Ilustrasi pasangan suami istri. (Sumber gambar : Freepik/Tirachardz)

5 Kiat Memperbaiki Hubungan Pernikahan yang Terancam Kandas

03 January 2023   |   14:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hubungan suami istri yang terjalin cukup lama tidak lepas dari ragam persoalan. Selain pertengkaran, rasa bosan bisa saja muncul hingga akhirnya bersikap tidak lagi saling peduli. Jika tidak segera diatasi, hal tersebut bisa berujung kepada perceraian.

Bagi seorang perempuan, sungguh menyakitkan ketika diacuhkan. Pertanyaan apakah cinta itu masih ada pasti timbul. Tidak sedikit para istri merasa berjuang sendiri mempertahankan pernikahan di tengah konflik batin rasa benci hingga marah. 

Founder The Marriage Foundation Paul Friedman dalam kondisi ini, para istri jangan berputus asa menunggu tibanya perceraian. Semua bisa diperbaiki dengan melakukan beberapa tindakan dan perubahan.

Baca jugaWarning! Ada 5 Rambu Merah Saat Frustrasi dalam Pernikahan

Nah, berikut ini, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempertahankan dan mengembalikan pernikahan menjadi harmonis kembali.


1. Katakan Aku Mencintaimu

Menurut Friedman, mulailah dari langkah sederhana. Katakan kamu mencintainya setiap hari. Dia menilai ini adalah pengingat yang mudah namun penting yang terkadang diabaikan. 


2. Beri Pujian dan Bersyukur

Banyak istri yang kurang memberi apresiasi atas kerja keras suami. Oleh karena itu, Friedman mengingatkan untuk memberi pujian atas pekerjaan pasangan sekalipun dia melakukan hal kecil.

Sikap tersebut membuat suami merasa diperhatikan sebagai individu yang dipahami oleh pasangannya, kemungkinan besar ada upaya membalas pujian tersebut. Selain pujian, penting untuk bersyukur untuk menghargai usahanya.  


3. Jangan Lupakan Pelukan dan Perbanyak Senyum

Friedman yang merupakan konselor pernikahan menyarankan untuk memberi sentuhan fisik berupa pelukan setiap hari. Sentuhan fisik diperlukan untuk keintiman hubungan pernikahan dan dapat mengingatkan suami betapa kamu tempat dia kembali mendapatkan kenyamanan dalam sebuah pelukan.

Sebisa mungkin untuk banyak tersenyum ketika bersama dengan pasangan. Selain ibadah, senyum tulus dapat menentramkan hati suami yang mungkin mengalami hari yang buruk di tempat kerja.


4. Timbulkan Romantisme

Bersikaplah manis seperti sekadar membuatkan secangkir kopi atau teh di pagi hari, dengan menyelipkan sebuah note yang bisa menjadi penyemangatnya untuk memulai hari. Ingat kembali hal-hal yang membuatnya bahagia di masa awal-awal pernikahan, dan lakukan ulang pada saat ini. 

Friedman menjelaskan dengan tindakan tersebut, suami akan merasa bahwa kamu masih sangat mencintai dan merawatnya dengan cara yang sama di masa awal pernikahan bahkan pacaran. 

Romantisme juga bisa ditunjukkan dengan ikut terlibat atau mendukung hobi yang dilakukannya. Sesekali, temani dia menjalani hobi tersebut, tetapi jangan terlalu sering karena terkadang pria butuh waktu untuk sendiri atau bersama teman-temannya. 


5. Me time

Waktu sendiri sangat dibutuhkan setelah berupaya mengurus dan memperbaiki pernikahan. Friedman menyebut ini untuk menghargai betapa kerasnya kamu berusaha. 

Ketika kamu memiliki waktu sendiri minimal sekali dalam sepekan, ini juga membuat mental kamu tetap sehat. Energi untuk merawat, menyembuhkan, dan menumbuhkan hubungan pernikahan pun tetap terjaga.

Baca jugaBuat Pasangan Muda, 4 Tips Ini Bantu Jaga Hubungan Kalian Tetap Mesra

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

3 Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

BERIKUTNYA

Drummer Grup Band Legendaris Earth, Wind & Fire, Fred White Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: