Game yang batal rilis pada 2022 (Sumber gambar: Nintendo, Ubisoft, Square Enix, Warner Bros)

7 Game Paling Dinantikan yang Batal Rilis pada 2022 

31 December 2022   |   05:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun ini, kondisi pandemi Covid-19 sudah lebih terkendali di berbagai belahan dunia. Hal tersebut telah mendorong banyak industri kembali melaju, tak terkecuali industri gim video (video game). Banyak besar yang akhirnya meluncur ke pasaran sehingga bisa dinikmati pemain dan pencinta gim. 

Sebut saja misalnya gim Elden Ring dan God of War Ragnarok yang menjadi judul langganan pemenang penghargaan sepanjang tahun ini. Tak hanya dari studio raksasa, para pengembang indie juga tahun ini melahirkan judul-judul populer seperti Stray atau The Cult of the Lamb, dan masih banyak judul menarik lainnya. 

Kendati begitu, tak sedikit judul gim yang tetap mengalami penundaan rilis pada 2022. Di luar alasan pandemi Covid-19 yang menyebabkan kacaunya rantai pasok, alasan perang Ukraina-Rusia, hingga kondisi perusahaan secara umum sering ditemukan saat pengumuman penundaan jadwal rilis. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah daftar permainan gim video paling dinantikan yang seharusnya rilis pada tahun ini, tetapi dijadwalkan ulang hingga waktu mendatang. Yuk simak dalam ulasan berikut ini. 

Baca jugaCara Cek Steam Replay 2022, Rangkuman Aktivitas Games yang Dimainkan dalam Setahun
 

1. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom


Salah satu gim yang paling dinantikan sepanjang tahun ini adalah sekuel The Legend of Zelda yang telah resmi berjudul Tears of the Kingdom. Pertama kali diumumkan pada ajang E3 2019 lalu, gim ini telah dinantikan oleh para penggemar di seluruh dunia. Bagaimana tidak, judul pertamanya menjadi salah satu gim paling laris di platform Nintendo Switch hingga sekarang. 

Pada awalnya, sekuel ini dijadwalkan rilis pada 2022. Akan tetapi, Nintendo mengumumkan penundaan hingga tahun depan karena alasan pengembangan lebih lanjut untuk menyuguhkan pengalaman yang lebih istimewa. Informasi terakhir, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom direncanakan meluncur pada Mei 2023. 
 

2. Suicide Squad: Kill the Justice League


Gim aksi petualangan dari penerbit Warner Bros Interactive Entertainment berjudul Suicide Squad: Kill the Justice League juga batal rilis pada tahun ini. Gim yang diumumkan pada 2020 itu tadinya dijadwalkan menyapa penggemar pada 2022, tapi dipastikan mundur hingga setidaknya pada awal 2023. 

Seri kelima dari gim Batman: Arkham Knight ini bakal menampilkan sejumlah karakter ikonik dari DC Universe. Paling tidak ada empat karakter yang dapat dimainkan yakni Captain Boomerang, Deadshot, Harley Quinn, dan King Shark dengan mode solo maupun multipemain (multiplayer) bersama dengan orang lain. 
 

3. Avatar: Frontiers of Pandora


Waralaba Avatar tahun ini kembali bangkit. Mengambil jeda 13 tahun dari film pertamanya Avatar (2009), film sekuel dengan judul Avatar: The Way of Water (2022) akhirnya rilis pada Desember 2022. Sayangnya, judul gim video terbaru yang dikembangkan Massive Entertainment dan penerbit Ubisoft tidak bisa rilis pada tahun yang sama. 

Pertama kali diperkenalkan lebih dari 5 tahun lalu, gim Avatar: Frontiers of Pandora masih butuh waktu hingga bisa dimainkan para penggemarnya. Dari jadwal perilisan awal pada 2022, Massive mengumumkan bahwa gim tersebut mundur setidaknya hingga 2023 atau bahkan 2024 mendatang. 
 

4. Starfield 


Entri terbaru dari perusahaan gim kenamaan Bethesda adalah Starfield, sebuah permainan video aksi peran (role playing) berlatarkan dunia luar angkasa. Dengan rekam jejak perusahaan di industri, gim ini menjadi salah satu judul yang perilisannya ditunggu-tunggu sejak pertama kali diperkenalkan pada konferensi E3 2018 lalu. 

3 tahun berselang yakni pada ajang E3 2021, Bethesda bersama dengan Microsoft resmi merilis cuplikan video (trailer) gim tersebut. Sembari mengungkap jadwal rilis awal, November 2022. Sayangnya, pada pertengahan tahun ini perusahaan memberikan pengumuman penundaan jadwal rilis gimnya itu. Starfield dijadwal ulang dan bakal rilis pada 2023. 
 

5. Redfall 


Masih dari penerbit Bethesda Softworks, kali ini bersama dengan pengembang Arkane Austin, judul gim penembak orang pertama (first person shooter) mereka yang berjudul Redfall juga dipastikan mundur. Awalnya gim tersebut akan dirilis di perangkat komputer dan Xbox Series X/S pada 2022, tapi didorong hingga ke semester pertama 2023. 

Redfall pertama kali diungkap selama pameran E3 2021 Xbox dan Bethesda. Gim ini mengambil latar kota tituler fiksi Redfall, Massachusetts setelah adanya percobaan ilmiah yang gagal. Para pemain nantinya bakal bisa memiliki di antara empat karakter untuk melawan vampir serta musuh manusia di dalam gim. 
 

6. Forspoken


Penerbit gim Square Enix dan developer Luminous Productions punya satu judul gim yang banyak dinantikan kehadirannya yakni Forspoken. Gim aksi peran ini tadinya bakal menyapa penggemar pada Mei 2022, tapi undur jadi Oktober 2022, dan ditunda lagi hingga Januari 2023. 

Dalam sebuah demo gameplay yang dirilis pada pertengahan tahun ini, diperlihatkan cara bermain gim Forspoken yang sangat menarik. Sutradara gim Takeshi Aramaki menyatakan bahwa permainan ini difokuskan pada medan kecepatan dan fluiditas, dengan format permainan dunia terbuka (open world). 
 

7. Hogwarts Legacy


Satu lagi gim dari Warner Bros Interactive Entertainment dan Avalanche Software yang gagal rilis tahun ini, yakni Hogwarts Legacy. Ya gim ini berlatarkan alam semesta dunia sihir waralaba populer Harry Potter, termasuk Fantastic Beasts. Gim tersebut tadinya dijadwalkan meluncur pada 2022, tapi ditunda hingga Februari 2023. 

Hogwart Legacy merupakan permainan aksi peran di mana para pemain dapat menghadiri kelas-kelas di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Berdasarkan teaser yang telah dirilis, ada beberapa wilayah yang sudah dipastikan bisa dijelajahi para penggemar yakni Forbidden Forest, Diagon Alley, dan Hogsmeade.  

Baca juga5 Rekomendasi Game Multiplayer Horor di PC, Seramnya Bukan Main!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rekam Jejak Pele, dari Keluarga Sederhana hingga Boyong 3 Trofi Piala Dunia

BERIKUTNYA

IKON Resmi Hengkang dari YG Entertainment, Bagaimana dengan BLACKPINK?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: