ini berpotensi dimainkan sejak menit pertama untuk meregenerasi permainan.

Nadeo adalah pemain terakhir yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk berlaga di Qatar. Pemanggilan Kiper Borneo FX ini menyusul kabar Syahrul Trisna yang batal tampil karena cedera.

Namun, Pada pertandingan pertama Nadeo belum bermain karena masih membutuhkan waktu istirahat setelah perjalanan panjang Indonesia ke Qatar. Di sisi lain, dia juga belum terlalu lama bergabung ke dalam latihan utama timnas.

Untuk bisa mendapatkan menit bermain, Nadeo juga mesti bersaing dengan Ernando Ari yang belakangan lebih sering dipercaya jadi kiper Timnas Indonesia.

Sementara itu, Shayne Pattynama juga kemungkinan akan diturunkan di pertandingan ini. Pattynama telah kembali bergabung setelah sempat izin menengok ibu kandungnya yang sakit pada 2 Januari 2024. 

Dia sudah tiba di Qatar pada Minggu (14/1/2024), tetapi absen pada pertandingan pertama karena masih membutuhkan istirahat. Kini, Pattynama diprediksi telah bugar dan siap berlaga. Kehadirannya bakal menambah kekuatan lini belakang dan tengah Indonesia.

Berikut adalah prediksi susunan pemain Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.


Timnas Indonesia Optimis Raih Kemenangan 

Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_

Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia siap tempur melawan Vietnam. Pelatih asal Korsel ini mengaku sudah mempelajari dengan baik kelebihan dan kelemahan tim berjuluk The Golden Stars Warriors tersebut.

“Kami sudah sering bertemu dengan Vietnam. Tidak hanya di Piala Asia tetapi juga bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia dan Vietnam sama-sama kalah di laga perdana. Untuk itu, besok tidak ada pilihan lain selain menang," jelasnya, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Jumat (19/1/2024).

Untuk menghadapi Vietnam, Shin Tae Yong menyebut ada perubahan gaya permainan yang akan disuguhkan Timnas Indonesia. Dia berharap, strategi ini akan meredam perlawanan Vietnam dan Indonesia bisa mencuri tiga poin pada laga tersebut.

“Saya pastikan laga esok akan lebih baik, kami punya pemain lain yang belum dimainkan. Saya punya gaya sendiri di sepak bola dan selalu mencoba untuk menempatkan sebaik mungkin," imbuhnya.

Sementara itu, pemain belakang timnas Indonesia, Jordi Amat juga optimistis skuad Garuda mampu meraih poin penuh ketika menghadapi Vietnam. Dirinya dan tim juga menyadari laga ini akan sangat penting untuk menentukan langkah Indonesia di turnamen ini.

Jordi mengatakan bahwa Indonesia telah melakukan evaluasi menyeluruh sejak laga perdana. Latihan yang terus dilakukan pada hari-hari menjelang pertandingan juga terus menunjukkan progres yang baik. Dirinya berharap tim ini bisa menunjukkan permainan terbaiknya saat melawan Vietnam nanti.

“Kedua tim ingin menang. Jadi kita akan berusaha dan bekerja keras serta ingin menampilkan performa terbaik untuk laga esok,” tambahnya.

Laga Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di Stadion Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pukul 21.30 WIB, Jumat (19/1),

Baca juga: Piala Asia 2023, Cek Catatan Pertemuan Timnas Indonesia vs Irak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mendulang Cuan dan Kenangan dari Tembang Lawas Kaset Pita yang Khas

BERIKUTNYA

Awal Tahun 2024, Film Genre Horor Masih Menguasai Bioskop Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: