Asian Film Awards akan berlangsung pada 12 Maret 2023 di Hong Kong. (Sumber gambar: AFA)

Intip Daftar Nominasi Asian Film Awards, Ada Dua Film karya Sineas Indonesia

06 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan bergengsi untuk insan perfilman di kawasan Asia yakni Asian Film Awards resmi mengumumkan daftar nominasi terbaik. Acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Festival Film Internasional Hong Kong itu mengumumkan kabar tersebut melalui media sosial Twitternya pada Jumat, (6/1/23).

Pihak penyelenggara menyebut sebanyak 30 film dari 22 wilayah dan negara telah terpilih untuk 81 nominasi dalam memperebutkan 16 penghargaan di ajang Asian Film Awards ke-16. Adapun, sutradara asal China Zhang Yimou didapuk sebagai ketua juri penghargaan tersebut.

Baca jugaKaleidoskop Perfilman Indonesia 2022, Ini Film yang Memperoleh Penghargaan di Ajang Nasional & Internasional

"[Sebanyak] 30 film dari 22 wilayah dan negara telah terpilih untuk bersaing memperebutkan 16 penghargaan di Asian Film Awards ke-16," cuit akun Asian Film Awards Academy.
 
 


Dikutip dari Variety, film roman noir asal Korea  berjudul Decision to Leave (2022) karya sutradara Park Chan-wook berhasil mengumpulkan nominasi terbanyak dalam ajang Asian Film Awards yang akan digelar Maret mendatang. Film berdurasi 2 jam 18 menit itu mendapat total 10 nominasi, dua di antaranya termasuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik.

Dalam kategori film terbaik, film Decision to Leave akan bersaing dengan empat film lainnya yaitu Drive My Car (2021) karya sutradara asal Jepang Ryusuke Hamaguchi. Kemudian  Poet (2021) dari Kazakhstan, Ponniyin Selvan: Part I (2022) karya sineas India, dan When the Waves Are Gone (2022) dari Filipina.

Sementara itu, film Drive My Car karya sutradara Ryusuke Hamaguchi juga menempati urutan kedua dengan menerima total sebanyak delapan nominasi, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik. Dan film Ponniyin Selvan: Part I  berhasil mendapat satu nominasi sebagai film terbaik.

Masyarakat Indonesia juga perlu berbangga hati, pasalnya film karya Makbul Mubarak yang berjudul Autobiography (2022) juga meraih nominasi sutradara baru terbaik dan screenplay terbaik. Sebelumnya film itu pun berhasil memboyong penghargaan FIPRESCI Prize di ajang Venice Film Festival 2022.
 
Tak hanya karya Makbul, film Before, Now & Then (Nana) dari Kamila Andini pun turut meraih nominasi di Asian Film Awards dengan total lima nominasi. Meliputi sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, dan desain kostum terbaik. Adapun dua lainnya adalah untuk kategori aktris terbaik untuk aktris Happy Salma, dan aktris pendukung terbaik untuk Laura Basuki.

Setelah digelar di Busan, Korea Selatan, Asian Film Awards pada 2023 kali ini akan kembali diselenggarakan di Hong Kong. Adapun, malam penghargaan acara bergengsi itu akan berlangsung pada 12 Maret 2023, bertempat di Auditorium Klub Joki Hong Kong di Museum Istana Hong Kong.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jadwal & Lokasi Turnamen PUBG Mobile Global Championship (PMGC), Ada 16 Tim Siap Bertarung

BERIKUTNYA

Daftar Pameran Seni Rupa Januari 2023, KamiSketsa hingga Road to Jakarta Biennale

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: