Makanan Korea Selatan banyak diminati dan memunculkan peluang usaha waralaba virtual (Sumber gambar: Unsplash/Jacob Kapusnak)

Intip Yuk 3 Peluang Bisnis Virtual Waralaba ala Korea, Modal dari Rp1 Jutaan

13 September 2022   |   18:30 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Banyak peluang bisnis waralaba atau kemitraan yang bisa Genhype ikuti. Salah satunya adalah apa yang dikenal sebagai virtual waralaba (virtual franchise). Sebuah konsep franchise yang memungkinkan mitra mengembangkan bisnis tanpa harus keluar rumah atau membuat outlet. 

Jadi, berbeda dengan kebanyakan konserp kemitraan konvensional, virtual waralaba hanya menggunakan dapur yang dimiliki oleh mitra sendiri, tanpa harus menggaji karyawan atau mengeluarkan biaya operasional tertentu. 

Model ini memang agak mirip dengan konsep ghost kitchen atau cloud kitchen. Akan tetapi, bedanya adalah semua bahan baku di-support oleh pemberi waralaba sehingga kualitas dan cita rasanya tetap terjamin. 

Baca juga: Bisnis Waralaba Kian Ramai, Pilih yang Mana Ya? 

Menariknya, dalam bisnis virtual waralaba ini kalian bebas berkreasi menggunakan brand sendiri, dan juga menentukan menu serta harga sendiri dengan target utamanya adalah pemesanan via daring. Sedangkan media promosi akan didukung dengan digital marketing ads.

Nah, untuk memulai bisnis ini kalian enggak perlu mengeluarkan modal besar. Cukup hanya dengan investasi awal sekitar Rp1 juta, kalian sudah bisa menjalankan bisnis virtual waralaba dan menjadi mitra dalam waktu 3 tahun ke depan.

Baca juga: Cocok Buat Pemula, Simak Tip Bikin Bisnis Franchise jadi Cuan 
 

Keuntungan Virtual Franchise 

Lewat konsep yang berbeda dengan waralaba atau franchise konvensional pada umumnya. Lantas apa saja keuntungan yang didapatkan jika bergabung dengan virtual waralaba? 
 
  1. Modal yang dibutuhkan sangat minim hanya Rp1 juta sebagai biaya pendaftaran untuk kemitraan selama 3 tahun. Sudah termasuk hak menggunakan brand dan supply bahan baku
  2. Tidak membutuhkan tempat usaha karena bisa dimulai dari rumah dengan menggunakan peralatan yang ada di rumah dan di dapur
  3. Mendapatkan support dari pewaralaba mulai dari marketing, promo, mendaftarar di food delivery, hingga konsultasi bisnis
  4. Jika tidak ingin menggunakan brand yang sudah ada, mitra bebas berkreasi menggunakan merek sendiri, mengembangkan dan menggabungkan produk serta menyesuaikan harga jual sendiri sehingga bisa menambah nilai lebih dalam identitas usaha masing-masing.


Daftar Virtual Franchise 

Ada beberapa jenis paket usaha yang ditawarkan dalam Virtual Waralaba ini. Hypeabis.id kali ini akan membahas virtual waralaba khususnya di bidang makanan dan minuman khas Korea. Hanya dengan modal Rp1 juta sudah bisa memulai usaha, tanpa biaya franchise maupun biaya royalti. Berikut ini beberapa yang bisa kalian coba: 
 

1. SamWon House

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @samwonhouse.id


Samwon House merupakan bisnis makanan dan jajanan Korea dengan konsep Korean BBQ, Shabu-shabu, dan Alacarte dengan bumbu import langsung dari negeri asalnya. Jika berminat untuk memulai bisnis Samwon House, perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Akan tetapi besaran dana ini dapat ditekan apabila sudah memiliki peralatan masak yang dibutuhkan, sehingga tak perlu membeli lagi. Untuk membeli bahan bakunya, kisaran dana yang harus disiapkan berkisar antara Rp200-800 ribu. Sedangkan untuk membeli booth memang dananya cukup besar mulai Rp 1-2,5 juta, tapi jika kalian berjualan di rumah, maka hal itu tidak diperlukan. 

Untuk menu-menu yang ditawarkan pada Samwon House seperti Topokki, Bibimbap, Pajeon/Okonomiyaki, Hot Plate, dan Soup.

Perkiraan HPP dan keuntungan

Topokki
HPP mulai Rp12-15 ribu
Untung Rp8-13 ribu.

Bibimbap
HPP mulai Rp12-15 ribu
untung Rp8-13 ribu.

Okonomiyaki
HPP Rp12-15 ribu
Untung Rp8-13 ribu.

Hot Plate
HPP Rp15-20 ribu
Untung Rp10-15 ribu.

Soup
HPP Rp20-30 ribu 
keuntungan Rp10-20 ribu

Potensi omzet perhari : Rp2,3 juta
 

2. K-Drink

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KDrink (@kdrink.indo)


K-Drink atau Korean Drink merupakan minuman yang menggabungkan keunikan cita rasa minuman Korea dengan sentuhan bubble atau boba. K-Drink sendiri menggunakan bahan dasar teh Korea yang diracik secara khas.

Beberapa jenis minumanya seperti milk tea, fruit tea, dan fresh tea dengan campuran bahan green tea. Kemudian untuk seri black tea terdapat milk tea, coffee and chocolate, serta fresh tea. Selain itu, ada pula yang berbahan dasar milk yaitu magic fruit, brown sugar, smoothies, hingga ice blend.

Perhitungan usaha
  • Modal awal : Rp1 juta
  • Biaya bulanan : Rp100 ribu
  • HPP : 25 persen
  • Potential margin : 75 persen 
  • Penjualan per bulan : 20 cup
  • harga per cup : Rp5.000 hingga Rp10.000
  • penjualan per hari : Rp150.000
  • Pernjualan per bulan : Rp4,5 juta
 

3. Yago Ayam Geprek Korea

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yago Chicken (@yagochicken)


Yago Ayam Geprek Korea membawakan konsep usaha ayam geprek yang segar. Memadukan antara ayam geprek dengan kimchi khas Korea. Adapun, menu yang ditawarkan yaitu ayam geprek yago, ayam geprek kimchi yago, dengan menu pelengkap sate kulit, kimchi goreng, kol goreng, tahu dan tempe.

Perhitungan usaha
  • Modal awal : Rp1 juta
  • Biaya member per bulan : Rp100.000
  • HPP Produk : Rp8.000 - Rp12.000
  • Potensial margin : Rp7.000 -- Rp12.000
  • rata-rata profit: Rp8.500
  • penjualan per hari Rp170.000
  • penjualan perbulan : Rp5,1 juta
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Pernah Bersaing di Ajang Oscars, 5 Film Indonesia Ini Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Waspada! Kebiasaan Mengisap Vape Bisa Menyebabkan Kanker Paru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: