Timnas Indonesia (Sumber gambar: X.com/pssi)

Hore, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF U-23 Melawan Vietnam

25 August 2023   |   06:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Angin segar berhembus di dunia sepak bola Tanah Air. Skuad muda timnas Indonesia baru saja mengamankan slot dan melenggang mulus ke babak final Piala AFF U-23. Keberhasilan ini didapat Indonesia setelah menekuk mundur timnas Thailand dengan skor 3-1 dalam laga tandang semfinal Piala AFF U-23. 

Dari pertandingan semalam, tim Garuda berhasil membuat Thailand mati kutu. Adu performa kencang pemain muda Indonesia langsung berbuah hasil di menit ke-10 lewat gol pertama yang tercipta dari  kaki emas Jeam Kelly Sroyer. Semangat gol Sroyer menular pada pemain lain.

Tri gol tercipta sepenuhnya di babak pertama, membuat ribuan pasang mata di Stadion Rayong terkejut dengan laga melawan skuad Negeri Gajah ini. Setelah Sroyer, tendangan Muhammad Ferrari langsung melesat ke gawang Ingkaew di menit ke-23.

Nasib buruk sepertinya sedang mengutuk skuad asuhan Sritaro. Tepat di detik-detik terakhir babak pertama usai, gelandang kanan Thailand yaitu Natcha Promsomboon justru mencetak gol bunuh diri ke gawang skuadnya sendiri. Gol bunuh diri ini tercipta di menit pertama dalam tambahan waktu usai 45 menit babak reguler. 

Baca juga: PSSI Panggil 23 Pemain untuk Pemusatan Latihan Piala AFF 2023, Witan Sulaeman Absen

Ingkaew yang terkejut tak kuasa menahan arah bola rekannya yang bernomor punggung 18 tersebut. Alhasil, gol bunuh diri Promsomboon menjadi keuntungan manis yang tercipta secara tak sengaja bagi skuad Indonesia. Thailand hanya mencetak satu gol melalui tendangan Chudit Wanpraphao di menit ke-27.

Adu tangkas kedua tim nampaknya terjadi sepenuhnya di babak pertama. Pemain dari dua tim tampak agresif di pengawal babak, sementara babak kedua penuh kehati-hatian dan cenderung bertahan. Dari statistik permainan, kedua tim memiliki performa permainan yang cukup berimbang. Indonesia menguasai tembakan, sementara Thailand banyak unggul dari segi akurasi operan dan penguasaan bola.
 

Atas kesuksesan Indonesia di semifinal ini, skuad Merah Putih resmi melaju ke final untuk melawan Vietnam di Piala AFF U-23. Pertandingan dua skuad sepak bola besar Asia Tenggara ini akan berlangsung di Stadion Rayong, Thailand pada Sabtu (26/8/2023) Pukul 20.00 WIB. Sementara Thailand akan bertemu dengan Malaysia untuk memperebutkan posisi ketiga di tanggal yang sama pada pukul 16.00.

Vietnam sukses melaju ke babak final setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1. Dilihat dari statistik, Vietnam memang belum pernah kalah sejak babak grup digelar. Tim yang dijuluki Prajurit Bintang Emas ini mengalahkan Laos dengan skor 4-1 di laga pertama babak grupnya. Kemudian mereka memulangkan Filipina dengan skor 1-0, sebelum menundukkan Malaysia dengan skor 4-1 di semifinal.

Sementara Indonesia mengawali fase grup dengan kekalahan skor 2-1 dari Malaysia. Namun setelahnya, Indonesia mencatat peningkatan performa yang gemilang saat melawan Timor Leste di laga ke-2 fase grup, sebelum mencatat keunggulan 3-1 dari Thailand tadi malam. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

2 Episode Gadis Kretek Tayang Perdana di Busan International Film Festival ke-28

BERIKUTNYA

Rangkaian Acara Asean Fest 2023 Hari Terakhir, Demo Masak sampai Penampilan Afgan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: