Ilustrasi Daechang (Sumber gambar: Youtube.com/Fume)

Mengenal Daechang, Makanan Korea Berbahan Usus Sapi yang Viral

27 December 2022   |   19:51 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype termasuk penggemar berat drama Korea? Yup, alur ceritanya yang unik dan menarik membuat serial asal Korea Selatan ini laris manis ditonton banyak orang. Tidak hanya ceritanya yang unik, drama Korea juga kerap kali bikin gagal fokus dengan ragam kuliner yang ada di dalamnya.

Tak jarang makanan-makanan tersebut menggugah selera ketika dikonsumsi oleh para pemerannya. Belakangan media sosial TikTok tengah heboh dengan makanan khas Korea bernama Daechang. Genhype yang suka menonton drama Korea mungkin sudah sering melihat makanan ini di adegan tertentu.

Baca juga: Selain Drakor & K-pop, Ini 4 Resep yang Bikin Kuliner Korea Ikut Mendunia

Ternyata, Daechang merupakan makanan khas Korea dengan bahan usus sapi lezat. Daechang diambil dari bagian usus besar sapi yang bentuknya menyerupai gelembung. Bagian dalam gelembung itu berisi lemak di bagian luarnya.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Korea Selatan terkenal mengonsumsi banyak bagian dari sapi. Tidak hanya dagingnya, Korea Herald melaporkan jika warga Negeri Ginseng juga menjadikan tulang dan usus sapi sebagai bahan dasar makanan.

Makanan berbahan dasar usus sapi juga pernah muncul di drama Korea berjudul Nevertheless pada 2021 lalu. Teksturnya yang kenyal dan lembut membuat siapa pun jatuh cinta dengan rasa Daechang. Daechang bisa dimasak dengan berbagai cara.

Namun salah satu metode memasak Daechang yang paling populer adalah dipanggang atau dibakar. Saat dibakar, bagian usus sapi akan mengeluarkan lemak ekstra yang membuat cita rasa Daechang semain lezat.

Rasa lemak yang meleleh tersebut akan langsung meleleh ketika mengenai mulut. Banyak yang menyebut teksturnya seperti karet sehingga lebih banyak dibutuhkan waktu untuk mengunyahnya hingga pecah. Karena itu, masyarakat Korea Selatan menyajikan Daechang dengan cara dipotong kecil-kecil.

Melansir Healthy Eating, usus sapi kaya akan akan protein, vitamin B 12, dan Zinc. Dalam takaran 4 ons usus sapi terkandung sekitar 14 gram protein dan 4 gram total lemak. Namun satu takaran saji usus sapi tersebut mengandung 108 miligram kolesterol. Untuk itu, jenis makanan ini tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi.

Cara memasak Daechang terbilang sederhana tetapi sedikit menjebak. Karena Daechang terbuat dari organ dalam hewan, usus sapi harus dicuci bersih dengan air mengalir. Kemudian Usus sapi direndam dengan bumbu dasar untuk menghilangkan bau organ dalam yang khas. Beberapa orang juga merendam usus sapi yang sudah bersih dengan susu untuk menghilangkan aroma baunya.

Kemudian Daechang dimarinasi dengan bumbu rempah lainnya seperti merica, bawang, jahe, dan sebagainya. Beberapa orang yang memiliki selera pedas bisa meningkatkan rasanya dengan menaburkan bubuk cabai atau saus khas Korea. Bagian usus sapi yang sudah dimarinasi kemudian di bakar di atas panggangan hingga matang dan mengeluarkan cairan lemak.

Baca juga: Ini 5 Restoran Khas Korea di Bilangan Senopati Jakarta yang Menarik Dikunjungi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Lokasi Panjat Tebing Terpopuler di Indonesia

BERIKUTNYA

Kiat agar Barang Tidak Tertinggal di Stasiun Saat Traveling

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: