kegiatan ngopi saa t ini memang sudah menjadi salah satu cara untuk menikmati hidup. (sumber gambar Unsplash/Giulia Bertelli)

4 Kopi Populer di Indonesia yang Masuk Daftar Minuman Terbaik Versi TasteAtlas

09 January 2023   |   09:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ritual menikmati kopi telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat saat ini. Bahkan bagi sebagian orang, menjalani aktivitas tanpa terlebih dulu ngopi terasa seolah ada yang kurang. Ya, kegiatan minum kopi kini memang sudah menjadi salah satu cara untuk menikmati hidup.

Tak hanya itu, Indonesia dengan bentang alam yang luas juga menghasilkan berbagai jenis kopi yang otentik di setiap daerah. Terlebih dengan daya cipta dan kreasi masyarakatnya, biji-biji kopi tersebut diolah menjadi berbagai minuman kopi yang unik, baik dari segi rasa hingga penyajian.

Belum lama ini, TasteAtlas, sebuah panduan perjalanan seputar kuliner yang berbasis di Kroasia pun menyusun daftar minuman favorit, termasuk minuman kopi yang populer di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga memasukkan Tanah Air sebagai negara dengan kuliner terbaik yang berada di urutan ke-16, berhasil mengalahkan Filipina dan Vietnam.

Dirangkum Hypeabis.id dari TasteAtlas, berikut adalah 4 jenis kopi paling populer di Indonesia yang disajikan dengan berbagai cara unik dan bisa dicoba saat melancong atau traveling ke berbagai daerah. 

Baca juga3 Jenis Proses Pengolahan Biji Kopi, Hasilkan Rasa yang Berbeda-Beda
 

1. Kopi Terbalik

Kopi Terbalik (sumber gambar TasteAtlas)

Kopi Terbalik (sumber gambar TasteAtlas)

Kopi Terbalik atau Kopi Khop adalah jenis minuman asal Aceh yang terkenal dengan gaya penyajiannya yang unik. Kopi diseduh dan dituangkan ke dalam gelas, yang kemudian dibalik dan diletakkan di atas piring besar. Tak hanya itu, setiap kopi juga disajikan dengan sedotan, dan tamu harus menggunakannya untuk meniupkan udara perlahan ke dalam gelas, sambil membiarkan cairan mengalir ke piring.

Menurut legenda yang tersebar luas, minuman berasal dari daerah pesisir di Aceh ketika para lelaki menyeruput kopi dan kemudian pergi bekerja di laut. Adapun, membalikkan cangkir, berfungsi untuk membiarkan kopi tetap bersih sehingga mereka dapat meminumnya setelah mereka kembali dari kerja. Kopi Terbalik atau dikenal juga dengan nama Kopi Khop telah menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBT) Kabupaten Aceh Barat. 
 

2. Kopi Joss

Kopi Joss (sumber gambar/Pexels)

Kopi Joss (sumber gambar/Pexels)

Para pencinta kopi tentu sudah tidak asing dengan kopi spesial dari Yogyakarta ini. Keunikan kopi Joss adalah tambahan arang bakar yang dicelupkan langsung dalam cangkir seusai kopi diseduh. Penambahan arang diyakini memiliki manfaat kesehatan, dan banyak juga yang menemukan bahwa pembakaran arang dapat menetralkan keasaman serta memberikan rasa karamel yang halus pada minuman.

Dalam sejarahnya, Kopi Joss diperkirakan pertama kali muncul pada 1960-an sebagai penemuan pedagang kaki lima setempat. Saat itu beberapa penjual kopi yang sebagian besar berada di kawasan wisata Yogyakarta menyiapkan dan menjual minuman khas ini. Menariknya, nama joss sendiri berasal dari bunyi onomatope desisan arang membara saat dijatuhkan ke dalam gelas.
 

3. Kopi Tubruk

Kopi Tubruk (sumber gambar/Pexels)

Kopi Tubruk (sumber gambar/Pexels)

Kopi tubruk yang kental dan kaya adalah salah satu kopi paling populer di Indonesia, yang disajikan dengan cara sederhana. Pembuatan kopi ini pun sudah umum dan dikenal masyarakat luas, yakni dengan mendidihkan air lalu mencampurnya dengan bubuk kopi halus atau kasar. Kombinasi tersebut lalu didiamkan selama beberapa menit hingga ampas kopi mengendap di dasar cangkir.

Selain itu, penambahan gula juga bersifat opsional, karena kebanyakan orang memilih mempermanis kopi dengan mencampurkan gula dengan bubuk kopi, sebelum ditambahkan air. Cara penyajian ini diyakini telah diperkenalkan oleh para pedagang dari Timur Tengah karena baik cara maupun kopinya sangat mirip dengan kopi Turki atau Yunani.
 

4. Kopi Luwak

Kopi Luwak (sumber gambar/Pexels)

Kopi Luwak (sumber gambar/Pexels)

Kopi satu ini memang sudah sangat terkenal di seantero jagat dan sering disebut sebagai kopi termahal di dunia. Ya, keunikan kopi luwak selain memiliki rasa yang otentik, juga terbuat dari biji kopi yang dicerna dan dikeluarkan oleh musang atau luwak sebelum dicuci, digiling, dan dipanggang, lalu diubah menjadi bubuk kopi.

Menurut beberapa penelitian,  ketika biji kopi melewati saluran pencernaan hewan, maka mereka akan kehilangan sifat asamnya, yang membuat kopi menjadi lebih lembut, bertekstur halus, dan tidak terlalu pahit. Adapun, kopi diduga ditemukan pada abad ke-19 pada masa pemerintahan kolonial Belanda ketika petani setempat dilarang memanen kopi untuk keperluan pribadi mereka.

Nah, itulah Genhype 4 jenis kopi paling populer di Indonesia yang masuk dalam rekomendasi minuman kopi terbaik di dunia versi TasteAtlas. Kamu udah nyoba yang mana aja nih?

Baca juga9 Istilah Tahapan Produksi dan Pengolahan Kopi yang Wajib Kalian Ketahui

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Review The Banshees of Inisherin, Komedi Gelap Tentang Persahabatan Manusia

BERIKUTNYA

Top 1 Drakor, Intip 5 Fakta Episode Terakhir Alchemy of Souls Musim 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: