Timnas Indonesia (IG/PSSI)

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2022

09 January 2023   |   16:01 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Tim Nasional Indonesia punya peluang untuk lolos ke final Piala AFF 2022. Kesempatan lolos ke babak final terbilang besar karena sebenarnya Indonesia tidak perlu kemenangan saat melawan Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Hasil imbang Indonesia vs Vietnam pada leg pertama di Stadion Utama Bung Karno, jumat (6/1/2023), jadi modal penting yang dimiliki Indonesia. Banyak pihak yang menyayangkan hasil imbang di kandang sendiri tersebut.

Baca juga: Jadwal & Cara Beli Tiket Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Dengan bermain imbang di kandang sendiri, Indonesia diprediksi akan cukup kesulitan saat menjalani laga tandang di Vietnam. Namun, hasil imbang dengan skor kacamata 0-0 bukanlah hal yang terlalu buruk.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Meski belum bisa meraih kemenangan, setidaknya Indonesia berhasil membuat Vietnam tidak bisa mencetak gol. Hal ini akan menguntungkan Indonesia karena Vietnam tidak memiliki gol tandang.

Tanpa gol tandang tersebut, peluang skuad Garuda lolos ke babak final jadi lebih besar. Kemenangan atas Vietnam akan menggaransi tiket Indonesia lolos ke semifinal.

Namun, lolosnya Indonesia ke babak final tidak hanya dapat diperoleh dari kemenangan. Berikut 3 skenario yang bisa membuat tim asuhan Shin Tae Yong lolos mudah ke babak final Piala AFF 2022.
 

1. Meraih Kemenangan

Dengan hasil 0-0 pada leg pertama, maka tidak ada alasan lagi bagi Indonesia untuk meraih kemenangan pada leg kedua. Meski bermain di kandang Vietnam, Indonesia harus menargetkan menang melawan Vietnam.

Dengan skor kacamata, kemenangan sekecil apa pun sudah cukup membuat Indonesia lolos ke babak semifinal. Hal itu berbeda dengan rekan satu grup Indonesia, Thailand, yang harus mencetak minimal dua gol setelah pada leg pertama melawan Malaysia kalah dengan skor 0-1.
 

2. Hasil Imbang dengan Gol

Piala AFF 2022 kembali menerepkan aturan gol tandang. Gol tandang merupakan peraturan yang memberikan sebuah tim kemenangan jika tim tersebut menang secara agregat gol tandang. Tim yang memiliki gol tandang lebih banyak akan keluar sebagai pemenang.

Aturan gol tandang ini cukup menguntungkan Indonesia karena pada leg pertama, Vietnam tidak mampu mencetak gol. Artinya, jika Indonesia mampu mencetak satu gol, lalu hasil pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1, skuad Garuda akan dianggap sebagai pemenangnya. Sebab, Indonesia memiliki satu gol tandang, sedangkan Vietnam tidak.
 

3. Hasil Imbang Tanpa Gol

Namun, bagaimana jika hasil imbang pada leg kedua tetap tanpa gol? Hasilnya, Indonesia maupun Vietnam akan melanjutkan pertandingan ke perpanjangan waktu. Indonesia masih berpeluang lolos ke babak final jika mampu mencetak gol di babak perpanjangan waktu.

Setidaknya, satu gol di Indonesia membuat napas skuad Garuda sedikit lega. Sebab, Vietnam harus mampu mencetak 2 gol sekaligus jika ingin memenangkan pertandingan. Tentu mencetak dua gol dengan tensi pertandingan yang tinggi tidaklah mudah.

Namun, jika skor tetap 0-0 hingga perpanjangan waktu selesai, pemenang pertandingan akan ditentukan melalui adu pinalti. Tim yang berhasil mencetak gol pinalti terbanyak yang akan menjadi pemenang pada laga ini dan berhak melaju ke Final Piala AFF 2022.

Baca juga: Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Wakanda Forever: The Official Black Panther Podcast Meluncur 18 Januari

BERIKUTNYA

Pfizer Pasok Obat Covid-19 Nirmatrelvir dan Ritonavir ke Indonesia Mulai Januari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: