Ilustrasi pengolahan kopi. (Sumber gambar: Unsplash/Andrew Teoh)

9 Istilah Tahapan Produksi dan Pengolahan Kopi yang Wajib Kalian Ketahui

23 August 2022   |   20:00 WIB

Kopi telah menjadi bagian dari keseharian dari masyarakat dan menjadi salah satu rutinitas yang wajib ada bagi sebagian orang. Sebagian masyarakat yang menyukai kopi mungkin mengetahui istilah dari produk kopi seperti espresso hingga latte, lainnya juga mengetahui beberapa istilah pemrosesan kopi seperti roasting dan brewing.

Namun, sebagian masyarakat justru belum familiar dengan beberapa istilah yang umum dalam pemrosesan maupun beberapa hal teknis dalam produksi kopi. Mulai dari istilah dalam pemrosesan biji kopi sampai produksi minuman kopi, yuk simak sembilan istilah yang umum bagi penikmat kopi.
 

1. Seedling

Seedling merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut proses penanaman biji kopi di tempat terpisah. Biasanya, proses ini melibatkan penanaman biji kopi dalam kantong tanaman dengan medium tanam campuran tanah dan pasir. Tujuan dari proses ini adalah untuk mencegah risiko hama dan potensi kerusakan tanaman kopi.

Proses ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan dengan tanaman kopi yang dirawat hingga menjadi pohon setinggi satu meter. Setelahnya, proses seedling akan berpindah ke growing yang dimulai dari pemindahan tanaman ke lahan perkebunan.

Baca juga: Belajar di Sekolah Kopi, Penjualan Petani Kopi Meningkat Signifikan
 

2. Growing

Proses growing atau pertumbuhan dilakukan dengan tujuan mengembangkan tanaman hingga siap petik. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu 4-5 tahun dengan tinggi tanaman hingga 1,5-2 meter. Dalam proses ini juga, pengelolaan tanaman berupa trimming atau pemotongan dilakukan agar buah kopi bisa lebih mudah dipetik saat matang.
 

3. Harvesting

Harvesting atau pemetikan merupakan proses saat tanaman kopi sudah berbuah dan matang dengan menghasilkan coffee cherry, yaitu buah kopi berwarna merah. Proses ini biasanya melibatkan dua metode berdasarkan orang yang memetik dari tunas kopi: hand-picked atau petikan tangan dan petikan dengan mesin.

Perbedaan metode ini berdampak pada hasil yang akan hadir, yaitu hand-picked hanya melibatkan buah kopi yang matang berwarna merah sedangkan pemetikan dengan mesin sering melibatkan buah kopi matang yang berwarna merah serta buah kopi yang masih muda dengan warna hijau.
 

4. Processing

Processing dalam konteks pengolahan kopi merujuk pada pemisahan antara biji kopi dari buahnya, di mana proses ini dilakukan dengan beberapa tahapan dan beberapa kategori proses. Ada proses natural yang melibatkan pencucian, pengeringan alami di bawah sinar matahari, dan pengupasan kulit atau depulping.

Proses lain dari tahapan ini juga termasuk pada proses washed dan semi-washed. Washed sendiri merupakan proses pengolahan biji yang melibatkan pencucian yang menghilangkan getah dan kulit luar melalui gesekan, fermentasi, dan air secara total. Semi-washed biasanya dilakukan dengan proses pencucian yang masih meninggalkan getah dan pengeringan dengan kadar air yang menurun selama beberapa kali.

Proses ini biasanya akan mulai mempengaruhi pada rasa dan aroma kopi yang tercipta saat sudah menjadi espresso atau minuman kopi tanpa bahan campuran atau tambahan. Alasannya adalah karena tahapan ini juga melibatkan penyortiran biji kopi dari para petani dalam beberapa grade (Grade 1-4).
1
2


SEBELUMNYA

Dari AADC Hingga Sayap-Sayap Patah, Akting Nicholas Saputra Tetap Keren

BERIKUTNYA

Sama-sama Mengandung Kopi, Ini Bedanya Latte dan Cappuccino

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: