Ilustrasi klaim asuransi kesehatan. (Sumber gambar :Freepik)

Penting Diperhatikan! Ini Faktor Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

03 January 2023   |   22:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musibah tengah menimpa keluarga figur publik Indra Bekti. Pasalnya, presenter acara gelar wicara Ceriwis itu harus menjalari rawat inap intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta yang disebut-sebut menelan biaya opersional yang besar. 

Kondisi itu membuat istrinya, Aldila Jelita, memutuskan untuk membuka penggalangan dana. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari warganet di jagat maya, salah satunya tentang asuransi kesehatan yang dimiliki oleh presenter kondang tersebut. Beredar kabar juga bahwa asuransi Indra Bekti ditolak. 

Adapun, adik iparnya, Komo Ricky mengatakan bahwa asuransi kesehatan yang dimiliki Indra Bekti hanya bisa menutupi 10 persen layanan yang diterima. Hal ini dikarenakan presenter tersebut baru mendaftarkan asuransinya dalam kurun waktu 6 sampai 7 bulan yang lalu. 

"Dan penyakitnya ini sakit yang kritis, ada masa tunggunya satu tahun baru akan dicover sama asuransi. Dan dia baru gabung beberapa bulan sama asuransi," tulis Komo di laman media sosialnya, Selasa (3/1/2023).

Bicara soal asuransi, Chief Marketing Officer (CMO) Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama, mengatakan bahwa selain faktor dokumen, ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan atau penyebab klaim asuransi ditolak. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut. 

Baca jugaBisa Tanggung Biaya Perawatan Indra Bekti, Begini Cara Menggunakan BPJS Kesehatan
 

1. Informasi & Data Tidak Sesuai

Pada saat mengisi data pengajuan asuransi penting untuk mencantumkan semua informasi dan data kesehatan dengan lengkap dan benar. Ketidaksesuaian atau adanya informasi yang tidak tercantum, dapat berakibat faktal yang menyebabkan klaim tidak dapat dibayarkan. 
 

2. Penyakit Tidak Sesuai Klaim

Vivin menyarankan pada saat menerima polis, pastikan kalian membaca dengan baik informasi yang tercantum, termasuk informasi terkait penyakit-penyakit yang mungkin dikecualikan (bila ada). Ya, perusahaan asuransi biasanya memiliki daftar penyakit yang dikecualikan atau tidak bisa ditanggung pembiayaannya.

"Ketika kita sudah mengidap penyakit tertentu, tergantung dari tingkatnya, pengajuan polis asuransi bisa saja ditolak atau diterima dengan pengecualian dan premi yang lebih tinggi," katanya kepada Hypeabis.id, Selasa (3/1/2022).


3. Persyaratan Tidak Lengkap

Penyebab klaim asuransi ditolak berikutnya karena belum memenuhi persyaratan. Meski sudah merasa telah mempersiapkan persyaratan dengan baik, boleh jadi ada beberapa hal yang bisa membuat klaim ditolak. Misalnya, dokumen tertinggal atau tidak lengkap sehingga membuat pihak asuransi tidak dapat memproses pengajuan klaim.
 

4. Pembayaran Premi Tersendat atau Polis Gugur

Agar proses klaim pastikan pembayaran premi lancar, polis tetap aktif sehingga pertanggungan tetap berlaku.Vivin mengatakan dalam membuat asuransi, nasabah harus cermat membaca dan mengisi dokumen saat pengajuan. Sementara itu, dia menilai penting masyarakat memiliki asuransi. Menurutnya waktu ideal untuk memiliki asuransi yakni saat muda dan masih sehat. Mungkin saat muda, risiko masih cenderung rendah. 

Hal ini akan memudahkan individu untuk memiliki polis dengan premi yang relatif lebih murah. Namun, ketika sudah berusia lebih lanjut, maka tingkat risiko akan lebih tinggi dan premi juga akan menyesuaikan atau lebih tinggi. Ketika sakit, asuransi pun bisa menolong keuangan keluarga karena biaya rumah sakit biasanya sangat mahal.

Lantas, apakah perlu untuk menyiapkan proteksi kesehatan hingga miliaran Rupiah?  Vivin mengagakan tidak ada nilai acuan yang pasti seberapa besar proteksi yang dibutuhkan. Bisa saja, satu penyakit memakan biaya yang lebih besar dalam waktu yang singkat. 

Besarnya biaya kesehatan yang diperlukan, tergantung dari jenis dan tingkat keseriusan penyakit, serta rangkaian pengobatan dan perawatan yang diperlukan untuk penyakit yang diderita. Biaya kesehatan menurutnya juga terus meningkat karena adanya pengembangan teknologi-teknologi baru dalam bidang medis. 

Baca juga6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Musisi Rock Billy Idol Raih Penghargaan Hollywood Walk of Fame

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Tayangan Film & Serial Viu Januari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: