Ada banyak usaha yang viral sepanjang 2022 (Sumber gambar: Unsplash)

Kaleidoskop 2022: Bisnis yang Viral Sepanjang Tahun, Mie Gacoan hingga Karen's Diner

23 December 2022   |   17:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Media sosial merupakan alat yang sangat ampuh dalam membuat sebuah usaha atau produk menjadi terkenal. Kondisi ini membuat banyak pihak menggunakan alat tersebut untuk memasarkan produknya dengan harapan bisa dikenal luas oleh publik, atau istilah bekennya viral. 

Meskipun begitu, tidak selamanya viralitas yang terjadi merupakan kondisi baik yang sesuai dengan harapan. Tidak jarang, kepopuleran yang ada di media sosial bahkan tidak sesuai dengan harapan para pemilik usaha yang mengupayakannya. Pelaku bisnis bisa untung atau buntung berkat hal tersebut. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah sejumlah usaha atau bisnis yang viral di dalam negeri sepanjang 2022, yang membuat penjualan menjadi meningkat atau membuat pelaku usaha harus repot mengonfirmasi kondisi yang terjadi. Yuk simak dalam ulasan kaleidoskop berikut ini. 

Baca jugaIntip 5 Artis yang Sukses Berbisnis Kuliner
 

Mie Gacoan

Salah satu usaha yang viral pada 2022 adalah Mie Gacoan. Usaha yang satu ini menjadi viral di media sosial lantaran banyak orang harus mengantre bahkan berdesak-desakan untuk dapat menikmati sajian kuliner yang disediakan. Mie Gacoan adalah sebuah merek dagang dari jaringan restoran mie yang merupakan anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi.

Mie Gacoan berdiri sejak awal 2016 dan kini sudah punya lebih dari 20 cabang yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga di Kepulauan Bali. Selain harganya yang sangat terjangkau, yakni pada kisaran Rp6.500-Rp15.000, ada beragam menu yang menggugah selera yang membuat banyak orang rela antre lama dan panjang.

Mie Gacoan memiliki pilihan sajian mi seperti populer yang menawarkan cita rasa pedas khas Indonesia seperti Mie Angel, Mie Setan, dan Mie Iblis. Porsinya juga terbilang cukup besar, terdiri dari mi keriting dan daging ayam cincang. Menu lain yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Udang Rambutan dan Pangsit Goreng.
 

Mixue Ice Cream and Tea

Usaha lainnya yang viral sepanjang 2022 adalah Mixue. Kuliner berupa es krim dan teh boba menjadi begitu dicari oleh banyak orang dan populer setelah banyak diulas oleh para influencer. Dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp8.000, banyak orang sudah bisa mencicipi merek asal China ini. 

Bagi para pencinta es krim, kalian bisa menikmati minuman ini dengan berbagai toping seperti boba, cokelat, stroberi, mangga, dan sebagainya. Sementara bagi pencinta minuman berbahan dasar teh, Mixue juga menyediakannya dengan beragam rasa buah-buahan.
 

Gendhis Dawet

Usaha viral lainnya sepanjang tahun ini adalah usaha dawet dari Gendhis Dawet. Usaha dawet yang satu ini disebut sebagai dawet sehat lantaran berbeda dengan dawet pada umumnya. Es dawet ini dibuat tanpa santan dan juga rendah gula. Selain sehat, es dawet yang satu ini juga menjadi incaran banyak orang lantaran terasa lebih segar ketika masuk ke dalam mulut. 
 

Beard Papa’s

Bisnis yang satu ini adalah salah satu usaha yang viral pada 2022. Beard Papa’s yang berasal dari Jepang jadi perbincangan publik lantaran menutup sejumlah outlet-nya yang ada di Indonesia. Mereka yang menyukai cream puff dari Beard Papa’s pun menyayangkan hal tersebut.

Namun, kepada Hypeabis.id, manajemen perusahaan di dalam negeri menyatakan bakal kembali lagi ke Indonesia. Beard Papa’s bermula dari sebuah toko roti kecil yang buka di Osaka, Jepang pada 1999. Orang-orang di kota itu tidak bisa menahan aroma dari toko roti, atau wajah baik dari sang pemilik, yakni Yuji Hirota.

“Janggut putihnya yang halus begitu terkenal sehingga ia dikenal sebagai Beard Papa untuk semua pelanggan tetapnya,” demikian tertulis. Sekelompok anak akan selalu bertanya kepada Yuji tentang kapan membuat suguhan lezat jenis lain. Selanjutnya, usaha ini dikembangkan dengan ekspansif ke negara lain. 
 

Karen’s Diner

Bisnis lainnya yang populer dan viral di dalam negeri pada tahun ini adalah Karen's Diner. Belakangan nama tersebut jadi topik hangat di kalangan warganet. Berbeda dengan pelayanan tempat usaha pada umumnya yang ramah, Karen's DIner menawarkan pengalaman pelayanan yang bisa membuat kalian emosi. 

Restoran ini menawarkan pelayan yang judes. Jadi, setiap pengunjung yang datang untuk makan di tempat ini harus siap mental dan menahan emosi selama makanan dihidangkan. Sepanjang makan, pengunjung juga akan mendapatkan pelayanan yang tidak menyenangkan.

Walaupun memang demikian pelayanan yang ditawarkan, banyak pelanggan yang mengeluh terhadap pengalaman yang didapatkan ketika berkunjung ke Karen's Diner di Indonesia. Beberapa menyebut bahwa hal yang dilakukan oleh para petugasnya terlalu berlebihan. 

Baca jugaKaleidoskop 2022: Kilas Balik Drakor 2022, Alur Cerita Beragam yang Unik & Penuh Intrik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jaz Tutup Akhir Tahun dengan Merilis Single Move On Tutorial

BERIKUTNYA

Tips Merawat Mata untuk Pengguna Lensa Kontak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: