Ilustrasi laptop Lenovo ThinkPad Z Series. (Dok. Lenovo)

Gunakan Bahan Daur Ulang, Simak Spesifikasi 2 Laptop Lenovo ThinkPad Z Series

08 January 2022   |   15:03 WIB

Setelah Microsoft menghadirkan tetikus atau mouse berbahan daur ulang sampah laut, kini konsep daur ulang mulai diterapkan pada produk perangkat keras sebagaimana dilakukan oleh pengembang produk teknologi Lenovo melalui laptop ThinkPad Z Series.

Dalam pernyataan resmi perwakilan Lenovo pada Jumat (07/01/2022), konsep daur ulang ini diterapkan pada produk laptop ThinkPad Z13 dan Z16 pada bagian bodi laptop melalui penggunaan aluminium daur ulang, pengemasan dengan bahan campuran bambu dan tebu serta kulit vegan berwarna hitam. Bahan ini sendiri bisa didaur ulang bahkan dikomposkan serta memiliki durabilitas dengan standar MIL-SPEC 810H.

Tidak lepas dari situ, dua produk yang dikenalkan melalui acara Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat ini juga mengusung keberlanjutan dengan adanya Post-Consumer Content (PCC) sebesar 90 persen pada bagian adaptor daya AC.

Secara rinci, seri ThinkPad Z13 dan Z16 diperkuat dengan prosesor Next-Gen AMD Ryzen PRO Series ditambah dengan prosesor Microsoft Pluton untuk bagian keamanan pada bagian chip hingga cloud di PC Microsoft 11. 

Untuk ThinkPad Z13, prosesor yang digunakan adalah Next-Gen AMD Ryzen 6000 PRO U-Series yang bisa menghadirkan performa audio dan video yang halus sekaligus memaksimalkan responsivitas dan daya baterai untuk aplikasi obrolan video daring. Sementara itu, ThinkPad Z16 dilengkapi dengan Next-Gen AMD Ryzen 6000 PRO H-Series.

Pada segi memori dan penyimpanan, keduanya sama-sama dilengkapi dengan RAM LPDDR5 hingga 32 GB. Akan tetapi, penyimpanan keduanya berbeda secara ukuran di mana ThinkPad Z13 memiliki SSD PCle generasi 4 hingga 1 TB, sedangkan ThinkPad Z16 memiliki SSD yang sama dengan kapasitas hingga 2 TB.

Dalam segi layar dan grafik, keduanya sama-sama memiliki rasio layar 16:10 yang dioptimalkan dengan bezel ultra-narrow, kecerahan maksimal 400nits yang didukung dengan Dolby Vision, dan versi layar penuh beresolusi tinggi (Full HD). 

Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan pada ukuran layar di mana Z13 berukuran 13,3 inci dengan panel OLED beresolusi 2560x1600 dan Z16 memiliki ukuran 16 inci dengan resolusi panel OLED 3840x2400. Tidak hanya itu, rasio layar ke bodi laptop untuk Z13 sebesar 91,6 persen dan Z16 sebesar 92,3 persen.

Untuk fitur tambahan, keduanya sama-sama dilengkapi dengan sistem speaker Dolby Atmos Speaker dan Dolby Voice serta kamera Infrared FDH f2.0 ditambah dengan fitur pengenalan wajah berupa sensor IR dan resolusi 1080p. Tidak lupa keduanya juga hadir dengan sensor sidik jari di bagian kanan bawah keyboard.

Mengenai kapasitas baterai, Z13 hadir dengan kemampuan sebesar 50 watt per jam dan Z16 dengan 70 watt per jam. Keduanya sama-sama memiliki fitur pengecasan Rapid Charge yang membuat keduanya bisa mengisi lebih cepat.

Melihat ke bagian fitur pada bodi laptop seperti port USB dan keyboard, Z13 memiliki dua buah port USB-C dan audio jack sedangkan Z16 memiliki tiga buah port USB-C, audio jack, dan port untuk pemindaian SD Card. Pada bagian keyboard, Z13 hadir dengan desain edge-to-edge dan fitur backlit sementara Z16 hanya dengan fitur backlit saja.

Untuk warna bodi dan berat laptop, Z13 hadir dengan berat 1,25 kilogram bersamaan denq1qgan tiga variasi yaitu Black dengan kulit vegan yang bisa didaur ulang atau warna perunggu serta Artic Grey dan Black dengan bahan aluminium daur ulang. Berbeda dengan Z13, Z16 hanya memiliki satu warna yaitu Arctic Grey dari aluminium daur ulang dan berat sebesar 1,97 kilogram.

Tertarik untuk membelinya? Genhype bisa mendapatkanbb7

l ThinkPad Z13 dengan harga sekitar Rp22 juta dan ThinkPad Z16 dengan harga sekitar Rp30 juta. Keduanya akan mulai hadir pada Mei 2022.


Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Yeonjun Jadi Personel TXT Pertama yang Buka Akun Instagram

BERIKUTNYA

Rooney Mara Perankan Audrey Hepburn di Film Biopik Apple Studios

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: