Yesung Super Junior. (Sumber gambar: SM Entertainment)

Yesung Super Junior Siap Comeback Solo pada Januari 2023

03 January 2023   |   17:30 WIB

Setelah lebih dari satu setengah tahun, Yesung Super Junior akhirnya akan kembali (comeback) dengan karya solo barunya pada bulan ini. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh SJ Label sebagai agensi yang menaungi dirinya dan seluruh anggota Super Junior pada Senin (2/1/2023).

"Yesung kini tengah menyiapkan sebuah album studio dengan target perilisan pada akhir bulan ini," ujar perwakilan agensi sebagaimana dilansir dari MyDaily.

Album studio ini akan menjadi comeback pertamanya setelah perilisan album mini Beautiful Night yang terdiri dari tujuh lagu, termasuk lagu utama berjudul sama dan lagu Phantom Pain yang merupakan salah satu lagu b-side. Beraliran city pop, album ini rilis pada 3 Mei 2021 dan menjadi album berbahasa Korea terbaru dari idol kelahiran 1984 tersebut.

Baca jugaNCT 127 Comeback Januari 2023 dengan Album Repackage Ay-Yo

 

Sementara itu, album studio terakhirnya adalah Story yang rilis sebagai album berbahasa Jepang pada 2019. Karya ini memiliki 11 lagu, termasuk Splash dan Ame Nochi Hare No Sora No Iro yang lebih dulu dirilis sebagai single terpisah. Tidak hanya lagu, album ini memiliki versi DVD yang dilengkapi dengan beberapa video klip serta video behind the scene.

Yesung memulai debutnya sebagai penyanyi bersama Super Junior pada 2005. Namun, karier solonya dimulai dari proyek lagu-lagu soundtrack orisinal untuk proyek drama Tazza (2008), Cinderella's Sister (2010), President (2010), Paradise Ranch (2011), Warrior Baek Dong Soo (2011), That Winter, The Wind Blows (2013), Hwajung (2015), hingga Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019).

Dia kemudian memulai karier solo sebagai penyanyi pada 2016 melalui album mini Here I Am yang beraliran R&B dan ballad. Album hadir dengan tujuh lagu, termasuk lagu utama berjudul sama. Setahun setelahnya, dia merilis album mini Spring Falling dengan dua single yaitu Paper Umbrella dan Hibernation. Album ini memiliki tujuh lagu dan merupakan proyek individu yang lepas dari SM Station.
 

Beberapa waktu setelahnya, dia aktif merilis single Whatcha Doin' bersama Chungha pada 2018. Lalu ada juga single Carpet bersama Bumkey pada Januari 2019 dan dilanjutkan dengan album Story yang merupakan album berbahasa Jepang pertamanya. Beberapa lagu ini dipublikasi ke dalam proyek musik SM Station, termasuk lagu Still Standing bersama Suran pada 2020.

Pada pertengahan tahun 2019, dia merilis album Pink Magic yang menghadirkan enam lagu. Daftar trek ini meliputi lagu utama berjudul sama, di mana album ini menunjukkan sisi yang berbeda dari Yesung dengan warna musik yang lebih ceria dan konsep yang lebih menarik. Album ini menunjukkan warna musik baru Yesung yang selama kariernya banyak dikenal dengan aliran ballad.
 

Terbaru, Yesung merilis single After Love bersama Solar MAMAMOO untuk proyek musik Casting in the Corner pada Oktober 2022. Proyek ini berisikan beberapa lagu remix dari lagu-lagu terdahulu, di mana After Love akan mengaransemen ulang lagu aslinya yang rilis pada 2006.

Sementara itu, dia juga berpartisipasi dalam promosi album Super Junior terbaru bertajuk 11th full album Vol.2 The Road: Celebration serta ikut terlibat dalam rangkaian tur yang akan datang pada tahun ini.

Baca jugaGOT the beat Siap Comeback dengan Abum Baru Stamp On It

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bisa Tanggung Biaya Perawatan Indra Bekti, Begini Cara Menggunakan BPJS Kesehatan

BERIKUTNYA

3 Hal yang Wajib Diketahui dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: