Pemain Indonesia berebut bola dengan pemain tim nasional Filipina(Sumber gambar ilustrasi: tangkapan layar IG PSSI/ diolah)

3 Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

03 January 2023   |   00:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim nasional Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 setelah berhasil mengalahkan tim nasional Filipina. Kemenangan ini membuat tim Garuda menempati posisi kedua Grup A, dan akan menghadapi pemuncak klasemen Grup B pada babak semifinal. 

Indonesia akan melakoni babak semifinal leg pertama pada 6 Januari 2023 dan semifinal leg kedua pada Senin, 9 Januari 2023. Sampai saat ini, lawan pasti Witan Sulaeman dan kawan-kawan masih belum dapat diketahui lantaran babak kualifikasi Grup B masih belum usai.

Pertandingan terakhir babak kualifikasi yang diisi oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos akan terselenggara pada hari ini, Selasa, 3 Januari 2023.

Baca jugaIndonesia Berhasil Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

Di Grup B, tiga tim, yakni Vietnam, Malaysia, dan Singapura masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal. Sementara itu, dua tim lainnya, yakni Myanmar dan Laos sudah dipastikan tidak dapat lolos dari babak kualifikasi grup.

Vietnam, Singapura, dan Malaysia yang masing-masing memiliki poin 7,7, dan 6 masih berpeluang menjadi juara Grup B, dan akan berjumpa dengan tim nasional Indonesia pada babak semifinal. Berikut tim yang mungkin menjadi lawan Indonesia.


Vietnam

Tim nasional Vietnam menjadi tim yang paling memungkinkan menjadi lawan Indonesia pada babak semifinal. Vietnam saat ini menempati posisi pertama Grup B dengan poin tujuh. Meskipun memiliki poin yang sama dengan Singapura, Vietnam bisa memuncaki klasemen lantaran unggul selisih gol.

Pada pertandingan terakhir babak kualifikasi Grup B, tim nasional Vietnam akan berhadapan dengan tim nasional Myanmar. Peluang Vietnam menang melawan Myanmar cukup besar dibandingkan dengan peluang seri atau kalah.

Jika menempati posisi pertama Grup B dan menjadi lawan Indonesia, Vietnam bukanlah lawan yang mudah. Sejarah mencatatkan bahwa Indonesia sudah bertemu Vietnam sebanyak 10 kali sejak edisi 1996 sampai 2020. Dari pertemuan itu, 6 kali imbang, satu kali kalah, dan menang sebanyak 3 kali.
 

Singapura

Tim lainnya yang bisa menjadi pemimpin Grup B, dan menjadi lawan Indonesia di semifinal adalah Singapura. Singapura yang saat ini memiliki poin sama dengan Vietnam, yakni tujuh, tidak menutup kemungkinan mengalahkan Malaysia pada pertandingan terakhir babak kualifikasi grup.

Jika berhasil menang, Singapura akan melaju ke babak selanjutnya dan memiliki poin 10. Singapura bisa menduduki puncak klasemen apabila Vietnam seri atau kalah. Kemudian, Singapura juga bisa memuncaki peringkat grup jika menang besar atas Malaysia jika di partai lain Vietnam juga menang.

Apabila menduduki posisi pertama Grup B dan menjadi lawan Indonesia, Singapura tidak bisa dipandang enteng bagi tim Garuda.

Pertemuan mencatatkan bahwa Indonesia dan Singapura bertemu sebanyak sebelas kali di ajang tahunan ini. Dari pertemua itu, hasil imbang sebanyak tiga kali, lima kali kalah, dan menang mencapai tiga kali.


Malaysia

Tim lainnya yang kemungkinan dihadapi oleh Indonesia adalah Malaysia meskipun peluangnya lebih kecil dibandingkan dengan melawan Vietnam atau Singapura. Malaysia yang pada saat ini mengantongi nilai enam akan memiliki nilai sembilan jika berhasil menaklukan Singapura, dan di pertandingan lainnya Vietnam kalah atau seri.

Jika skema itu terjadi, tim nasional Malaysia akan berhadapan dengan tim nasional Indonesia pada babak semifinal. Malaysia juga bukan merupakan tim yang dapat dipandang sebelah mata oleh Indonesia.

Dalam perjalanan babak kualifikasi grup B, Malaysia tercatat menang dua kali dan kalah satu kalli. Kemenangan Malaysia terjadi saat berhadapan dengan Laos dan Myanmar. Sementara itu, kekalahan Malaysia terjadi saat berhadapan dengan Vietnam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Fakta Unik J.R.R Tolkien, Bapak Fantasi Modern Pencipta karya Legendaris Lord of The Ring

BERIKUTNYA

5 Kiat Memperbaiki Hubungan Pernikahan yang Terancam Kandas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: