Pemain drum Fred White dari grup musik legendaris Earth, Wind & Fire, meninggal dunia di umur 67 tahun pada Minggu, (1/1/23) Sumber gambar (Redferns/Rob Verhorst)

Drummer Grup Band Legendaris Earth, Wind & Fire, Fred White Tutup Usia

03 January 2023   |   12:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka datang dari skena musik di Amerika Serikat. Pemain drum Fred White dari grup musik legendaris Earth, Wind & Fire, meninggal dunia di umur 67 tahun pada Minggu, (1/1/23). Kabar tersebut dilaporkan oleh saudara kandung Fred, Verdine White dalam media sosial Instagramnya.

"Keluarga dan teman kami yang tersayang. Keluarga kami bersedih hari ini karena kehilangan anggota keluarga yang luar biasa  berbakat, saudara terkasih kami Frederick Eugene 'Freddie' White," tulis Verdine di Instagram pada Senin (2/1/23).
 
 


Namun, Verdine yang juga pemain perkusi dan bass untuk band Earth, Wind & Fire tidak memberikan detail mengenai bagaimana dan dimana saudaranya meninggal. Dalam postingan tersebut dia hanya menjelaskan kiprah Fred saat bergabung bersama grup legendaris lintas genre itu.

Baca jugaTutup Usia, Intip Kisah Penyanyi Pemenang Grammy Anita Pointer

Dihimpun dari Associated Press, Earth, Wind & Fire dimulai pada 1970 di bawah kepemimpinan Maurice White, yang menciptakan band dengan menggabungkan unsur-unsur jazz, funk, R&B, soul, dance, pop dan rock, serta merayakan musik dan spiritualisme Afrika. 

Didorong oleh bagian terompet mereka, Phenix Horns, dan reputasi untuk pertunjukan live yang energik dan bombastis, popularitas grup tumbuh setelah mereka pindah ke Columbia Records, yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Clive Davis. 

Fred White sendiri sudah menjadi drummer ulung sejak lama. Dia sebelumnya bermain untuk Donny Hathaway, sebelum dia bergabung dengan Earth, Wind & Fire pada pertengahan 1970-an saat berusia 16 tahun. Di grup tersebut dia dipasangkan dengan pemain perkusi Ralph Johnson.

Duet mereka berdua pun sempat menuai popularitas, lewat bagian ritme  yang padat, ceria dan memiliki peran besar bagi pertunjukan panggung untuk lagu-lagu terbaik. Termasuk Boogie Wonderland dan September yang menjadi favorit banyak orang di dunia.  Akan tetapi, Fred hanya bertahan 13 tahun di grup band tersebut, dia memutuskan keluar pada 1983.

"Baik di rumah dan di luar, dia adalah saudara yang luar biasa yang selalu menghibur dan menyenangkan! Dan kami selalu dapat mengandalkannya untuk membuat situasi yang tampaknya buruk menjadi lebih ringan!" tulis Verdine. 

Adapun, hingga saat ini beberapa lagu hits terbesar band tersebut juga masih sangat populer  di dunia dan sering dijadikan sampel serta digunakan dalam berbagai  film populer yang tak terhitung jumlahnya. 

Tak hanya itu, band ini juga dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2000 untuk memainkan pertunjukan paruh waktu Super Bowl 2005 dan memiliki enam penghargaan  Grammy.  Lagu Got to Get You Into My Life dari band ini juga ada di daftar putar Spotify pertama Barack Obama. 

Periode band yang paling sukses dimulai dengan album That’s The Way of The World (1975) dan berlanjut hingga sisa dekade tahun tersebut. Hit lainnya juga termasuk Serpentine Fire, Shining Star, dan cover dari The Beatles Got to Get You Into My Life.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Kiat Memperbaiki Hubungan Pernikahan yang Terancam Kandas

BERIKUTNYA

Jeremy Renner Masih Jalani Perawatan Intensif Usai Operasi Akibat Kecelakaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: