Mawar de Jongh dan Jaz (Sumber gambar: Trinity Optima Production/Sony Music Entertainment)

Duet Penuh Makna Mawar de Jongh dan Jaz dalam Single Bukan Dengan Dia

29 June 2024   |   08:06 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Mawar de Jongh dan Jaz melakukan featuring pertama mereka dalam single terbaru berjudul “Bukan Dengan Dia”. Dengan menggabungkan bakat dari dua label ternama, Trinity Optima Production untuk Mawar dan Sony Music Entertainment Indonesia untuk Jaz, lagu ini dibuat oleh Martinus Tin Tin dan Simhala Avadana atau Mhala. 

Proyek kolaborasi ini tidak hanya menjadi eksplorasi artistik, tetapi juga sebagai upaya untuk menjangkau lebih banyak penikmat musik. Dipilihnya Mawar dan Jaz sebagai penyanyi utama lagu bukan tanpa alasan. Keduanya memiliki ciri khas yang unik dalam bernyanyi. 

Kelembutan karakter dan keindahan suara mereka akan menjadi magnet utama dalam lagu baru "Bukan Dengan Dia". Sesuai dengan judul lagunya, lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang tidak ditakdirkan untuk bersama. 

“Mungkin, istilahnya ‘tidak berjodoh’. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan, baik itu dari dalam maupun luar diri kita. Jadi, lagu ini memiliki berbagai sudut pandang dan mungkin makna yang berbeda, tergantung dari yang mendengarkan,” ungkap Jaz dalam keterangan resmi. 

Baca juga: Pamungkas Rilis Single Baru "New Feeling" dari Album "Hardcore Romance"
 
Mawar de Jongh mengatakan bahwa single ini rupanya sudah tercipta cukup lama, bahkan sebelum featuring antara dua label dan penyanyi tersebut.

"Akhirnya, aku diberi tahu bahwa single ini akan dinyanyikan secara duet oleh aku dan Jaz. Rasanya senang sekali bisa berkolaborasi dengan salah satu penyanyi berbakat di negeri ini, apalagi aku sering mendengar lagu-lagu yang dia nyanyikan,” ujarnya. 
 
Sependapat dengan Mawar, Jaz juga sudah mendengar demo “Bukan Dengan Dia” sejak masih dalam situasi pandemi dan tidak menyangka bahwa dia akan membawakannya secara featuring. Saat pertama kali mendengar lagu tersebut, dia mengira proyek ini hanya akan dinyanyikan oleh satu orang. 

Akan tetapi, ternyata dia dipilih untuk membawakannya bersama dengan Mawar yang merupakan musisi dari Trinity. Dia mengungkap rasa senangnya bisa berkolaborasi di lagu ini, karena jarang dua label besar bekerja sama dalam sebuah proyek. 
 
Walaupun ini adalah kali pertama mereka bertemu dalam sebuah single, tapi masing-masing sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan musisi lain. Mawar sudah pernah berduet dengan Julian Jacob, Adikara, Dee Lestari, dan Juicy Luicy. Sementara, Jaz telah berkolaborasi dengan Lalahuta dan Kaka Azraff, seorang penyanyi terkenal asal Malaysia. 
 

Menggabungkan dua kekuatan vokal mereka berdua, dalam satu lagu memang bukan perkara sederhana. Selain jadwal yang padat, mencocokkan harmoni dalam lagu ini juga menjadi tantangan yang diakui oleh Jaz dan Mawar.
 
“Menurutku, yang cukup sulit dari single ini adalah mencari nada yang pas untuk dinyanyikan berdua karena suara kami punya jangkauan yang berbeda. Kadang, sudah pas di aku, ternyata di Mawar enggak pas atau sebaliknya. Selain itu, aku kurang pandai dalam harmonisasi sehingga harus banyak melakukan penyesuaian.” kata Jaz. 

Sama seperti Jaz, Mawar pun mengakui jangkauan vokal yang berbeda membuat dia harus mengeluarkan usaha ekstra. Meski vokal jadi tantangan mereka, tapi hal itu bisa diatasi berkat adanya pengarah vokal yang membantu proses rekaman berlangsung. 
 
Dengan kolaborasi antara dua penyanyi dari dua label berbeda, Mawar dan Jaz sama-sama mengutarakan harapannya agar lagu ini bisa mendapat sambutan positif dari semua yang mendengarkan. 

Jaz berharap akan ada kerja sama lagi pada masa mendatang. Sebab, dia mengaku sangat senang dengan proyek kolaborasi ini. Dia juga berharap lagu ini bisa dinikmati para penggemar musiknya maupun musik rekan kolaborasinya. Mawar juga punya harapan agar single ini tak cuma disuka, tapi bisa memberi sesuatu yang berharga bagi pendengar.. 

“Semoga lagu ini bisa menghibur dan menemani orang-orang yang merasakan kisah yang sama dengan lagu ini,” kata Mawar de Jongh. 

Baca juga: Grup Band Jazz asal Jakarta, Sisitipsi Merilis Single Terbaru Berjudul 'Rasa'

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip Strategi Brand Lokal Iswhite, Kylafood & Lemovita Dongkrak Bisnis lewat E-commerce

BERIKUTNYA

SEVENTEEN Resmi Jadi Duta Besar UNESCO 2024, Siapkan Donasi US$1 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: