Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, didampingi Marselino dalam Pre Match Press Conference jelang laga semi final Leg 1 Piala AFF 2022 melawan Vietnam pada Kamis (5/1) di Stadion Gelora Bung Karno. (Sumber gambar: PSSI)

Timnas Indonesia vs Vietnam, Pengamat: Sekarang atau Tidak Selamanya

06 January 2023   |   14:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Laga klasik yang mempertemukan dua tim besar di Asia Tenggara ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 6 Januari 2023.

Laga antara Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam diprediksi sengit. Sebab, kedua tim menunjukkan permainan impresif sepanjang babak fase grup kemarin. Indonesia dan Vietnam sama-sama tercatat belum terkalahkan pada gelaran Piala AFF 2022.

Pada babak fase grup, Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia, Myanmar, dan Laos. Tim Golden Star Warriors itu hanya pernah satu kali imbang saat melawan Singapura. 

Baca juga: Sejarah Mencatat Timnas Indonesia Lebih Unggul Saat Melawan Vietnam

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya, Vietnam tercatat belum pernah kebobolan satu kali pun. Namun, mereka sudah melesatkan 12 gol ke gawang lawan.

Tak jauh berbeda, Timnas Indonesia juga tercatat sebagai tim yang tidak pernah mengalami kekalahan pada babak fase grup Piala AFF 2022. Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Skuat Garuda hanya bermain imbang saat melawan Thailand.

Dari jumlah produktivitas gol, Timnas Indonesia sama dengan Vietnam dengan catatan 12 gol. Namun, Indonesia memiliki catatan tiga kali kebobolan.
 

Tak Boleh Kalah di Kandang Sendiri

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan Timnas Indonesia tidak boleh kalah saat bermain di kandang sendiri. Jika kalah, langkah Indonesia selanjutnya akan makin sulit. Sebab, setelah ini, leg kedua akan berlangsung di kandang Vietnam.

Pria yang akrab disapa Bung Ropan itu optimistis inilah saatnya Timnas Indonesia menyudahi rekor buruk saat melawan Vietnam dalam beberapa tahun terakhir ini.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)


Meskipun  demikian, Timnas Indonesia harus bekerja ekstra keras saat melawan Vietnam. Sebab, gawang Golden Star Warriors masih angker. Sepanjang Piala AFF 2022, kiper mereka belum pernah kebobolan satu kali pun.

Dirinya berharap dengan dukungan yang kuat dari para pendukungnya, Timnas Indonesia bisa lebih semangat dalam bermain dan mencetak gol.

“Bagi STY, pertandingan ini adalah pertaruhan besar. Meraih kemenangan sekarang atau tidak selamanya. Kalau sampai kalah, harapan akan makin sulit,” ujarnya dikutip dari kanal YouTube Bung Ropan.

Menurut Bung Ropan, komposisi pemain Timnas Indonesia saat ini sudah sangat siap melawan Timnas Vietnam. Andalan lini belakang Indonesia, Jordi Amat, juga dipastikan sudah bisa bermain lagi setelah sebelumnya terkena akumulasi kartu.

Kehadiran Jordi di lini belakang akan membuat jantung pertahanan Indonesia lebih kuat. Jordi merupakan pemain yang punya visi bermain yang baik dan sangat tenang ketika menjaga lini pertahanan Indonesia.
 

Perkuat Kerja Sama Tim

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Presiden Joko Widodo telah menitipkan pesan penting kepada para pemain Timnas Indonesia. Presiden Jokowi berharap Timnas Indonesia bermain fokus dan tidak lengah selama pertandingan berlangsung.

Selain itu, pemain Timnas Indonesia juga mesti mementingkan kerja sama tim selama pertandingan. Dibanding mementingkan ego pribadi, lebih baik semua pemain bekerja sama untuk sama-sama meraih kemenangan.

“Mereka akhirnya sudah menyadari tentang kerja sama tim. Saya mendapat informasi dari ketum dan pelatih bahwa ada perubahan dari anak-anak,” ujar Amali dalam keterangan resmi yang diterima Hypeabis.id.

Menurut Amali, Timnas Indonesia sudah banyak berbenah sejak pertandingan terkahir fase grup kemarin. Ada perubahan signifikan yang telah terjadi pada pertandingan melawan Vietnam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ini Nilai-nilai yang Diharapkan dari Film Animasi bagi Anak di Bawah 10 Tahun

BERIKUTNYA

Mengenal Shayne Pattynama, Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: