Ilustrasi panjat tebing (Sumber gambar: Freepik)

5 Lokasi Panjat Tebing Terpopuler di Indonesia

27 December 2022   |   19:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu wisata ekstrem yang belakangan digemari di Indonesia adalah panjat tebing. Dengan bentang alam yang beragam, Indonesia punya banyak sekali spot panjat tebing yang seru sekaligus menantang adrenalin. Sayang sekali jika kita tidak mencoba salah satunya.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Florenciano Hendricus Mutter mengatakan wisata panjat tebing selalu memiliki penikmat baru setiap tahunnya. Meski pertumbuhannya tidak terlalu signifikan, wisata ini tetap tumbuh setiap tahunnya.

Baca juga: Profil Veddriq Leonardo, Atlet Indonesia Papan Atas Olahraga Panjat Tebing Tingkat Dunia

Hendricus mengatakan panjat tebing terbilang masih menjadi wisata minat khusus di Indonesia. Oleh karena itu, peminat wisata ini biasanya adalah mereka yang menyukai aktivitas yang bisa meningkatkan adrenalin.

Di sisi lain, panjat tebing juga termasuk wisata yang membutuhkan keahlian khusus. Memiliki peralatan saja tidak cukup. Perlu latihan yang lama agar pemanjat bisa menikmati saat menapaki tebing-tebing tinggi.

Namun, pertumbuhan wisatawan baru pada beberapa spot panjat tebing terus ada setiap tahunnya. Wisatawan baru ini biasanya berasal dari kalangan mahasiswa yang ingin mencoba sensasi baru. Beberapa dari mereka juga ada yang memiliki latar belakang mapala.

Selain itu, wisatawan juga bertumbuh dari kenalan ke kenalan. Misalnya, atlet atau mantan atlet yang membawa keluarga atau temannya untuk menjajal olahraga ini. Sebagian dari mereka ada yang akhirnya gandrung dan menjadikan panjat tebing sebagai wisata alternatif.

 “Tebing-tebing kayak Citatah hingga Kelapa Nunggal sekarang sudah ramai. Kalau dahulu hanya 1-2 tim, sekarang bisa lebih dari 5 tim yang memanjat ketika akhir pekan,” ungkapnya kepada Hypeabis.id.

Selain Citatah, masih ada beberapa spot panjat tebing yang ramai dikunjungi oleh pemanjat. Berikut beberapa lokasi panjat tebing yang banyak dikunjungi.
 

1. Gunung Parang

Munculnya wisata panjat tebing yang bisa dipanjat dengan teknik via ferrata juga membuat animo masyarakat cukup meningkat. Teknik via ferrata (memanjat dengan tangga besi) , seperti yang ada di Gunung Parang, terbilang lebih mudah dilakukan.

Meskipun mudah, sensasi ketinggian sebagai daya tarik wisata ini sudah bisa dirasakan. Teknik ini membuat wisata panjat tebing jadi lebih ramah untuk para pemula. Asalkan berani dengan ketinggian, mereka bisa menjajal panjat tebing melalui jenis via ferrata.

Baca juga: Menguji Nyali di Wisata Panjat Tebing Via Ferrata
 

2. Tebing Citatah

Tebing Citatah terletak di Kabupaten Bandung Barat. Di tebing Citatah ada tiga spot yang masing-masing memiliki tipe ketinggian dan tantangan berbeda. Misalnya, Tebing Citatah 48 yang biasanya lebih banyak dipanjat oleh pemula. Tingginya yang masih relatif rendah membuat tipe tebing ini ramah untuk pemula. Jika ingin mendapatkan pengalaman lebih, Genhype bisa mencoba Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125.
 

3. Tebing Gunung Api Purba

Tebing Gunung Api Purba terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jenis tebing ini cocok bagi pemanjat yang ingin tantangan lebih. Umumnya, tebing ini lebih banyak digunakan untuk pemanjat yang sudah berpengalaman. Meskipun demikian, pemula tetap bisa menjajal sensasi adrenalinnya di spot berbeda yang lebih mudah.
 

4. Tebing Uluwatu

Tebing Uluwatu terletak di Bali. Tebing ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi rock climbing sambil mendengar debur ombak di tepi pantai. Ada beberapa spot pemanjatan yang memiliki variasi jalan berbeda. Jadi, kamu bisa memilih tingkat kesulitan mana yang akan dijajal.
 

5. Cartenz

Tebing Cartenz terletak di pegunungan Jayawijaya, Papua. Bisa dibilang tebing ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Sebab, saat berhasil menapakinya, kita akan berada di puncak Cartenz. Oleh karena itu, tebing yang terbuat dari batuan andesit ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Kamu perlu mempersiapkan fisik dan mental sebelum mendaki ke tebing ini.

Baca juga: Suka Panjat Tebing? Yuk Jajal 5 Lokasi yang Menantang Ini!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perum Produksi Film Negara Sambut Kebangkitan Sinema Nasional lewat Film Horor Anak Titipan Setan

BERIKUTNYA

Mengenal Daechang, Makanan Korea Berbahan Usus Sapi yang Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: