Tim nasional sepak bola Indonesia bersiap untuk melawan Vietnam di Gelora Bung Karno, Jakarta. (Sumber gambar: PSSI)

Sejarah Mencatat Timnas Indonesia Lebih Unggul Saat Melawan Vietnam

05 January 2023   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia pada akhirnya harus berhadapan dengan tim nasional Vietnam dalam laga semifinal Piala AFF 2022 setelah The Golden Stars berhasil menumbangkan Myanmar pada pertandingan terakhir babak kualifikasi di Grup B di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam,.

Garuda, julukan tim nasional Indonesia, yang menempati posisi kedua Grup A harus berhadapan dengan The Golden Stars lantaran tim Vietnam itu yang pada akhirnya menempati posisi puncak Grup B dengan poin 10 setelah menumbangkan tim nasional Myanmar dengan tiga gol tanpa balas.

Pertemuan Indonesia dengan Vietnam bukanlah pertemuan yang pertama kali di ajang dua tahunan ini. kedua tim tercatat telah betemu sebanyak 10 kali, dan pertemuan pada Jumat, 6 Januari 2023 akan menjadi pertemuan yang kesebelas.

Dalam 10 kali pertemuan di ajang Piala AFF, tercatat tim nasional Indonesia menang sebanyak 3 kali, kalah satu sakali, dan imbang 6 kali.

Kemenangan tim nasional Indonesia atas Vietnam di ajang dua tahunan ini terjadi pada 2000, 2004, 2016. Pada edisi 2000, ketika Piala AFF masih bernama Piala Tiger, keduanya bertemu di babak semifinal. Indonesia berhasil unggul dengan skor 3 – 2.

Sementara pada 2004, Indonesia bertemu Vietnam di babak kualifikasi Grup A Piala Tiger. Indonesia yang berada di Grup A bersama dengan Singapura, Laos, dan Kamboja berhasil menyarangkan bola sebanyak 3 gol ke gawang Vietnam tanpa balas.

Adapun, pada edisi 2016, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada pertandingan semifinal leg pertama di Stadion Pakansari, Indonesia. Tim Garuda berhasil menaklukan The Golden Stars dengan skor tipis 2 – 1.

Satu-satunya kekalahan Indonesia dari Vietnam terjadi pada edisi pertama, yakni 1996. Pada saat itu, Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan takluk 3 – 2 saat memperebutkan posisi ketiga ajang dua tahunan itu. Meskipun memiliki catatan yang lebih baik dengan jumlah menang lebih banyak dibandingkan dengan kalah, Indonesia tidak boleh memandang remeh Vietnam.

Statistik mencatat bahwa pada babak kualifikasi Grup B Piala AFF 2022, Vietnam belum kebobolan. The Golden Stars berhasil menyarangkan 12 gol ke gawang lawan. Mereka menyarangkan enam gol ke gawang laos. Kemudian, tiga gol ke gawang Malaysia,  dan tiga gol ke gawang Myanmar. Saat menghadapi Singapura, Vietnam bermain imbang 0 – 0.

Sementara statistik mencatat, tim nasional Indonesia juga memasukkan bola sebanyak 12 gol ke gawang lawan dalam empat kali pertandingan di babak kualifikasi Grup A. Dari total itu, 2 gol ke gawang Kamboja, 7 gol ke gawang Brunei Darussalam, 1 gol ke gawang Thailand, dan 2 gol ke gawang Filipina.

Sementara itu, tim nasional Indonesia telah kebobolan sebanyak total tiga gol ketika melawan Kamboja, Thailand, dan Filipina. Indonesia juga tercatat belum terkalahkan sampai dengan babak kualifikasi grup A selesai.

Baca juga: Jadwal & Cara Beli Tiket Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Istri Seniman Wiji Thukul, Sipon Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Begini Kiat Aman Menerobos Genangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: