Jaz (Sumber gambar: Sony Music)

Jaz Tutup Akhir Tahun dengan Merilis Single Move On Tutorial

23 December 2022   |   16:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah merilis album pada pertengahan tahun ini, solois Aziz Hayat atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Jaz kembali meluncurkan single terbarunya bertajuk Move On Tutorial. Seperti judulnya, lewat lagu ini, Jaz ingin mengajak para pendengarnya untuk bisa move on atas segala hal yang terjadi dan melanjutkan hidup.

"Setelah album Transisi yang banyak menghadirkan eksperimen dari segi musik, rasanya lagu ini pas banget untuk menggambarkan bahwa aku move on ke fase berikutnya. Jadi, ini memang transisi perjalanan musik Jaz," katanya dalam siaran pers yang Hypeabis.id terima, Jumat (23/11/2022).

Tak hanya merujuk pada satu penafsiran, Jaz mengatakan istilah move on sendiri sebenarnya bisa dikaitkan dalam hal apapun. Namun, diakui olehnya bahwa istilah move on dalam lagu ini bicara soal cinta dan perjalanan hidup.

“Setiap orang pasti pernah sedih dan tersakiti. Tapi, suatu saat, rasa sakit hati itu akan hilang dan digantikan oleh sesuatu yang baru. Entah itu dalam bentuk seseorang atau situasi yang baru. Untuk mengingatkan akan hal itulah, lagu Move On Tutorial lahir,” ujar penyanyi kelahiran Brunei Darussalam itu.

Baca jugaEileen Pandjaitan Berdamai dengan Diri Sendiri lewat Single To Let You Go
 

Jaz (Sumber gambar: Sony Music)

Jaz (Sumber gambar: Sony Music)

Penggarapan Lagu

Jaz menjelaskan bahwa proses pembuatan single barunya ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Dia mengaku hanya menjalani workshop satu kali dengan Kaleb J sebagai pencipta lagu Move On Tutorial, dilanjutkan dengan rekaman, lalu memasuki tahap mixing dan mastering. Total pengerjaannya memakan waktu satu bulan.

Diakui Jaz, dari beberapa lagu ciptaan Kaleb J yang ditawarkan kepadanya, lagu ini langsung membuatnya jatuh cinta. "Awalnya, aku ditanya, lagu seperti apa yang sedang aku dengarkan belakangan ini dan aku kasih beberapa judul lagu. Dari situ, mereka menangkap gaya musik seperti apa yang aku suka dan memberikan lagu ini," tuturnya.

Menurutnya, musik dan tema dalam lagu Move On Tutorial senada dengan preferensi dan ketertarikan bermusiknya. Meski begitu, lagu ini menyajikan nuansa musik yang berbeda dari karya-karyanya sebelumnya, terutama karena beat lagunya yang terdengar seksi namun menghentak.

"Serunya kerja sama dengan teman baru adalah nuansa segar yang dihadirkan. Treatment audio dan sound-nya terasa lebih modern," ungkap penyanyi berusia 29 tahun itu.
 

Meski waktu pengerjaannya tergolong cepat, bukan berarti karya ini lahir dengan mudah. Jaz mengaku sempat menghadapi kendala teknis dalam proses penggarapan lagu barunya ini. 

"Awalnya, aku pikir, rekaman single ini akan mudah. Paling hanya memakan 2-3 jam. Ternyata, karena kendala teknis, rekaman harus dilakukan berulang-ulang. Dari yang semangat, lama-lama jadi mulai terasa berat. Di situlah tantanganku, menjaga mood agar tetap bisa menyanyikan lagu ini dengan baik," ucapnya.

Namun, Jaz mengaku bisa menyelesaikan proyek musiknya itu dan merasa antusias lantaran dikelilingi oleh orang-orang baru yang bergabung dalam timnya. Baginya, poses rekaman single ini juga menjadi momen untuk belajar karena dia mendapatkan banyak hal baru dan masukan dari para musisi yang membantunya selama proses penggarapan lagu.

"Di tengah obrolan kami, aku bisa belajar tentang formula penulisan lagu dan bagaimana pemilihan judul yang catchy dan unik. Ini jelas pengalaman yang berkesan," ungkap pelantun lagu Dari Mata itu.

Setelah merilis single Move On Tutorial sebagai penutup perjalanan pada tahun ini, Jaz berharap bahwa tahun mendatang akan menuju ke arah yang lebih baik lagi bagi karier bermusiknya. Dia pun mengaku ingin mewujudkan impiannya untuk bisa menggelar konser di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, pada tahun depan.

“Karena event dan festival sudah mulai bermunculan lagi, aku berharap, di tahun 2023 nanti, apresiasi terhadap musik akan bisa lebih besar lagi. Menuju ke arah yang lebih baik, sesuai dengan single aku sekarang, move on," imbuhnya.

Baca jugaKaleb J & Sezairi Rilis Single Hit It's Only Me & It's You Versi Duet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Makaroni Schotel yang Gurih dan Creamy untuk Sajian Natal

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2022: Bisnis yang Viral Sepanjang Tahun, Mie Gacoan hingga Karen's Diner

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: