Steam Replay 2022 (Sumber gambar: Twitter.com/Steam)

Cara Cek Steam Replay 2022, Rangkuman Aktivitas Games yang Dimainkan dalam Setahun

27 December 2022   |   15:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mengikuti tren yang dilakukan banyak platform di akhir tahun, salah satu platform game, Steam juga ikut menghadirkan fitur menarik yang merangkum aktivitas game yang dimainkan para gamers dalam satu tahun. Fitur ini hadir memfasilitasi pengguna Steam yang ingin melihat kilas balik game yang dimainkannya sepanjang 2022.

Peluncuran fitur akhir tahun Steam tersebut diumumkan melalui akun Twitter Steam malam dini hari tadi pada 27 Desember 2022. Dinamai Steam Replay 2022, seluruh pengguna Steam bisa mengakses fitur Steam Replay 2022 tersebut secara gratis apabila sudah melakukan login.

“Ingin melihat kilas balik yang Anda habiskan di Steam? Memperkenalkan Steam Replay, dengan game dan pencapaian teratas Anda bersama Steam tahun ini.  Bagikan rangkuman momenmu di Steam Replay, berapa banyak game yang kamu mainkan tahun ini?” ungkap Steam dikutip dari Twitter @Steam.

Melalui fitur tersebut, Steam mengajak penggunanya untuk melihat seberapa banyak game baru yang diunduh dan dimainkan sepanjang tahun ini. Steam Replay 2022 akan menampilkan banyak rangkuman kilas balik aktivitas bermain game, mulai dari total game yang dimainkan, game baru yang diunduh tahun ini, total durasi dan sesi bermain setiap game, dan lainnya.

Steam juga memberi fitur rangkuman yang cukup spesifik lainnya. Misalnya total pencapaian yang terbuka sepanjang bermain game, jumlah persentase game-game teratas yang dimainkan dalam satu tahun, durasi bermain setiap bulan, hingga day streak terpanjang dalam memainkan sebuah game.
Tidak sampai disitu saja, pengguna juga bisa melihat persentase aktivitas bermain yang dilakukan lebih dari satu device misalnya durasi bermain melalui Windows, Linux, atau Stream Deck. Untuk melihat informasi yang lebih spesifik dalam perangkat teratas, maka akan ditampilkan total game, sesi, dan persentasi waktu bermain serta lima game teratas yang dimainkan di perangkat teratas tersebut.

Jika ingin melihat rangkuman permainan setiap game dengan lebih spesifik, Steam memberi gambaran permainan dilengkapi statistik. Pada bagian atas, ditampilkan judul game dan kapan pertama kali game dimainkan. Menyusul di bagian tengah ditampilkan persentase bermain, jumlah sesi, day streak dan tabel lengkap dengan waktu permainan game dari bulan ke bulan sepanjang 2022.

Dengan kelengkapan fitur tersebut, pengguna Steam bisa melihat kapan waktu terbanyak yang digunakan untuk bermain game. Di bagian bawah tabel  juga ditampilkan total pencapaian yang berhasil dibuka selama tahun ini. Pengguna Steam tidak hanya bisa melihat rangkuman ini dalam satu game saja, tetapi seluruh game yang pernah dimainkan sepanjang tahun.

Pada bagian akhir Steam Replay 2022 juga akan menampilkan seluruh poster game yang pernah dimainkan dalam satu tahun. Untuk menikmati fitur ini, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan kamu merupakan pengguna Steam.
  2. Login ke akun Steam.
  3. Masukkan kode verifikasi dari email yang terdaftar di Steam.
  4. Buka situs https://store.steampowered.com/replay/
  5. Situs akan langsung terhubung dengan akun Steam dan menampilkan rangkuman aktivitas bermain game sepanjang tahun ini di fitur Steam Replay 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Melirik Konsep Bisnis Cloud Kitchen, Bisa Ekspansi dengan Modal Minim

BERIKUTNYA

Ini Tanggapan Pakar Marketing  Soal Bisnis Mixue yang Makin Menjamur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: